-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Relawan Pengabdian Masyarakat Desa Silikuan Hulu Kec. Ukui, Memberikan dan Memperkenalkan Jamu Tradisional Sebagai Penangkal Virus Corona

Thursday 25 June 2020 | Thursday, June 25, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2020-06-25T14:29:08Z


Empat mahasiswa UNRI yang bergabung dalam relawan pengabdian masyarakat sebagai bentuk kepedulian dalam mencegah penyebaran COVID-19, Yang bergabung dengan relawan masyarakat desa Silikuan Hulu, Kec. Ukui, Kab. Pelalawan.Team ini memiliki misi untuk membantu masyarakat dalam menghadapi COVID-19.

Virus corona adalah virus yang dapat dicegah dengan cara menjaga imunitas kita tetap stabil, jika imunitas kita turun dengan mudah virus itu akan masuk kedalam tubuh kita. Virus ini sulit dideteksi secara langsung karena mirip dengan penyakit flu biasa.

Vella Viki Oktavia dari prodi ilmu pemerintahan angkatan 2017, bersama tiga rekannya yang berasal dari Universitas Riau mengatakan memulai pengabdian ini dari akhir Mei. Program yang sudah dilaksanakan seperti pembagian masker, penjagaan posko desa pencegahan COVID-19, pemasangan spanduk, pembagian dan penempelan poster protokol kesehatan.

Pada tanggal 20 Juni 2020, team relawan pengabdian masyarakat membagikan jamu kepada masyarakat  dan juga memberikan sosialisasi tentang manfaat jamu dalam kesehatan. Program ini bertujuan untuk meningkatkan imunitas tubuh masyarakat sehingga terhindar dari virus corona. Dalam kondisi new normal ini, kita harus tetap menjaga imunitas tubuh kita. karena virus corona belum hilang sepenuhnya.

Menurut vella selaku ketua team pengabdian masyarakat UNRI, “ jamu merupakan minuman tradisional yang biasa diminum oleh masyarakat, namun masyarakat kurang mengetahui bahwa jamu tidak saja baik untuk kebugaran tubuh. Tapi dapat juga dijadikan penangkal penyakit COVID-19 ini”.

Untuk menghindari perkumpulan, team ini melakukan kunjungan langsung kerumah warga dan membagikan jamunya secara langsung. Dan memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa selain dengan menerapkan protokol kesehatan, kita juga harus mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat seperti jamu.

“kandungan jamu seperti kunyit, temulawak, kencur, jahe dan pegagan mampu mencegah virus corona masuk kedalam tubuh.” Ujarnya

Ke-empat mahasiswa ini berupaya memberikan solusi kepada masyarakat untuk mencegah COVID-19 dengan murah dan mudah. Karena bahan-bahan ini mudah ditemukan di sekitar lingkungan masyarakat. Dengan memanfaat bahan-bahan tersebut dapat melindungi dari penyebaran COVID-19.

Dengan kondisi yang seperti ini mahasiswa selalu menghimbau masyarakat untuk selalumenjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan yang telah diterapkan oleh pemerintah.









×
Berita Terbaru Update