-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

PT. Berlian Mitra Inti Gelar Giat Simulasi Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan

Monday 1 April 2024 | Monday, April 01, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-04-01T13:48:58Z
Kandis - Redaksiriau.com -
Dalam Mengantisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah PT. BMI yang terletak di Kampung Jambai Makmur Kecamatan Kandis Kabupaten Siak, Riau. 

Maka pihak Perkebunan PT. Berlian Mitra Inti (BMI) melakukan Apel Siaga dan Simulasi di yang bertempat dihalaman kantor PT. Berlian Mitra Inti. Senin, 1 April 2024 dan kegiatan Apel Siaga dan Simulasi pun di mulai pada Pukul 9.30 Wib.
Menurut kepala Regu RPK dari PT. Berlian Mitra Inti yaitu Wardiono saat itu mengatakan, "Dalam Apel Siaga dan Simulasi Karhutla, Mari kita bersama sama untuk menjaga agar tidak terjadi Karhutla di tempat kita. 

Sebab itu sangat menyusahkan kita semua dan itu tidak boleh kita biarkan lagi terjadi anggaplah itu tugas kita bersama," ucapnya. 
PT. Berlian Mitra Inti saat ini telah berkomitmen dalam hal mengantisipasi Karhutla untuk selalu berusaha untuk menjaga serta mengantisipasinya.

Saat ini PT. Berlian Mitra Inti memiliki perkebunan yang terletak di Kampung Jambai Makmur yang memiliki peralatan dan perlengkapan untuk mengantisipasi Karhutla dan seperti Tim RPK yang berjumlah tiga puluh (30) orang ditambah MPA Kampung Jambai Makmur tetap siaga dan Pompa Air serta peralatan lainnya semuanya dalam keadaan baik dan siap untuk dipakai," jabar Wardiono selaku kepala regu Tim RPK PT. BMI. 
Penghulu Kampung Jambai Makmur Muhadi juga menyebutkan," Bahwasannya di wilayah PT. Berlian Mitra Inti sangatlah rawan terbakar apalagi saat ini adalah musim kemarau maka dari itu masyarakat jangan segan segan melaporkan, Apabila ada melihat dan menemukan titik Api. 

Mari kita bersama-sama memadamkan jangan ditunggu lama jangan sampai api membesar bila sudah besar kita akan sulit untuk memadamkannya," ujarnya. 
Bhabinkamtibmas Kampung Jambai Makmur Bripka Jansen Manurung juga menerangkan,"Bahwa  kegiatan Apel dan Simulasi saat ini di laksanakan agar para tim RPK dari PT. Berlian Mitra Inti lebih terlatih, Apabila ada titik Api maka tidak susah lagi untuk di Antisipasi dan Padamkan Api.

Sebab cara dan trik juga kekompakan tim sudah solid dan saling memahami, pada saat Karhutla terjadi dan semuanya benar benar sudah paham tugas masing-masing serta Solid.
Para Tim RPK dilakukan pelatihan oleh Bhabinkamtibmas dan Babinsa selain mengawasi dan mengantisipasi titik Api dilingkungan perkebunan PT. Berlian Mitra Inti juga di luar lingkungan perkebunan, semua itu tetap kita peduli dan membantu apabila ada laporan titik Api yang penting kerja sama yang baik itu harapan kita," sebutnya.

Sebelum Simulasi di laksanakan terlebih dahulu Penghulu Kampung Jambai Makmur bersama Babinkamtibmas, Babinsa dan lainnya mengecek peralatan untuk simulasi, dimulai dari pompa air., selang air., Mobil Ambulan dan peralatan lainnya.

Selanjutnya Simulasi dilakukan pertama sekali dengan adanya titik Api sementara para Tim RPK pemadam kebakaran langsung menuju area dan lokasi yang sudah ditentukan, Selanjutnya tim RPK melakukan pemadaman api bersama  Babinsa dan Bhabinkamtibmas.
Dalam beberapa menit titik api langsung berhasil di padamkan, selanjutnya dibuatkan garis polisi dan dilakukan penyelidikan dari mana asal usul datangnya titik Api.

Babinsa Kampung Jambai Makmur Serda Roni Panjaitan mengatakan," Kami sangat bangga dengan adanya Apel Siaga dan Simulasi Karhutla yang di laksanakan oleh pihak PT. Berlian Mitra Inti dan kami sangat mendukung kegiatan ini sebab kegiatan Apel Siaga dan Simulasi bertujuan untuk kepentingan kita bersama, "tuturnya.

Diminta pada pihak perkebunan PT. Berlian Mitra Inti dan juga Masyarakat, jangan sekali kali membakar hutan dan lahan, jangan sembarangan buang puntung rokok sembarangan apalagi di saat musim kemarau, itu sangat rentan dengan kebakaran, untuk itu mari kita bersama sama menjaga Karhutla,"ucap Babinsa Serda Roni Panjaitan menegaskan. (hen) 
×
Berita Terbaru Update