-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Puncak HAKIN 2023 Di Kabupaten Kampar Provinsi Riau Dihadiri Menko Polhukam

Wednesday 17 May 2023 | Wednesday, May 17, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-05-27T07:12:09Z


Siak Hulu, (Redaksiriau.com) - Penjabat (Pj) Bupati Kampar DR. H. Kamsol, MM mendampingi Plh. Gubernur Riau Edi Natar Nasution menghadiri Puncak Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HAKIN) 2023 yang dilaksanakan di Hotel Labersa Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Rabu (17/05)


HAKIN 2023 dihadiri langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Prof. Dr. H. Mohammad Mahfud Mahmodin, S.H., S.U., M.I.P. yang kedatangannya di sambut lansung oleh Pj Bupati Kampar Dr. H. Kamsol, MM bersama Plh Gubernur Riau Brigjen TNI Edy Natar Nasution. 


Kabupaten Kampar merupakan Tuan Rumah Pertama Pergelaran Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HAKIN) di luar pulau jawa, dengan tema "Meneguhkan Peran Komisi Informasi Dalam Mengawal Pemilun 2024 yang Terbuka, Inklusif dan Informatif" dan mengangkat Hashtag "Kampar Untuk Indonesia". 


Selain Menko Polhukam Puncak HAKIN 2023 juga dihadiri oleh Ketua Komisi Informasi Pusat RI Dr Ir Doony Yoesgiantoro, MM, MPA, seluruh Komisioner Komisi Infoemasi Pusat, Ketua Komisi Informasi Provinsi Se Indonesia, Bupati Se Peovinsi Riau, Ketua KPU, Bawaslu Provinsi dan Kabupaten, perusahaan BUMN dan swasta Nasional, Seluruh kepala OPD dan Instansi vertikal di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kampar, tokoh nasional, Camat dan Kepala Desa se Kabupaten Kampar serta Para Insan Pers. 


Dalam pidato Keterbukaan Informasi Menko Polhukam Prof. Dr. H. Mohammad Mahfud Mahmodin, S.H., S.U., M.I.P. menyampaikan dukungan sesuai dengan kewenangan yang saya miliki agar HAKIN dapat menjadi Hari Nasional. 


Mahfud juga menyampaikan Hari Keterbukaan Informasi ini adalah saat yang tepat untuk mengingatkan kita semua tentang pentingnya keterbukaan informasi. 


"Mari kita gunakan momentum HAKIN ini untuk membuat hal yang fositif dan di dalam ketetapan hukum kita".Kata Mahfud 


Ia juga menyampaikan di tahun politik ini keterbukaan informasi akan sangat penting untuk mengawal pemilu yang transparan, Terbuka, Inklusif dan Informatif. 


"Kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam keterbukaan informasi saya mengucapkan trima kasih yang tulus, namun perlu kita sadari masih banyak pekerjaan yang perlu kita lakukan". Tambahnya lagi 


Sementara itu Pj Bupati Kampar Dr. H. Kamsol menyampaikan  terima kasih kepada Bapak Menteri Polhukam Republik Indonesia yang disela-sela kesibukannya berkesemapatan hadir di acara ini. 


Ia juga menyampaikan Kegiatan ini dirasakan sangat perlu dan harus ditingkatkan kedepannya, hal ini dikarenakan di era reformasi ini, ditandai dengan adanya tuntutan tata kelola kepemerintahan yang baik (Good Governance) yang mensyaratkan adanya akuntabilitas, transparasi dan partisipasi masyarakat dalam setiap proses terjadinya kebijakan publik. 


"Ditambah lagi dengan modernisasi teknologi informasi dan komunikasi di era society 5.0 dan era revolusi industry 4.0, yang memberikan keleluasaan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang mereka inginkan dengan mudah, murah dan cepat".Tambah Kamsol. 


Selanjutnya Pj Bupati kampar juga mengatakan Pemerintah kabupaten Kampar juga berkomitmen untuk akan membentuk Komisi Imformasi Daerah Kabupetn Kampar  


"Selain itu juga Pelaksanaan HAKIN tahun 2023 ini juga merupakan bentuk keseriusan Pemerintah Kabupaten Kampar pelaksanaan pengawalan Pemilu 2024 yang terbuka, inklusif, dan informatif". Ujar Kamsol 


Selanjutnya Plh Gubernur Riau Brigjen TNI Edy Natar Nasution menyampaikan atas nama pemerintah provinsi riau mengucapkan terima kasih pada Komisi Informasi pusat karna memberikan kepercayaan kepada Pemerintah Kabupaten Kampar sebagai penyelenggara Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HAKIN) Tahun 2023 di Bumi Melayu Negeri Serambi Mekah Kabupaten Kampar Provinsi Riau. 


Pringatan HAKIN yang mengusung tema Meneguhkan Peran Komisi Informasi Dalam Mengawal Pemilun 2024 yang Terbuka, Inklusif dan Informatif diharapkan dapat menjadi komitmen bersama untuk mengikuti dan mengawal pemilu mulai dari proses seleksi sampai proses penghitungan suara". Tambahnya 


Ia menambahkan Peran Komisi Informasi dalam mengawal proses pemilu sangatlah penting, terlepas dari peran seluruh masyarakat indonesia dan mari kita wujudkan Pemilu 2024 yang berintergritas. 


Sementara itu Ketua Komisi Informasi Pusat RI Dr Ir Doony Yoesgiantoro, MM, MPA menyampaikan sangat mengapresiasi kedatangan dari Menko Polhukam Mahfud MD ke Kabupaten Kampar Peovinsi Riau dalam rangka penyelenggaraan HAKIN 2023. 


Ia juga menyampaikan di hadapan Menko Polhukam agar Hari Keteebukaan Informasi Nasional (HAKIN) ini dapat di tetapkan menjadi Hari Nasional dengan keputusan Presiden Republik Indonesia. 


Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan Komitmen Keterbukaan Informasi Bupati dan Walikota Se Provinsi Riau yang di bacakan oleh Pj Bupati Kampar Dr. H. Kamsol dan di saksikan langsung Menko Polhukam Mahfud MD ,Plh Gubernur Riau dan Ketua Komisi Indonesia Pusat.***

×
Berita Terbaru Update