Waspada, Penipuan Jual Motor Dan Mobil Murah Via Medsos Berkedok Lelang, Ini Kata Polda Riau

Pekanbaru, Redaksiriau.com - Akhir-akhir ini marak praktik penipuan sejumlah oknum yang tidak bertanggungjawab, mengatasnamakan Polisi seper...

Pekanbaru, Redaksiriau.com - Akhir-akhir ini marak praktik penipuan sejumlah oknum yang tidak bertanggungjawab, mengatasnamakan Polisi seperti yang viral di Media Sosial akun Facebook Grup Berita Seputar Polda Riau.

Salah satu korban yang ikut mengirimkan sejumlah uang ke nomor rekening milik penipu tersebut, mengaku tergiur dengan tawaran lelang sepeda motor yang harganya diluar logika.

"Saya cek di FB, lalu saya chat via messenger dan WhatsApp. Saya kirim uangnya langsung karena tawaran hanya sekali ambil barangnya," kata sumber sembari meminta namanya tidak disebutkan, Selasa (6/10/2020).

Masih kata sumber, setelah dana sepuluh juta ditransfer, nomor hp atau WhatsApp yang bersangkutan tidak aktif. Penipu memilih menghilangkan jejak dengan cara memblokir nomor korban.

Sementara itu Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Riau Kombes Pol Sunarto saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa oknum yang mencatut nama serta foto Polwan maupun Polisi itu adalah ulah oknum penipu. Dan itu tidak benar.

"Team admin Bid Humas Polda Riau telah melakukan dua kali klarifikasi di Wall akun Facebook Bid Humas Polda Riau, tentang berbagai penipuan yang dialami oleh masyarakat yang mengaku ditipu oleh anggota kami. Dalam postingan kali ini adalah klarifikasi ke tiga kalinya yang kami lakukan," ujar Kabid Humas.

Untuk yang ketiga kalinya kata Kabid Humas, saat ini  disampaikan bahwa penipuan yang sudah terjadi, pelakunya tersebut bukan Polwan maupun Polisi Laki-laki yang dituduh personil kami.

"Pelaku tersebut adalah orang lain yang tidak diketahui, dengan menggunakan foto foto anggota kami. Sejarahnya adalah anggota kami tersebut dulunya pernah menggunakan akun Facebook. Kemudian anggota kami ini mengupload foto foto pribadinya yang berbaju dinas. Tapi kemudian foto foto pribadinya ini di download atau ambil di wall pribadinya oleh orang tidak dikenal," jelasnya.

Orang tak dikenal ini kata Kabid Humas kemudian membuat akun FB baru dengan foto baju pakaian dinas personil kami ini. Padahal akun FB ini tidak ada hubungan dengan personil kami.

"Akun baru ini kemudian mengaku personil kami sesuai dengan nama di baju dinas yang tertera. Si penipu juga mengunggah foto foto berbaju preman dalam kehidupan keseharian personil kami yang memang banyak di upload di FB miliknya. Lalu akun bodong ini menipu banyak orang. Akun palsu yang menggunakan foto Polwan menipu dengan modus Motor leasing. Akun palsu lainnya yang menggunakan foto Polki menipu banyak wanita dengan janji dinikahi, disuruh foto bugil dan kemudian diperas uangnya dengan ancaman foto foto bugilnya akan di share di medsos jika uang tidak dikirimkan," ungkapnya.

"Segala macam modus dilakukan oleh penipu yang tak ada kaitannya dengan personil Polda Riau," kata Sunarto.

Masih kata Kabid Humas, personil kami sendiri sebenarnya adalah korban karena foto foto pribadinya digunakan oleh penipu untuk menipu dan memeras orang lain melalui medsos

"Bagi masyarakat yang merasa telah jadi korban maka jalannya hanya satu yakni melapor ke Polsek, Polres atau Polda terdekat dengan alamat domisilnya masing masing dan tidak harus melapor ke Polda Riau karena pelakunya sendiri diluar wilayah Hukum Polda Riau. Bagi para korban penipuan, melapor di Fanpage adalah percuma karena system pelaporan masyarakat haruslah ke kantor Polisi terdekat dengan alamat korban karena pengaduan via medsos belum diatur oleh Undang Undang kita," pungkas Kombes Pol Sunarto. (Simon)

COMMENTS

Name

ADVERTORIAL,2,ARTIKEL,7,BENGKALIS,221,BISNIS,1,COVID 19,13,DUMAI,3,DUNIA ISLAM,2,DURI,2,EKONOMI,7,FOTO,3,huk,1,HUKUM,42,INDRAGIRI HILIR,5,INTERNASIONAL,4,KAMPAR,629,KANDIS,66,KESEHATAN,7,KOTA PEKANBARU,28,KREASIMU,6,KUANTAN SINGINGI,6,NASIONAL,85,OLAHRAGA,21,OPINI,3,PEKANBARU,99,PELALAWAN,6,PENDIDIKAN,25,PERAWANG,1,POLITIK,13,RIAU,76,ROKAN HILIR,3,ROKAN HULU,2,SERDANG BEDAGAI,41,SIAK,187,SUMATERA BARAT,1,SUMATERA UTARA,1,WISATA,3,
ltr
item
REDAKSIRIAU.COM: Waspada, Penipuan Jual Motor Dan Mobil Murah Via Medsos Berkedok Lelang, Ini Kata Polda Riau
Waspada, Penipuan Jual Motor Dan Mobil Murah Via Medsos Berkedok Lelang, Ini Kata Polda Riau
https://1.bp.blogspot.com/-i-h49mzVDw0/X3wtEDZbl7I/AAAAAAAADdw/hLgwIMwZ_W0DT7_dCCLXj6edf5qDTJl_gCNcBGAsYHQ/s320/WhatsApp%2BImage%2B2020-10-06%2Bat%2B15.16.44.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-i-h49mzVDw0/X3wtEDZbl7I/AAAAAAAADdw/hLgwIMwZ_W0DT7_dCCLXj6edf5qDTJl_gCNcBGAsYHQ/s72-c/WhatsApp%2BImage%2B2020-10-06%2Bat%2B15.16.44.jpeg
REDAKSIRIAU.COM
http://www.redaksiriau.com/2020/10/waspada-penipuan-jual-motor-dan-mobil.html
http://www.redaksiriau.com/
http://www.redaksiriau.com/
http://www.redaksiriau.com/2020/10/waspada-penipuan-jual-motor-dan-mobil.html
true
8391046594614306514
UTF-8
Loaded All Posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy