-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Upika Kecamatan Siak Hulu Gelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan Ke Generasi Muda

Friday 10 December 2021 | Friday, December 10, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-10T16:06:03Z

 

SIAK HULU, Redaksiriau.com - Pemerintah Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar  menggelar sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Ketahanan Nasional, Sosialisasi ini menyasar ke generasi muda yang diselenggarakan di Aula Kantor Camat Siak Hulu, Jum'at (10/12/2021). 

Di hadapan peserta yang hadir Camat Siak Hulu, Rahmat Fajri, S.STP, M.Si dalam sambutannya menyampaikan pentingnya para peserta mengikuti sosialisasi ini.

Dalam usia yang tergolong masih labil, para peserta sosialisasi tentunya perlu diberi pemahaman tentang wawasan kebangsaan dan ketahanan nasional. 

"Terlebih lagi narkoba, peserta harus memahami dan menyadari bahaya narkoba," Ujar Camat Siak Hulu. 

Dari sosialisasi ini, Camat berharap seluruh peserta dapat menyelesaikan sekolah dan pendidikan dengan baik tanpa terpengaruh dampak buruk narkoba. 

Sedikit memberikan motivasi para siswa, Camat menuturkan kisah dan pengalamannya saat bersekolah dulu. 

Rahmat Fajri, menuturkan bagaimana pahit manis perjuangan ketika bersekolah dulu. Semua pengalaman itu kini menjadi motivasi hingga akhirnya dirinya menjadi orang nomor satu di Siak Hulu ini. 

Usai sambutan Camat, mengisi materi sosialisasi Wawasan Kebangsaan adalah Danramil 06 Siak Hulu, Kapten Arh. Irwanto. Menurut Danramil, masalah wawasan kebangsaan ini sebenarnya sudah dijalankan oleh seluruh peserta yang hadir. 

"Bangsa Indonesia yang besar dengan penduduk sekitar 255 juta yang terdiri dari berbagai suku agama ras dan beragam adat istiadat, patut dibanggakan, Karena bangsa Indonesia bisa bersatu di tengah keberagaman tersebut, " Ujar Danramil Kapten Arh. Irwanto. 

Sebagai pelajar yang baik, Danramil berharap para peserta yang hadir tetap mengikuti aturan, menghindari hal-hal yang dilarang pemerintah. 

"Isi kemerdekaan dengan baik, jangan sampai sia-siakan pengorbanan para pejuang terdahulu," kata Danramil. 

Lanjut Irwanto, meminta setiap pihak di Siak Hulu untuk bersinergi bersama membangun kecamatan ini, tanpa memandang perbedaan agama, suku, ras  dan sebagainya. 

Danramil Irwanto juga tak lupa memberikan motivasi dan wejangan kepada para siswa. 

"Laksanakan kewajiban sebagai seorang pelajar dengan baik. Berbakti kepada orang tua," tutur Danramil. 

Di sesi kedua yang diisi oleh Kapolsek Siak Hulu, AKP Rusyandi Zuhri, S. Sos, MH lebih menekankan pada bahaya dan ancaman narkoba terhadap generasi muda. 

Secara panjang lebar Kapolsek menjelaskan, narkoba dan psikotropika sebenarnya memiliki manfaat dalam kehidupan. Misalnya morfin yang digunakan untuk pereda rasa sakit. 

"Namun yang terjadi saat ini adalah penyalahgunaan. Demikian pula dengan ganja," kata Kapolsek. 

Siapa saja, mulai dari kalangan mana saja bisa terjerat narkoba. Jika sudah terkena, maka sulit untuk berhenti. 

Para siswa dan generasi muda harus kenal dengan narkoba, namun jangan sampai terpengaruh untuk mencoba, jangan mau dengan ajakan menggunakan narkoba," tutur Kapolsek lagi. 

Pria kelahiran Medan 42 tahun lalu ini menambahkan, narkoba masuk ke Indonesia untuk merusak dan mematikan generasi muda. Tujuannya menghancurkan generasi bangsa. Dengan begitu akan mudah bagi bangsa lain merebut sumber daya alam Indonesia.

Selain siswa dari berbagai sekolah menengah atas, sosialisasi juga dihadiri oleh mahasiswi yang tergabung dalam Forum Anak Siak Hulu. Para peserta juga sangat antusias dalam sesi tanya jawab. 


Khofifah, Ketua Forum Anak Siak Hulu menyampaikan sangat menyambut baik kegiatan yang ditaja oleh Kecamatan Siak Hulu ini. 


"Di era globalisasi ini ada generasi muda yang masih mencari jati diri. Oleh karenanya, melalui sosialisasi ini dihatapkan dapat menambah wawasan mereka, " sambung Khofifah**(SP)

×
Berita Terbaru Update