-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Mahasiswa KKN Balek Kampung Universitas Riau Mengabdi di Pesantren Darunnajah Duri

Friday 14 August 2020 | Friday, August 14, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2020-08-14T16:56:50Z

Duri, (Redaksiriau.com) - Kelompok mahasiswa KKN Balek Kampung Universitas Riau yang beranggotakan Kevin, Anna, Ranti, Dinda, Rama, Nora, Zahara, Widya, Sherly dan Ardi, pada Jum'at, 14 Agustus 2020, melakukan kegiatan Pengabdian di Pesantren Darunnajah Duri.
Kegiatan dilaksanakan dari tanggal 3 Agustus 2020 dan berakhir ditanggal 14 Agustus 2020.

Pondok Pesantren Darunnajah adalah sebuah pesantren yang beralamat di Jl. Pipa Air Bersih KM. 2,5 Desa Balai Makam, Kec. Bathin Solapan, Bengkalis-Riau.

Pada kegiatan tersebut, seluruh mahasiswa diberikan kesempatan untuk memberikan pembelajaran kepada seluruh siswa disetiap kelas. mahasiswa terbagi menjadi tiga kelompok yaitu kelompok untuk mengajar di SD, SMP dan MA. Pembelajaran yang diberikan tersebut meliputi sebagai berikut,

Belajar bahasa Jepang
Pada kegiatan ini mahasiswa mengajarkan untuk berkenalan, berhitung dan tanya jawab dalam bahasa Jepang.

Bimbingan Konseling
Pada kegiatan ini, mahasiswa memberikan bimbingan mengenai belajar, pribadi, kelompok dan bimbingan klasikal serta membantu siswa yang memiliki masalah untuk menyelesaikan masalahnya terutama masalah belajar. Mahasiswa memberikan motivasi kepada siswa untuk terus bersemangat dalam menggapai cita-citanya.
Yang paling penting adalah memberikan kenyamanan agar mental siswa dapat beradaptasi dengan perubahan.

Sosialisasi kampus
Pada kegiatan ini, mahasiswa memberikan gambaran dan informasi terkini kepada siswa tentang dunia perkuliahan khususnya siswa kelas 3 SMA. Mulai dari suka duka perkuliahan, beasiswa dan info tentang Universitas Riau.

Mengajarkan anak SD
Pada kegiatan ini, fokus mahasiswa adalah untuk memberikan kesenangan dan kegembiraan kepada siswa karena di masa ini adalah masa golden age dimana anak diberikan kesempatan untuk tumbuh dan berkembang sesuai dengan tahap perkembangannya. Sehingga, mahasiswa fokus untuk menggali potensi dari anak-anak seperti memperlihatkan bakatnya, kesukaannya dan bernyanyi bersama.

Seluruh siswa serta guru merasa sangat antusias dengan kegiatan ini, karena bagi mereka pengabdian ini adalah pertama kalinya dilakukan oleh sebuah universitas di pesantren mereka. Mahasiswa juga merasa bangga karena telah diberikan kesempatan untuk mengajar disini.

"Kami sangat berterima kasih dan merasa bangga karena adek-adek mahasiswa bersedia untuk KKN disini, semoga apa yang nantinya adek-adek berikan dapat bermanfaat untuk kita semua" tutur pak Syafruddin S.Th.I selaku pimpinan Pondok.

Kegiatan pengabdian ini ditutup dengan acara Perpisahan yang dilakukan oleh pihak pondok pesantren. Seluruh siswa, guru dan mahasiswa KKN berkumpul di tengah lapangan upacara. Kegiatan perpisahan ini berjalan dengan lancar.

"Semoga apa yang kami berikan kepada adik-adik dapat bermanfaat dan semoga pada kesempatan berikutnya kita dapat berjumpa lagi. Terima kasih" ucap Anna ketika menyampaikan Sambutannya.***(Mir).
×
Berita Terbaru Update