-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

PEMDES CINTA DAMAI LAKUKAN PENYALURAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI (BLT)-DD TAHAP 1 TAHUN ANGGARAN 2021

Wednesday 2 June 2021 | Wednesday, June 02, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-06-04T13:22:18Z


Tapung hilir,(Redaksiriau.com) - Pemerintah Desa Cinta Damai melaksanakan Penyaluran BLT DD tahap pertama bulan Januari 2021 Pada hari Rabu (02/06/2021) di Halaman Pustu Desa Cinta Damai. Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan menerapkan Protokol kesehatan ketat dengan mewajibkan seluruh masyarakat yang hadir untuk memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Penentuan penerima BLT DD tahun 2021 merupakan masyararakat yang benar belum pernah menerima bantuan dari pemerintah baik melalui PKH,BPNT,BST Maupun Program bansos lain. Kreteria tersebut di tetapkan agar tidak ada lagi masyarakat yang menerima bantuan ganda. Dari hal tersebut Pemerintah Desa Cinta Damai menetapkan sebanyak 93 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan masing-masing KPM mendapatkan bantuan sejumlah Rp. 300.000. dengan demikian Pemerintah Desa Cinta Damai telah menggelontorkan dana sebanyak Rp. 27.300.000 yang bersumber dari Dana Desa. Dan nantinya dana desa akan diserahkan perbulan, Hal tersebut sesuai dengan instruksi PMK-222 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Dana Desa Tahun 2021 yang didalamnya memuat bahwa BLT DD harus dilaksanakan selama 12 bulan.

Dalam Sambutanya Kepala Desa Cinta Damai Basfani menyampaikan permohonan maaf atas keterlambatan dalam penyaluran BLT, tetapi keterlambatan ini bukan keinginan kita keterlambatan memang dari pusat, hampir seluruh desa di Kecamatan Tapung Hilir merasakan hal ini juga tidak hanya Desa Cinta Damai Saja. “Ucap Basfani.

Kades menambahkan, untuk Penyaluran BLT kedepan akan disalurkan PerBulan dengan jumlah yang diterima oleh KPM sebesar Rp.300.000, Hal tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang disalurkan pertriwulan. Hal ini dilakukan sesuai dengan intruksi dari pemerintah pusat agar penyaluran BLT DD dilaksanakan selama 12 bulan. Dengan teknis contoh bulan Januari 2021 kita sudah laksanakan penyaluran BLT DD setelah Penyaluran nanti kita akan membuat Laporan Penyerahan ke Kecamatan dan Kabupaten setelah laporan itu disetujui kita baru bisa mengajukan penyaluran tahap ke-2 untuk bulan Februari dan begitu terus setiap bulannya.”Imbuh Basfani.

Sementara itu Ketua BPD H.Ahmad Sukardi,S.Pd Menyampaikan Bahwasanya untuk KPM kali ini sebanyak 93 KPM InsyaAllah sudah sesuai dengan kriteria dan tepat sasaran. Dan saya berharap kepada masyarakat penerima BLT agar dana yang disalurkan benar-benar bermanfaat dan digunakan dengan bijak. Ahmad Sukardi, S.Pd menambahkan dengan penyaluran dana BLT yang dilakukan perbulan menurut saya, ini sangat sesuai dengan apa yang dibutuhkan Masyarakat untuk memenuhi kebutuhan di setiap bulanya. “Ucap Ahmad Sukardi.

Dalam Pantauan awak media penyaluran BLT DD tahap 1 Desa Cinta Damai berjalan dengan tertib dan lancar.**(BIY)

×
Berita Terbaru Update