-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

"BABINSA KORAMIL 16/TAPUNG KOMSOS DENGAN PENGRAJIN USAHA PANDAI BESI DIDESA TAPUNG LESTARI"

Monday 20 April 2020 | Monday, April 20, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2020-04-22T12:06:22Z

Tapung Hilir,(Redaksiriau.com) – Anggota Babinsa Koramil 16/Tapung Sertu Harjono melaksanakan anjangsana komsos ke desa binaan mengunjungi pengrajin usaha Pandai Besi Milik Eko (35) di Desa Tapung Lestari Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar. Senin (20/04/2020).


Bapak Eko sang pemilik usaha pandai besi yang ditemuinya terlihat sedang membuat egrek pesanan para pelanggan di desa setempat. Menurut Eko pekerjaan yang selama ini ditekuninya sejak kecil telah mempekerjakan 2 orang karyawan, dalam satu hari dirinya mampu membuat 20 buah parang, pisau sabit dan alat pertanian lainnya.


“Sejak kecil ia sudah sering membuat parang, jadi kebiasaan sudah terlatih. Kalau saya sendiri hanya mampu membuat 5 sabit, tapi kalau dibantu dua orang, bisa mencapai 20 parang dalam sehari,”. Terangnya.


Mengenai standar harga, Eko memberikan harga bagi pelanggan yang ingin dibuatkan parang sesuai dengan ukuran parang, jika ukuran panjangnya 30 cm, dan memiliki ketebalan besi 4 mm, harga pembuatannya diupahi sebesar Rp 50.000 di Pasar Tradisional, sehingga penghasilannya perorangan bisa mendapatkan 150.000 dalam 1 hari. Terima kasih kepada Bapak Babinsa yang selalu menyambangi tempat kerajinan atau usaha rumahan di wilayah binaannya.

Dengan adanya virus covid-19 usahanya menurun karena sekarang banyak orang tidak bekerja sehingga lebih mementingkan untuk kebutuhan bahan pokok di banding kebutuhan untuk alat pertanian,- tambahnya.

Kegiatan anjangsana yang dilakukan Babinsa merupakan tugas pokok untuk membina desa yang menjadi tanggung jawabnya dalam rangka mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat untuk mendongkrak kemajuan ekonominya dengan memberikan motivasi kepada warga.

Terlihat Babinsa sedang mencoba melakukan penempaan besi bersama Eko beserta karyawannya untuk dijadikan egrek nantinya, sesuai dengan keinginan pemesan di Pasar.

Laporan : Nefrizal Pili
×
Berita Terbaru Update