Viralnya Pemberitaan Proyek Diduga Tanpa Papan Informasi, di Desa Pulau Gadang, ini Tanggapan Kejati Riau.

  Kampar,(Redaksiriau.com) - Menanggapi sorotan awak media tentang masih ditemukan adanya pelaksanaan suatu proyek, di Desa Pulau Gadang Kec...


 





Kampar,(Redaksiriau.com) - Menanggapi sorotan awak media tentang masih ditemukan adanya pelaksanaan suatu proyek, di Desa Pulau Gadang Kecematan Xlll Koto Kampar Kabupaten Kampar Riau, bangunan tanpa disertai dengan memasang papan nama proyek dilokasi kegiatan ketika tengah berlangsung.

Dr.Mia Amiati SH.MH, Kejati Riau, Minggu (10/1/2021) menyampaikan kepada awak media, bahwasanya merupakan suatu bentuk pelanggaran, karena tidak sesuai dengan amanat Undang – Undang dan Peraturan lainnya. Kedua peraturan dimaksud yakni Undang – Undang (UU) nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 70 tahun 2012 tentang Perubahan Kedua atas Perpres nomor 54 tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah."Ucapnya.

Dan dijelaskan lagi oleh Mia Amiati, Hal ini kerap terjadi padahal papan nama merupakan suatu bentuk informasi, agar mudah diakses oleh masyarakat, sebagai sarana untuk memperoleh informasi berdasarkan asas keterbukaan dan transparasi, serta tanpa adanya sesuatu yang harus dirahasiakan.

Harus dilakukan edukasi terhadap para pelaksana proyek yang tidak melakukan kewajibannya memasang papan nama proyek sejak awal dilokasi ketika kegiatan yang tengah berlangsung pelaksanaan suatu proyek, karena hal ini sudah ada indikasi telah melakukan tindakan melanggar ketentuan  Undang Undang no 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi kepada publik.

Dimana perihal tersebut sudah jelas merupakan hak setiap warga negara untuk mendapat serta memperoleh informasi publik berdasarkan asas keterbukaan.

Tanpa memasang papan nama proyek terkesan sudah Mengabaikan Undang Undang, dan tidak menutup kemungkinan warga masyarakat akan beranggapan bahwa telah terjadi penyimpangan dana untuk anggaran dalam pelaksanaan proyek tersebut jelas Mia Amiati.

karena anggaran untuk melaksanakan suatu proyek pekerjaan yang dibiayai oleh uang negara baik melalui APBN maupun APBD, selalu harus dicantumkan didalam papan nama proyek tersebut, selalu ada dalam kontrak manapun. Dengan tujuan agar warga masyarakat bisa ikut mengontrol dan atau mengawasi, apakah telah terjadi penyimpangan dana untuk anggaran pelaksanaan suatu proyek yang selalu ada dalam kontrak manapun cetusnya.

Dengan adanya kegiatan yang dilaksanakan dengan dana yang dianggarkan dari APBN mau pun dari APBD maka sangat di harapkan kepada pihak yang terkait untuk bisa lebih exstra ketat dalam melakukan pengawasan terhadap pelaksana kegiatan proyek tersebut agar hasil dari kegiatan bisa bertahan lebih lama ketika dimanfaatkan masyarakat.

Pemasangan plang papan nama suatu proyek yang memuat informasi proyek tersebut, bertujuan agar pelaksanaan setiap proyek dapat berjalan dengan transparan. Dimana keterbukaan atau transparansi ini dimulai sejak tender atau lelang proyek dilakukan termasuk tender proyek yang dilakukan di badan publik. 

 Kami mengharapkan Dinas teknis, untuk memasang plang papan nama pada seluruh kegiatan proyek pembangunan diwlayah setempat. Baik itu proyek infrastruktur jalan , drainase ,ataupun proyek irigasi karena proyek bangunan tanpa papan nama lazim disebut dengan istilah proyek siluman."Pungkasnya.**(red/rls)

COMMENTS

Name

ADVERTORIAL,2,ARTIKEL,7,BATAM,36,BENGKALIS,221,BISNIS,1,BOGOR,1,COVID 19,14,DUMAI,4,DUNIA ISLAM,2,DURI,2,EKONOMI,7,FOTO,3,huk,1,HUKUM,60,INDRAGIRI HILIR,5,INTERNASIONAL,5,JAMBI,2,KALIMANTAN BARAT,1,kam,1,KAMPAR,772,KANDIS,66,KESEHATAN,7,KOTA PEKANBARU,28,KREASIMU,6,KUANTAN SINGINGI,6,MUARA JAMBI,6,NASIONAL,144,OLAHRAGA,24,OPINI,3,PEKANBARU,109,PELALAWAN,6,PENDIDIKAN,30,PERAWANG,1,POLITIK,13,RIAU,83,ROKAN HILIR,3,ROKAN HULU,2,SERDANG BEDAGAI,86,SIAK,199,SUMATERA BARAT,1,SUMATERA UTARA,4,SURABAYA,1,WISATA,3,
ltr
item
REDAKSIRIAU.COM: Viralnya Pemberitaan Proyek Diduga Tanpa Papan Informasi, di Desa Pulau Gadang, ini Tanggapan Kejati Riau.
Viralnya Pemberitaan Proyek Diduga Tanpa Papan Informasi, di Desa Pulau Gadang, ini Tanggapan Kejati Riau.
https://1.bp.blogspot.com/-tXygvG7P4i0/X_usNIIgcYI/AAAAAAAAHiA/GAgA0SwPjA4TunGc2e3viJfDTW9pjSolQCNcBGAsYHQ/s320/IMG-20210111-WA0027.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-tXygvG7P4i0/X_usNIIgcYI/AAAAAAAAHiA/GAgA0SwPjA4TunGc2e3viJfDTW9pjSolQCNcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20210111-WA0027.jpg
REDAKSIRIAU.COM
https://www.redaksiriau.com/2021/01/viralnya-pemberitaan-proyek-diduga.html
https://www.redaksiriau.com/
https://www.redaksiriau.com/
https://www.redaksiriau.com/2021/01/viralnya-pemberitaan-proyek-diduga.html
true
8391046594614306514
UTF-8
Loaded All Posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy