-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Jelang 1 Abad, PSHT Akan Gelar Festival Pencak Silat Internasional di Kota Madiun

Thursday 18 February 2021 | Thursday, February 18, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-02-18T14:13:25Z


 






MADIUN,(Redaksiriau.com) – Menjelang 100 tahun Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) yang tepat pada tanggal 2 September 2022. Rencananya PSHT akan mengadakan festival pencak silat Internasional di Kota Madiun.


Ketua Umum PSHT, R. Murjoko HW mengatakan bahwa pertandingan skala besar tersebut sengaja digelar sebagai bentuk ucapan syukur PSHT yang telah mencapai umur 1 abad. Selain itu sebagai bentuk pelestarian budaya Indonesia yakni pencak silat.

“Karena kegiatan 1 abad nanti ada banyak agenda kami adakan. Antara lain pertandingan pencak silat. Wong nggone pencak silat kok.(orang tempatnya pencak silat kok). Skala nasional dan internasional tapi nanti diadakan di Madiun. Karena Madiun Kota Pendekar,” jelas Murjoko saat diwawancara Lenteratoday, Selasa (16/02/2021).


Selain pertandingan, PSHT juga akan mengadakan Pawai Budaya Nusantara. Dimana setiap cabang PSHT dari Sabang hingga Merauke akan berkumpul di Kota Madiun.

“Dari Sabang sampai Merauke nanti jalan pas tanggal itu ketemu di Kota Madiun. Mereka akan membawa istilahnya barang dari wilayah masing-masing dari seluruh Nusantara dikumpulkan disini. Nanti disini akan dibangun monumen 1 abad SH Terate,” ujarnya.


PSHT juga akan melakukan bhakti sosial besar-besaran. Yakni dilakukan secara serentak di setiap cabang PSHT baik di dalam negeri maupun luar negeri.

“Cabang kita didalam negeri ada 326 dan diluar negeri ada 37. Nanti masing-masing cabang bentuknya beda-beda. Mungkin kita ada bangun rumah tidak layak huni. Atau bantuan kepada kaum dhuafa. Atau bhakti sosial kerja bhakti,” kata Murjoko.


Murjoko berharap agar Pemerintah mendukung kegiatan positif tersebut, sehingga dapat terlaksana dengan lancar.

“Kita dari keluarga pencak silat ingin mengadakan kegiatan. Tolong dibantu. Kita gak minta bantuan finansial. Hanya kita minta dibantu kegiatan pelaksanaan lancar. Jangan dikaitkan terjadi gesekan. Selama pengamanan dibantu, kita yo aman,” harapnya.

“Kadang-kadang kekhawatiran yang keterlaluan ini malah membelenggu kegiatan,” tutup Murjoko.**


Editor : Redaksi

Sumber : Lenteratoday

×
Berita Terbaru Update