-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kuliner Best Seller dari Kota Siak, Ikut Mengisi Jajaran Stand Bazar di Acara Festival Kuliner 2022

Wednesday 17 August 2022 | Wednesday, August 17, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-08-17T10:25:09Z


Perwakilan Kabupaten Siak Susilawati dan Evilia, memperkenalkan Kuliner Best Seller Siak. (Tedy Syahlan)

Pekanbaru—Perwakilan dari Kabupaten Kota Siak Sri Indrapura, Susilawati dan Evilia unjuk gigi menampilkan kuliner Best Seller khas Siak, dan mengikuti perhelatan lomba Bubur Lambuk di ajang Festival Kuliner di laman Cagar Budaya Rumah Singgah Tuan Kadi, di Jl. Perdagangan, Kelurahan Kampung Bandar, Senapelan, Pekanbaru, Riau.

"Hallo kami dari Siak, kami bawa ada produk UMKM, Dendeng Daun Ubi ( Keri-pik Dendam). Dan juga Best Seller ni, Bolu Kembojo Sarifah (Resep Melayu Asli), ada keripik Ubi Jalar. Kemudian Kue Bangkit," ulas Susilawati saat di wawancara, Citizen Mahasiswa pada Jum'at, 20.53 WIB (12/08/2022)

Acara Festival kuliner masakan Melayu diselenggarakan tiga hari, yang mulai dari tanggal 12-14 Agustus 2022. Sepanjang pergelaran tersebut, dibumbui dengan rangkaian acara-acara, mulai dari pentas musik Opera Kuantan, seni tari dari langgam Pekanbaru, dan ditutup seni pantun oleh Rahmad Pantun Pekanbaru.

Kegiatan ini dihadiri oleh, 12 Kabupaten kota Se-provinsi Riau, Kabupaten Pekanbaru, kabupaten Siak, Kabupaten Indragiri, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Pelalawan, dll. Kemudian, dihadiri juga, oleh perwakilan Gubernur Riau, Kepala dinas Parawisata Pekanbaru.

"Pergelaran Acara ini, untuk memperkenalkan kuliner dari daerah 12 kabupaten kota di provinsi Riau, dalam menyambut HUT Riau 65 Tahun dan rangka menyambut HUT RI ke 77 tahun." ujar Kadis Parawisata Prov. Riau, Roni Akhmat.

Kegiatan Festival tersebut, mengarah untuk mempromosikan masakan-masakan Melayu kepada masyarakat Riau, sekaligus untuk memajukan UMKM yang ada di Provinsi Riau. Kuliner atau makanan Melayu tersebut, dihidangkan dalam bazar, dan dicicipi oleh tamu undangan.

Dilansir pada laman Instagram @riaumagh Festival Kuliner Melayu Riau di gelar selama tiga hari tersebut, disajikan dalam berbagai acara. Dihari Jum’at tepat pukul 20.00-22.00 WIB pembukaan seremonil Acara Kuliner yang bertemakan Estotika Rasa secara resmi melalui pemukulan Kompang. Kemudian sabtunya, Open Gate mulai pukul 08.00 WIB. Loka Karya Tangan Laras pukul 09.00-10.00 WIB, dan uniknya saat Kola Karya Ketupat Kopau (pembuat ragam bentuk ketupat dari daun ketupat yang jarang dibuat oleh masyarakat melayu Riau masa kini). Gelar Wicara bersama Pekanbaru Kuliner jam 11.00-12.00 WIB. selanjutnya, 15.00 s/d 15.30 WIB Wicara bersama pengusaha muda. Sajian penutup, masak-masak bersama Ibu Gubernur.

Sesi memperkenalkan kuliner khas daerah dari 12 kabupaten kota, tepatnya pada Minggu pukul 08.10-09.00 WIB. Acara pemungkas yakni perlombaan pembuat Bubur lambok yang dikuti oleh masing-masing daerah yang mengikuti Festival kuliner 2022. Bubur lambok ini salah satu makanan khas Melayu.

Pedagang Online, Susilawati mengungkapkan perwakilan Siak akan mengikuti perlombaan Bubur Lambok.

“Pada hari minggu, kami perwakilan Siak mengikuti acara perlombaan Bubur Lambok,” ujarnya penuh antusias.

(Tedy Syahlan)








×
Berita Terbaru Update