Ada Posyandu Tak Layak di Desa Penghidupan, Ini Penjelasan Kades ?

Kampar, (Redaksiriau.com) - Pengucuran dana desa oleh pemerintah dimaksudkan agar infrastruktur dan fasilitas layanan publik di desa se...



Kampar, (Redaksiriau.com) - Pengucuran dana desa oleh pemerintah dimaksudkan agar infrastruktur dan fasilitas layanan publik di desa semakin berkualitas demi kenyamanan masyarakat.

Ironis, kondisi sebuah posyandu di Dusun III, Desa Penghidupan, Kecamatan Kampar Kiri Tengah ini, masih jauh dari kata layak.
Selain kecil, kondisi bangunan posyandu bernama posyandu 'Kasih Ibu' ini tergolong sudah tua.

Cat dindingnya terlihat lusuh dan kusam. Atapnya berkarat. Di beberapa titik dindinya terlihat ada yang rusak.

Berdasarkan penulusuran kami, posyandu ini sendiri adalah fasilitas cek kesehatan/pertumbuhan sekaligus tempat imunisasi anak Bawah Usia Lima Tahun (Balita), adalah untuk melayani dua dusun, yaitu Dusun III dan Dusun IV.

Kepala Desa Penghidupan, Suljupri menyebut, pihaknya untuk saat ini belum bisa memperbaiki posyandu tersebut, dikarenakan lahan tempat berdirinya posyandu sekarang adalah lahan yang statusnya hanya pinjam pakai dari masyarakat.

''Itu tanahnya pinjam pakai ke masyarakat. Jadi ndak bisa kita buat di situ lagi. Pinjam pakainya 10 tahun, sejak 2008, tentu sudah habis sekarang,'' ujar Suljupri, kepada wartawan, Kamis (27/2/2020).

Oleh karenanya, Suljupri mengaku sedang mencari lahan yang bisa dipergunakan untuk membangun posyandu permanen yang layak dan representatif dalam melayani ibu-ibu dan anak-anak balita dua dusun di desa itu.

Jupri menjelaskan, rencana pembangunan posyandu dimaksud sudah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes).

Dari pengakuan Suljupri, selama menjabat sebagai kepala desa sejak kurun waktu setahun yang lalu itu, ia sudah membangun satu unit posyandu permanen dan dan akan terus ia lanjutkan membangun posyandu-posyandu lainya di Desa Penghidupan yang berpedoman pada RPJMDes.

''Kita terimakasih sekali sudah diingatkan oleh kawan-kawan media,'' ucap Suljupri mengakhiri.

Desa Penghidupan, pada Tahun Anggaran 2019 lalu memiliki Aggaran Belanja Desa sebesar Rp1,7 miliar lebih. Informasi itu kami dapatkan dari papan informasi desa yang terpajang di depan Kantor Desa Penghidupan sendiri.

Pantuan di desa itu, Kepala Desa Suljupri tergolong baik dalam membina dan mengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Di desa ini ada tiga jenis usaha yang mereka kelola melalui Badan Usaha Desa yang bernama BUMDes Hayati. Pertama, ada unit usaha simpan pinjam. Kedua, ada Unit Warung Serba Ada (Waserda) yang menyediakan pupuk, pakan ikan, pakan ayam, bahan-bahan pertanian serta pestisita. Ketiga, ada usaha jasa peminjaman/sewa alat-alat pertanian dan handtracktor.

BUMDes Hayati ini menjalankan kegiatan usahanya di tiga toko berjejer di satu lokasi.

Tidak seperti BUMDes di beberapa desa yang jarang buka, BUMDes di sini, berdasarkan pantauan kami selama rentang waktu dua minggu lebih, ketiga unit usaha BUMDes ini aktif dan selalu buka pada hari dan jam kerja untuk melayani masyarakat Desa Penghidupan dan sekitarnya.
Masyarakat pun terpantau sibuk datang dan pergi silih berganti mengunjungi BUMDes ini setiap harinya.

Laporan : Sanusi

COMMENTS

Name

BENGKALIS,92,BISNIS,1,DUMAI,1,DURI,2,EKONOMI,6,HUKUM,25,INTERNASIONAL,2,KAMPAR,246,KANDIS,66,KESEHATAN,7,KOTA PEKANBARU,24,KREASIMU,7,KUANTAN SINGINGI,1,NASIONAL,38,OLAHRAGA,20,OPINI,3,PEKANBARU,15,PELALAWAN,5,PENDIDIKAN,24,POLITIK,11,RIAU,69,ROKAN HILIR,2,SIAK,9,WISATA,3,
ltr
item
REDAKSIRIAU.COM: Ada Posyandu Tak Layak di Desa Penghidupan, Ini Penjelasan Kades ?
Ada Posyandu Tak Layak di Desa Penghidupan, Ini Penjelasan Kades ?
https://1.bp.blogspot.com/-3ukwv70YZOk/XllAsq0D0bI/AAAAAAAADbQ/ZGzvb1QsysQbRcsxJUfJVeWqCa501zLbACLcBGAsYHQ/s320/IMG-20200228-WA0096.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-3ukwv70YZOk/XllAsq0D0bI/AAAAAAAADbQ/ZGzvb1QsysQbRcsxJUfJVeWqCa501zLbACLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200228-WA0096.jpg
REDAKSIRIAU.COM
http://www.redaksiriau.com/2020/02/ada-posyandu-tak-layak-di-desa.html
http://www.redaksiriau.com/
http://www.redaksiriau.com/
http://www.redaksiriau.com/2020/02/ada-posyandu-tak-layak-di-desa.html
true
8391046594614306514
UTF-8
Loaded All Posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy