-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bupati Kampar Buka Kegiatan Pelayanan Terpadu "SIKOMANDAN" Di Kecamatan Tapung Hilir.

Saturday 7 November 2020 | Saturday, November 07, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2020-11-12T13:14:14Z


 


Tapung Hilir,(Redaksiriau.com) - Bupati Kampar H.Catur Sugeng Susanto, SH membuka sekaligus meresmikan sosialisasi dan edukasi pemeliharaan ternak sapi bagi para peternak di Kecamatan Tapung hilir dengan sistem Pelayanan Terpadu Sapi, Kerbau Andalan Negeri (SIKOMANDAN) dan Vaksinasi Sapi Jembrana, kegiatan tersebut dipusatkan di lokasi peternakan Sapi Kelompok tani Mekar Karya Desa Tapung Lestari Kecamatan Tapung hilir (7/11/2020).





Hadir dalam kesempatan tersebut diantaranya Kepala Dinas Perternakan, Perkebunan dan Kesehatan Hewan Kampar yang diwakili Kepala Bidang Peternakan M.Ali S Pt, Kepala Dinas PM-PTSP Kampar Hambali, Kakan Satpol PP Kampar Nurbit, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kampar Aliman Makmur, Kepala Dikpora Kampar yang diwakili Kabid Kepegawaian Admiral SP.MSi, Kepala Diskominfo Arizon, Camat Tapung Hilir Yurico Efril, Kapolsek Tapung hilir yang diwakili Kanit Patroli Aiptu EJ.Sihombing, Danramil 16/Tapung yang diwakili Babinsa Sertu Harjono, Dekan Fakultas Pertanian & Peternakan UIN Susqa Riau Edi Erwan S Pt, M.Sc Ph.D, Kepala Desa Tapung Lestari Saepi Hidayat berserta seluruh Kades se Kec.Tapung hilir, Ketum RSKP-RB yang juga Ketua FMP-TR Budi Kurniawan MS.SH, Ketua DPD LPLHI-KLHI yang diwakili oleh Sekjend DPD Nefrizal Pili, Petugas Inseminator Kecamatan Tapung Firnando Hutagaol S Pt serta Ketua Kelompok Tani Mekar Karya Sumardi dan anggota kelompok tani.


Dalam sambutan dan arahannya Bupati Kampar menyampaikan bahwa swasembada daging saat ini sangat dibutuhkan ditengah merebaknya wabah Covid 19, swasembada daging bagi suatu masyarakat sangat dibutuhkan untuk peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.


“Saya mendengar ada beberapa kelompok Tani yang mengeluhkan penyakit Sapi, oleh sebab itu saya perintahkan Dinas terkait untuk segera melakukan upaya pencegahan dan Vaksinasi bagi sapi ternak masyarakat”ungkap Bupati Kampar.



Dirinya juga mengungkapkan bahwa saat ini telah mewabah penyakit bagi sapi, oleh sebab itu Catur Sugeng memerintahkan jajarannya untuk melakukan investigasi dan melakukan vaksinasi bagi sapi milik para petani di kabupaten Kampar. Kesehatan sapi sangat dibutuhkan bagi peternak sapi untuk meningkatkan mutu daging yang dihasilkan.



Disaat itu juga Catur Sugeng mengungkapkan bahwa untuk kesejahteraan masyarakat dibutuhkan kekompakan dan kebersamaan dan selalu mendukung kebijakan Pemerintah serta selalu berkoordinasi dengan Aparatur desa atau Kecamatan.


Bupati Kampar juga memerintahkan Kepala Dinas Perternakan, perkebunan dan Kesehatan Hewan agar sering turun ke lapangan untuk terus membina dan memberikan edukasi bagi kelompok tani agar cita-cita swasembada daging di Kecamatan Tapung Hilir dapat kita wujudkan bersama.


Disisi lain Bupati Kampar juga mengharapkan masyarakat mengoptimalisasikan lahan rumah tangga untuk menunjang ketahanan pangan, dirinya memerintahkan Dinas terkait untuk memberikan sarana dan prasarana alat pertanian dan perkebunan untuk menunjang penghasilan masyarakat.


“Mengoptimalisasikan lahan untuk pertanian dan perkebunan dan juga peternakan merupakan salah satu upaya menunjang ketahanan pangan masyarakat”tutup Bupati Kampar H.Catur Sugeng Susanto dalam arahannya.


Ketua Forum Masyarakat Peduli Tapung Raya (FMP-TR) yang juga sebagai Ketua Umum Relawan Solidaritas Ketahanan Pangan Riau Bersatu ( RSKP-RB) Budi Kurniawan MS.SH dalam sambutannya mengungkapkan kelompok tani peternakan sapi cukup banyak, dan telah mampu melakukan swasembada daging sapi. Dirinya juga mengatakan masih ada persoalan yang dihadapi kelompok tani yakni bagaimana melakukan vaksinasi bagi sapi ternak.


Budi Kurniawan juga mengatakan kelompok tani peternakan sapi di Tapung Hilir sangat membutuhkan bantuan dan bimbingan bagi masyarakat peternak, apalagi Puskeswan di Kecamatan Tapung hilir sudah 5 tahun terjadi kekosongan dokter hewan, kami berharap kepada Pemda Kampar agar mengoptimalkan pelayanan kesehatan hewan dengan menempatkan drh di Puskeswan yang ada di Kecamatan Tapung hilir "Harapnya.


Dalam kegiatan Pelayan Terpadu "SIKOMANDAN" Bupati Kampar H.Catur Sugeng Susanto SH berkesempatan menyerahkan SK petugas Inseminator untuk wilayah Kecamatan Tapung hilir kepada Afriyan Heri Suseno dan sekaligus menyaksikan proses penyuntikan Vaksin kepada Sapi milik Kelompok Tani Mekar Karya.**(Red)










×
Berita Terbaru Update