Mahasiswa Kukerta UNRI Edukasi Parenting Mendidik Anak di Era DIgital

 

Redaksiriau.com - Di era digital saat ini, teknologi tidak bisa dijauhkan dari keseharian manusia, terutama anak-anak. Para orang tua pasti merasa khawatir akan hal ini. Terlebih lagi, anak-anak sangat mudah beradaptasi dengan teknologi terbaru yang hampir setiap harinya ada.

Keresahan tersebut mendorong Tim Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Balek Kampung Kelurahan Maharani Universitas Riau (UNRI) 2021 mengadakan sosialisasi kepada para orang tua di Kelurahan Maharani. Kegiatan bertajuk “Sosialisasi Parenting 4.0: Mendidik Anak di Era Digital” ini dilaksanakan di Kantor Kelurahan Maharani, Kecamatan Rumbai Barat, Pekanbaru. Sosialisasi dilaksanakan sekitar pukul sembilan pagi pada Minggu (15/09).

Dalam sambutannya, Arifin Kurniawan selaku Ketua Tim Kukerta Kelurahan Maharani menyampaikan, “Perkembangan teknologi memang bagus, namun jika anak ketergantungan maka akan berdampak negatif pada penyesuaian dan keterampilan sosialnya. Hal ini menjadi tantangan yang cukup berat bagi hampir semua orang tua dalam mendidik anak di era digital.”

Demikian juga yang disampaikan oleh M. Yogi Riyantama Isjoni, Dosen Pembimbing Lapangan Tim Kukerta Kelurahan Maharani dalam sambutannya. “Penggunaan gadget sangat mempengaruhi cara mereka dalam hal pendidikan, terkadang mereka lupa akan waktu. Sosialisasi ini diharapkan mampu membuka cakrawala ilmu pengetahuan kita tentang cara mendidik anak di masa digital.”

Dalam sosialisasi ini menghadirkan M. Arli Rusandi –Dosen Bimbingan Konseling FKIP UNRI- sebagai pemateri. Selain sebagai pendukung pembelajaran jarak jauh dan sumber informasi serta komunikasi, teknologi digital bermanfaat dalam membangun kreativitas, mendorong pertumbuhan usaha, dan memperbaiki pelayanan publik melalui media sosial.

Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh orang tua terkait penggunaan teknologi digital, diantaranya kesehatan mata anak, masalah tidur, dan sulit konsentrasi sehingga dapat prestasi belajar anak menurun, serta perkembangan fisik dan sosial. “Menurut penelitian, penggunaan media digital juga bisa menunda perkembangan bahasa anak, terutama untuk anak-anak usia dua tahun dan di bawahnya. Kemudian, penting bagi anak untuk menyeimbangkan antara bermain di perangkat digital dan dunia nyata untuk perkembangan otak,” ujar Arli.

Oleh sebab itu, perlu adanya pendampingan orang tua saat anak menggunakan media digital. Orang tua dapat melakukan beberapa cara dalam pendampingan anak, yaitu menambah pengetahuan terkait media digital, mengarahkan penggunaan perangkat dan media digital dengan jelas, imbangi waktu menggunakan media digital dengan interaksi di dunia nyata, dan pinjamkan anak perangkat digital sesuai keperluan.

Kemudian, pilihkan program atau aplikasi positif, dampingi dan tingkatkan interaksi dengan anak, gunakan perangkat digital secara bijaksana, dan telusuri aktivitas anak di dunia nyata. Terakhir, persiapkan anak berkunjung ke dunia maya, seperti komunikasi jarak jauh, membaca berita, serta melihat gambar dan video.

Dalam penggunaan media digital perlu diperhatikan batasan waktu berdasarkan usia anak demi tumbuh kembang anak. Selama anak masih bergantung kepada orang tua, maka orang tua wajib mengetahui, bukan membatasi untuk apa dan bagaimana perangkat dan media digital digunakan oleh anak. Perilaku berkomunikasi internal keluarga dan peran orang tua adalah faktor dominan dan penentu untuk melindungi anak dan keluarga dari penggunaan perangkat digital dan paparan media digital.

 

Penulis : Zhavira Fitri Mardhatillah

COMMENTS



Name

ADVERTORIAL,3,ARTIKEL,7,BATAM,36,BENGKALIS,224,BENGKULU,1,BISNIS,1,BOGOR,1,COVID 19,15,DUMAI,6,DUNIA ISLAM,4,DURI,2,EKONOMI,8,FOTO,3,huk,1,HUKUM,91,INDRAGIRI HILIR,7,INDRAGIRI HULU,2,INTERNASIONAL,8,JAMBI,3,KALIMANTAN BARAT,1,kam,1,KAMPAR,962,KANDIS,66,KESEHATAN,7,KKN Mahasiswa,7,KOTA PEKANBARU,51,KREASIMU,6,KUANTAN SINGINGI,9,MUARA JAMBI,36,NASIONAL,205,NTT,3,OLAHRAGA,30,OPINI,3,PEKANBARU,147,PELALAWAN,8,PENDIDIKAN,32,PERAWANG,1,POLITIK,15,RIAU,260,ROKAN HILIR,5,ROKAN HULU,3,SERDANG BEDAGAI,164,SIAK,213,SUMATERA BARAT,16,SUMATERA UTARA,13,SURABAYA,1,WISATA,3,
ltr
item
REDAKSIRIAU.COM: Mahasiswa Kukerta UNRI Edukasi Parenting Mendidik Anak di Era DIgital
Mahasiswa Kukerta UNRI Edukasi Parenting Mendidik Anak di Era DIgital
https://1.bp.blogspot.com/-8Qr-ug_cnI8/YVHAQ-JxQ1I/AAAAAAAAEy4/IGDYZ8kh5_QfSU8FiDVy2ySY6c1QLreUwCNcBGAsYHQ/s320/WhatsApp%2BImage%2B2021-09-27%2Bat%2B11.34.37.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-8Qr-ug_cnI8/YVHAQ-JxQ1I/AAAAAAAAEy4/IGDYZ8kh5_QfSU8FiDVy2ySY6c1QLreUwCNcBGAsYHQ/s72-c/WhatsApp%2BImage%2B2021-09-27%2Bat%2B11.34.37.jpeg
REDAKSIRIAU.COM
https://www.redaksiriau.com/2021/09/mahasiswa-kukerta-unri-edukasi.html
https://www.redaksiriau.com/
https://www.redaksiriau.com/
https://www.redaksiriau.com/2021/09/mahasiswa-kukerta-unri-edukasi.html
true
8391046594614306514
UTF-8
Loaded All Posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy