-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pengabdian mahasiswa KUKERTA UNRI di PAUD Annisa Desa Pinang Sebatang Barat, sosialisasikan protokol kesehatan dan menyerahkan tempat cuci tangan

Tuesday 24 August 2021 | Tuesday, August 24, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-08-24T09:55:50Z
                                         

Redaksiriau.com - Di masa Pandemi Covid 19 ini, pemerintah telah mengkampanyekan pentingnya cuci tangan sebagai salah satu protokol kesehatan yang harus dijalankan setiap orang di manapun berada. Badan Kesehatan Dunia atau WHO serta Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat mengeluarkan imbauan mengenai hal yang harus dilakukan dalam mencegah corona jenis baru ini. Di Indonesia sendiri, pemerintah gencar menerapkan protokol kesehatan dengan melakukan 5M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas. Salah satu dari lima upaya tersebut yang dapat diterapkan adalah mencuci tangan menggunakan sabun atau yang sering kita dengar dengan istilah CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun).

Pandemi Covid-19 sangat berpengaruh terhadap kesehatan masyarakat. Akan tetapi, masih banyak masyarakat yang belum menyadari cara melindungi diri dan keluarga dari bahaya Covid-19. Hal ini juga terlihat di PAUD Annisa Desa Pinang Sebatang Barat, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak. Banyak masyarakat yang kurang peduli pentingnya mencuci tangan. Oleh karena itu, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) Universitas Riau (UNRI) yang dibimbing oleh Yunandra, S.P., M.Si selaku dosen pembimbing lapangan ini berinisiatif membuat tempat cuci tangan serta mensosialisasikan cara mencuci tangan yang baik dan benar bagi PAUD Annisa.



Setelah menyerahkan tempat cuci tangan kepada pengurus di PAUD Annisa, mahasiswa Kukerta UNRI mempraktikkan serta mengajak murid untuk mencuci tangan dengan baik dan benar. Mahasiswa juga membagikan hadiah kepada murid yang sudah mencuci tangan dengan baik dan benar sesuai ketentuan WHO.

"Kami juga berharap pandemi ini segera berakhir, tentu nya kita harus mematuhi protokol kesehatan yang sudah di sampaikan pemerintah. Salah satunya dengan mencuci tangan yang baik dan benar, maka dari itu kami berharap murid di paud Annisa dapat terhindar dari penyakit menular dan selalu menjaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan" ungkap ketua kelompok tim Kukerta UNRI, Mardiyas Setya Anggara.

Berikut adalah enam langkah cara mencuci tangan yang direkomendasikan oleh Badan Kesehatan Dunia WHO untuk mencegah virus corona :

1. Ratakan sabun dengan kedua telapak tangan

2. Gosok punggung dan sela-sela jari tangan kiri dengan tangan kanan dan sebaliknya

3. Gosok sela-sela jari

4. Punggung jari tangan kanan digosokkan pada telapak tangan kiri dengan jari sisi dalam kedua tangan saling mengunci

5. Ibu Jari tangan kiri digosok berputar dalam genggaman tangan kanan dan sebaliknya

6. Gosok berputar ujung jari tangan kanan di telapak tangan kiri dan sebaliknya



×
Berita Terbaru Update