-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

“Terciptanya Masyarakat Sehat” melalui Kegiatan Rutin Posyandu KKN UNRI di RW 02 Kelurahan Perhentian Marpoyan

Wednesday 24 August 2022 | Wednesday, August 24, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-08-24T13:24:00Z

 


Tepatnya di Posyandu Hiasan Pasu Berbelah RW 02 Kelurahan Perhentian Marpoyan bersama Tim KKN Universitas Riau, rutin diakan kegiatan posyandu setiap bulannya. Adapun jadwal yang telah ditetapkan oleh warga setempat ialah minggu ke-2 setiap bulannya diadakan Posyandu untuk Lanjut Usia (lansia) dan ditanggal 18 setiap bulannya diadakan Posyandu untuk Balita.

Posyandu merupakan bentuk upaya kesehatan yang diselenggaran dari, oleh dan untuk masyarakat yang tentunya dibantu oleh petugas kesehatan. Tujuan diadakannya posyandu di lingkungan masyarakat ini tidak lain untuk meningkatkan jangkauan layanan kesehatan daerah setempat. Selain itu juga akan meningkatkan peran masyarakat dalam penyelenggaraan upaya kesehatan dasar dan dari itu akan mulai terciptanya masyarakat yang sehat.



Dalam hal ini, Tim KKN UNRI telah bekerja sama dengan posyandu dalam beberapa waktu untuk membantu kegiatan rutin posyandu di lingkungan setempat, dan masyarakat setempat tampak antusias menyikapi hal tersebut. Rabu pagi saat itu sebelum posyandu dimulai, Tim KKN UNRI mengajak warga untuk melakukan kegiatan senam terlebih dahulu pada saat posyandu lansia.

Mekanisme dalam pelaksanaan posyandu di Posyandu Hiasan Pasu Berbelah ini dilakukan sistem 3 meja untuk posyandu lansia, yaitu : 1)Pendaftaran 2)Pencatatan dan Pengecekan Tensi 3)Kegiatan Penyuluhan dan Konseling serta diakhiri dengan pemberian makanan tambahan (PMT). Selain itu pada posyandu balita dengan sistem 5 meja yaitu 1)Pendaftaran 2)Penimbangan 3)Pencatatan KMS 4)Penyuluhan berdasarkan KMS dan 5)Pelayanan Kesehatan, bisa berupa imunisasi,pemberian vitamin dan lain-lain serta juga diakhiri dengan pemberian makanan tambahan (PMT).

Dengan adanya kerja sama antara Tim KKN UNRI dengan Posyandu Hiasan Pasu Berbelah, diharapkan para warga semakin antusias dalam pelaksanaan kegiatan rutin posyandu berikutnya.

 

Pekanbaru, 13 Juli 2022

 

 

Wika Aprilia









×
Berita Terbaru Update