-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Wabub Rohul Dorong Pengusaha Untuk Mengeluarkan Hak Daerah Terkait Kebutuhan Masyarakat

Sunday 16 April 2023 | Sunday, April 16, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-04-16T13:29:56Z


Rokan Hulu, (Redaksiriau.com) - Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSP) atau yang lebih umum dikenal dengan Corvorate Social Responsibility atau CSR ini merupakan kewajiban bagi pelaku usaha untuk menyalurkan kepada masyarakat desa dan kecamatan yang berdampingan. Hal ini sesuai dengan amanat Perda Nomor 2 Tahun 2015 tentang Tanggung Jawab Sosial Perusahaan.


Wakil Bupati Rohul, H Indra Gunawan yang juga sebagai Ketua TJSP di Negeri Seribu Suluk ini juga terus mendorong agar korporasi yang bergerak di bidang industri dan perkebunan kelapa sawit yang tersebar di 16 kecamatan Rohul agar lebih sadar untuk mengeluarkan apa yang menjadi hak daerah, dan terutama yang berkenaan dengan kebutuhan masyarakat.


Menurut Wabup yang akrab disapa Ujang Lurah ini, salah satu perusahaan sawit di Kabupaten Rohul, yang sadar dengan tanggung jawab sosial kepada daerah dan masyarakat adalah PT Sawit Asaha Indah (SAI). Menurut Wabup, anak grup Astra Agro Lestari (AAL) Tbk ini setiap tahun rutin menyalurkan TJSP ke masyarakat ring satu desa dan kecamatan.


“Secara pelaporan sesuai dengan apa yang dirasakan masyarakat, bahwa TJSP PT SAI berdampak positif ke sendi-sendi kehidupan masyarakat,” jelas Wabup saat acara buka bersama dengan Manajemen PT SAI, Sabtu (15/4).


Pada kegiatan Safari Ramadhan Pemkab Rohul, tim Safari Ramadhan yang dipimpin Wabup Ujang Lurah selalu membagikan paket sembako kepada kaum duafa dan anak yatim yang berasal dari TJSP PT SAI. “1.220 paket sembako yang kami bagikan untuk delapan kecamatan. Sebagian besar adalah TJSP PT SAI,” ujar Wabup.


Wabup menuturkan, TJSP yang disalurkan oleh PT SAI bukan saja dalam bentuk konsumtif. Di bidang pendidikan, TJSP tahun 2022, PT SAI menyalurkan beasiswa kepada 56 pelajar setingkat Sekolah Dasar, SMP, dan SMA yang ada di lingkungan desa ring satu.


“Semoga TJSP tahun 2023, beasiswa ini bisa juga dirasakan anak-anak masyarakat yang menempuh pendidikan di bangku kuliah. Setidaknya PT SAI ikut mendukung satu rumah ada satu orang anak yang sarjana,” pinta Wabup.


Wabup juga menyebutkan, lebih jauh TJSP PT SAI ini berdampak kepada peningkatan infrastruktur desa dan kecamatan, dunia kesehatan lewat pembinaan kader-kader Posyandu, dan pendampingan kepada petani sawit.


Lebih jauh, Wabup menegaskan bahwa saat ini dirinya terus mensosialisasikan TJSP ini kepada perusahaan-perusahaan yang ada. Targetnya, bagaimana masyarakat dan daerah bisa merasakan kemajuan dari tingginya arus investasi di Kabupaten Rohul.


“Tim TJSP yang menilai pelaporan TJSP PT SAI ini sangat bagus. Penyaluran tepat sasaran sesuai bidang seperti kesehatan, pendidikan, infrastruktur. Semoga perusahan lain semakin termotivasi menyalurkan TJSP tersebut,” ajak Wabup.


ADM PT SAI Galang Bayu Amanda Putra mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Rohul yang telah memberi fasilitas untuk perusahaan untuk menyalurkan TJSP ke masyarakat. PT SAI, kata Galang komit dalam mendukung program pemerintah daerah misalnya mendukung wajib belajar 9 tahun, stunting, dan infrastruktur yang sinergi dengan pemerintah Desa dan kecamatan ring satu PT SAI.


Laporan ; Zulkifli.

×
Berita Terbaru Update