-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Mahasiswa Tim Kukerta Terintegrasi Abdimas UNRI Kenalkan Program Budidaya Sistem Vertikultur pada Masyarakat

Thursday 20 August 2020 | Thursday, August 20, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2020-08-21T04:26:32Z


Riau, (Redaksiriau.com) - Di masa Pandemi covid-19 saat ini, masyarakat di sarankan untuk tidak sering beraktivitas di luar rumah jika tidak ada kepentingan. Untuk tetap produktif walaupun hanya dirumah saja, mahasiswa tim Kukerta (Kuliah Kerja Nyata) Terintegrasi Abdimas  melakukan kegiatan Program Budidaya secara Vertikultur.

Budidaya secara vertikultur merupakan teknik bertanam secara vertikal dari atas kebawah atau bertingkat. Vertikultur ini sangat cocok diterapkan di pekarangan rumah karena memiliki banyak kelebihan seperti efisien dalam penggunaan lahan dan air, mudah dalam pemeliharaan, penghematan dalam pemakaian pupuk dan biopestisida.

Tanaman yang dihasilkan juga lebih subur dan cepat di panen. Media yang digunakan juga mudah dicari dan dapat memanfaatkan barang-barang bekas yang ada disekitar rumah seperti botol bekas, styrofoam, bambu, paralon, maupun polybag.

Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 27 Juli tahun 2020 Pukul 16:00 hingga 18:00 di perkarangan rumah ketua kelompok wanita tani yakni Amnah,selaku Ketua Kelompok Tani Wanita Desa Muda Setia. Para peserta dihadiri oleh anggota Kelompok Tani Wanita Desa Muda Setia dan beberapa masyrakat. Acara dimulai dari pembukaan sekaligus kata sambutan oleh Ketua Kelompok Tani Wanita Desa Muda Setia dan dilanjutkan dengan Kata sambutan dari Koordinator Desa .

Acara selanjutnya yakni praktik langusng budidaya secara vertikultur oleh penanggung jawab kegiatan yakni Dwi Feby Aidilla. Kegiatan ini memberikan tujuan dan pemahaman kepada masyarakat tentang bagaimana memanfaatkan pekarangan lahan sempit dengan hasil yang maksimal dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang tidak terpakai.

Pelaksanaan program ini berjalan dengan baik dan lancar. Masyarakat terlihat antusias mengikuti program ini dengan tetap memperhatikan, mengajukan beberapa pertanyaan dan mendiskusikan hal-hal yang berkaitan dengan cara budidaya sistem vertikultur. Tentunya dengan adanya kegiatan program dari tim KUKERTA ini dapat membantu masyarakat dalam memanfaatkan pekarangan rumah mereka dengan baik apalagi dalam keadaan pandemi covid 19 ini agar masyarakat tetap produktif walau dirumah saja.
×
Berita Terbaru Update