-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kenapa Dinamakan Desa Rantau Kasih, Begini Sejarahnya!

Monday 6 January 2020 | Monday, January 06, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2020-01-06T16:27:20Z
Daerah Hilir Sungai Kampar yang disebut Sungai Rantau atau Antau, penyeberangan menuju desa Rantau Kasih yang masih menggunakan Rakit.

KAMPAR - Desa Rantau Kasih merupakan salah satu desa yang berada di sepanjang aliran Hilir Sungai Kampar di kecamatan Kampar Kiri Hilir kabupaten Kampar Provinsi Riau.

Muncul pertanyaan, kenapa diberikan nama Rantau Kasih?


Menurut Cerita Kepala Desa Rantau Kasih, Radison kepada awak media, Senin (6/1/20), bahwa di sepanjang aliran Sungai Kampar yang melintasi pemukiman penduduk ada istilah nama sungainya.

"Untuk hilir sungai kampar yang berada di wilayah Rantau Kasih ini nama sungainya Sungai Rantau atau zaman dahulu disebut antau," terangnya.

Dijelaskan Radison, pada zaman kerajaan dahulu, wilayah desa Rantau Kasih ini merupakan wilayah kerajaan Gunung Sahilan, dan pada zaman kerajaan tersebut, Raja Gunung Sahilan saat mehilir Sungai Kampar dengan Kapalnya kerap kali berhenti dan singgah di sungai Rantau atau Antau (sebutan zaman dahulu, Red) untuk melihat penduduk yang bermukim disekitar sungai Rantau. Disamping sering mengunjungi Sungai Rantau, Raja Gunung Sahilan juga disebut-sebut sangat mengasihi penduduk yang bermukim di sekitar Sungai Rantau.

"Karena Raja Gunung Sahilan sering berkunjung ke Sungai Rantau dan sangat mengasihi penduduk yang bermukim di sekitar Sungai Rantau ini, maka pemukiman penduduk disekitar sungai Rantau ini diberi nama Rantau Kasih, begitulah cerita sejarahnya yang saya dapatkan dari para orang tua kampung," tutupnya.

Penulis : CANGGIH
×
Berita Terbaru Update