-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tingkatkan Perberdayaan Masyarakat oleh Tim Kukerta UNRI melalui Penyuluhan UMKM Cemilan Sehat di RT02/RW02 Kelurahan Perhentian Marpoyan

Wednesday 24 August 2022 | Wednesday, August 24, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-08-24T13:26:37Z

Kegiatan yang dilakukan Tim Kukerta UNRI dalam meningkatkan Pemberdayaan Masyarakat melalui Penyuluhan UMKM yaitu “Cara membuat cemilan sehat dan bagaimana menyikapi persaingan yang ada” di Rt 02/Rw 02 Kelurahan Perhentian Marpoyan. Tujuan dari kegiatan ini tidak lain untuk memberi pemahaman lebih dalam kepada warga sekitar tentang pentingnya UMKM, bagaimana cara mengatasi kesulitan dalam memulai UMKM dan cara yang tepat menghadapi persaingan di era sekarang.

UMKM atau usaha mikro kecil dan menengah adalah usaha atau bisnis yang dijalankan baik oleh perseorangan maupun badan usaha. UMKM dapat digolongkan berdasarkan omzet pendapatan pertahun, jumlah kekayaan serta jumlah karyawan. UMKM juga memiliki peran yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi negara, karena meningkat atau menurunnya pertumbuhan ekonomi di Indonesia dipengaruhi oleh berbagai faktor yang salah satunya keterlibatan UMKM tersebut.



Rabu Sore itu Tim Kukerta UNRI ikut serta dalam pelaksanaan kegiatan rutin arisan yang diadakan oleh Rt 02. Disela kegiatan arisan, diselingi dengan kegiatan Penyuluhan UMKM berupa “Cara membuat cemilan sehat dan bagaimana menyikapi persaingan yang ada” oleh Tim Kukerta UNRI yang di pandu oleh Ihzaty Septiarni, salah satu anggota dari Tim Kukerta UNRI.




Selama proses penyuluhan berlangsung yang dibantu oleh Tim Kukerta lainnya, warga setempat juga tampak sangat antusias mengikuti kegiatan yang ada, beberapa warga mengajukan beberapa pertanyaan mengenai kegiatan yang sedang dilakukan. Penyuluhan UMKM ini berjalan lancar, dimulai dari pengenalan usaha yang bisa dilakukan, cara membuat cemilan sehat yang bisa menjadi ide bisnis bernilai jual tinggi, penjelasan bahan- bahan serta biaya yang diperlukan, juga dengan cara memasarkan produk yang akan dijual dimana telah disesuaikan dengan perkembangan zaman, yaitu dengan Digital Marketing. Ini juga termasuk dalam menyikapi para pesaing yang ada dengan bersaing sehat.

Sebagai penutup kegiatan arisan dan penyuluhan ini, Tim Kukerta UNRI telah menyiapkan cemilan sehat tersebut agar bisa dibawa pulang oleh para warga setempat. Dan dengan harapan apa yang disampaikan dapat bermanfaat dan meninggalkan kesan bahwa memulai suatu usaha tidak sulit bahkan bisa saja menjadi jalan keluar dilain waktu.

Pekanbaru, 10 Agustus 2022

 

 

Wika Aprilia









×
Berita Terbaru Update