-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Maulid Nabi 1441 H, Warga Desa Simpang Empat Tampilkan Kearifan Lokal.

Monday 2 November 2020 | Monday, November 02, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2020-11-04T07:51:23Z

Sergai,(Redaksiriau.com) - Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, warga Desa Simpang Empat Kecamatan Sei Rampah menampilkan kearifan lokal dalam bentuk pementasan group musik Qasidah Akustik "Al Hijrah", Senin, (2/11/2020) di halaman Kantor Desa Simpang Empat.

Muhammad Nazaruddin,SE (Inas), Kepala Desa Simpang Empat mengatakan bahwa peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 2020 agak lebih kreatif dimana salah satu acaranya diisi dengan pementasan group musik Qasidah Akustik "Al Hijrah".

Menurut Inas, kegiatan keagamaan ini dikemas sedemikian rupa dengan menampilkan group musik Qasidah Akustik "Al Hijrah" guna meningkatkan kearifan lokal kita dibidang seni budaya lokal serta kita tinggalkan/jauhi budaya asing karena tidak sesuai dengan budaya kita, ujar Kepala Desa.

Tradisi Maulid Nabi merupakan sebuah perayaan yang dilakukan dalam rangka memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW sebagai bentuk rasa cinta umat kepada sang Nabi. Secara etimologi, istilah "maulid" berasal dari bahasa Arab w-I-d yang berarti "kelahiran", ungkap Nasaruddin Nasution,S.Sos Camat Sei Rampah.

Meskipun berbeda dalam bentuk perayaannya, pada hakikatnya tradisi maulid tidak hanya sekadar sebagai pengingat sejarah bagi kaum muslim. Tradisi ini juga sebagai pengingat umat muslim akan sosok Rasulullah yang menjadi inspirasi paling sempurna bagi seorang muslim dalam menjalani apa pun dalam realitas kehidupannya, tutup Camat.

Edy Muslih,SH sebagai pelopor perdamaian Kabupaten Serdang Bedagai mengatakan, yakin dengan Desa Simpang Empat adalah Desa yang damai. Pemerintah menginginkan agar desa yg damai harus diorbitkan dan Alhamdulillah hari ini terwujud dengan terselenggaranya acara Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H yang dikemas dalam pementasan group musik Qasidah Akustik atas bantuan Dinas Sosial Provinsi Sumatera Utara, ujar Edy Muslih,SH. 

Sementara itu Darmalina Saragih, Anggota DPRD Komisi C Kabupaten Serdang Bedagai mengatakan kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Desa Simpang Empat ini terselenggara dengan adanya komunikasi yang baik dari Desa Simpang Empat, dengan pihak Dinas Sosial Provinsi Sumatera Utara, Dinas Sosial Kabupaten Serdang Bedagai dan Pelopor Perdamaian Kabupaten Serdang Bedagai.

Menurut Darmalina Saragih, bantuan ini bertujuan memperkuat kearifan lokal dan dijagalah dan lebih giat berlatih agar budaya kita lestari dan tidak punah. Dia juga berharap agar alat-alat kesenian Qasidah dijaga dan dirawat agar bantuan dari pemerintah Provinsi Sumatera Utara dapat bermanfaat bagi group musik Qasidah Akustik "Al Hijrah" ujarnya singkat.

Marmin Meliala,SE Kabid Linjamsos, dalam kata sambutannya mewakili Kepala Dinas Sosial Pemprovsu mengatakan, kegiatan ini awalnya diusulkan melalui Desa, Kecamatan, Dinas Sosial  Kabupaten lalu ke Dinsos Pemorovsu dan Pemprovsu merekomendasi ke Kementerian Sosia  Lebih lanjut dikatakan, saat ini di Sergai ada dua Desa yang mendapat bantuan, Pertama Desa Simpang Empat dan Desa Sei Buluh. Ianya juga mengatakan, berharap DPRD Sergai membantu masyarakat yang ada di Desa-Desa agar dapat memanfaatkan bantuan-bantuan yang ada di Pemerintah Sumatera Utara, ujarnya.

Acara Maulid Nabi Muhammad SAW Desa Simpang Empat dibuka dengan membaca ayat suci Al Quran QS:Al Ahzab 40 : 47 oleh Ardiansyah Putra dan saritilawah Ahmad Rizal serta laporan Ketua Panitia M.Arifin menyampaikan dimana sumber dana penyelenggaraan maulid Nabi 1441 H di Desa Simpang Empat berasal dari bantuan Dinas Sosial Provinsi Sumatera Utara.

Hadir dalam acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H, turut mendampingi Kepala Desa Simpang Empat Muhammad Nazaruddin,SE, Marmin Meliala Kabid Linjamsos Dinas Sosial Provinsi Sumut, Kadis Sosial Sergai diwakili Kabid Rehabilitasi Sosial Anggraini Sondang Romauli, anggota DPRD Sergai Komisi C Darmalina Saragih, Camat Sei Rampah Nasaruddin Nasution, Edy Muslih SH, Pelopor Perdamaian Kabupaten Serdang Bedagai, Babinsa Koramil Sei Rampah, Babinkamtibmas Polsek Sei Rampah, tokoh masyarakat, dan masyarakat Desa Simpang Empat.**(Dedek Susanto)








×
Berita Terbaru Update