-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Upaya Putus Pandemi Covid-19, Pemkab Sergai Gelar Rapid Test dan Swab Massal

Wednesday 16 September 2020 | Wednesday, September 16, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2020-09-18T10:21:20Z

Sergai, (Redaksiriau.com) - Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) hingga kini belum ada tanda-tanda akan berakhir. Hal ini dapat terlihat dari peta sebaran yang menunjukkan peningkatan kasus konfirmasi positif corona meski juga disertai dengan kesembuhan yang cukup signifikan.

Sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebarannya, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) menggelar test cepat (rapid test) kepada para ASN di lingkungan Pemkab Sergai, kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Drs. H. Akmal, A.P, M.Si  bertempat di Kantor Dinas Kesehatan Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Rabu (16/9/2020).


Tak hanya menggelar rapid test, lanjut Akmal, Pemkab Sergai juga melakukan penyemprotan cairan disinfektan yang dilakukan oleh BPBD Sergai dan menjangkau seluruh kantor-kantor dinas yang ada di Komplek Kantor Bupati Sergai.
Ini merupakan upaya bersama untuk bersinergi mempersempit sekaligus memutus jaring penularan dengan menjalankan protokol kesehatan,” terang Akmal.


Kadis Kominfo menambahkan bahwa esok, Kamis (17/9/2020), upaya percepatan penanganan Covid-19 di Sergai masih berlangsung, yaitu digelarnya swab massal bagi Kepala OPD/PPT Pratama, Kabag dan Camat se-Sergai.
Akmal merinci, kegiatan rapid test dan swab bukan hanya dilakukan bagi jajaran ASN Pemkab Sergai saja, dihari yang sama juga dilakukan rapid test dan swab bagi jajaran Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Sergai.


Rafid test dan swab massal, lanjut Akmal, merupakan hal yang penting untuk dilakukan saat ini, mengingat angka kasus konfirmasi positif di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat merangkak naik. Melalui Gugus Tugas, kami akan terus melakukan monitoring terhadap perkembangan kasus Covid-19 di Sergai.
Meski kita ditetapkan sebagai zona orange berdasarkan data dari Covid19.go.id/peta-risiko, namun bukan berarti kita harus lengah dan mengendurkan semangat, akan tetapi kita harus tetap waspada, bersatu untuk melawan corona. Tetap terapkan 3 M  yaitu Menggunakan masker saat beraktivitas, Mencuci tangan yang benar dengan sabun, Menjaga jarak (physical distancing) serta menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan olahraga teratur,” tandas Akmal.


Kasus Konfirmasi Covid-19 di Sergai Berjumlah 158
Berdasarkan peta sebaran Covid-19 Kabupaten Sergai, hingga hari ini kasus konfirmasi Covid-19 berjumlah 158 kasus. Terhitung sejak hari Senin (14/09) sampai Selasa (15/09) kemarin, terjadi pertambahan jumlah warga, baik yang konfirmasi positif Covid-19 dan yang sudah dinyatakan sembuh, kata Juru Bicara Covid-19 Sergai. 
Dimulai pada Senin lalu, 3 orang warga Sergai dikabarkan sembuh setelah menjalani perawatan medis. Identitas ketiganya adalah inisial RN (Lk, 33) dan PA (Pr, 18), keduanya sama-sama berdomisili di Kecamatan Perbaungan dan inisial TNY (Pr, 21) yang merupakan warga Dolok Masihul,” papar Akmal.
Dihari yang sama, ungkapnya, juga dikabarkan 2 orang warga yang berdomisili di Kecamatan Sipispis positif Covid-19 setelah menjalani PCR test. “ Kedua warga Sipispis tersebut adalah inisial Z (Lk, 40) dan AKH (Pr, 30). Untuk korban Z, yang bersangkutan merupakan kasus konfirmasi dari laporan BTKL (Balai Teknik Kesehatan Lingkungan) sedangkan AKH adalah korban konfirmasi dari RS Prima Husada Cipta Medan,” jelasnya.


Keesokan harinya,
pertambahan kasus konfirmasi kembali terjadi dan kali ini jumlahnya cukup siginifikan. “ Pada hari Selasa lalu, jumlah konfirmasi kasus positif melonjak sebanyak 6 warga. Rinciannya, 4 orang warga Perbaungan, 1 dari Dolok Masihul dan 1 orang dari Kecamatan Sipispis. Adapun warga yang berasal dari Perbaungan adalah insial YA (Pr, 40) yang merupakan kasus konfirmasi dari Dinkes Provinsi Sumut, SS (Lk, 21) yang merupakan kasus konfirmasi dari Lab RS Murni Terguh, S (Lk, 65) kasus konfirmasi dari Lab RS Murni Teguh dan L (Pr, 62) yang merupakan kasus konfirmasi pasien suspek yang sebelumnya dan sampai saat ini dirawat di RS Trianda. Sedangkan warga Dolok Masihul adalah inisial HB (Pr, 24) yang adalah kasus konfirmasi dari Lab RS Murni Teguh dan terakhir warga Sipispis inisial LRN (Lk, 40) kasus konfirmasi dari RS Prima Husada Cipta Medan,” paparnya lagi.
Akmal merinci, perkembangan ini menjadikan total keseluruhan warga Sergai kasus konfirmasi positif Covid-19 menjadi 158 kasus dengan perincian 115 telah sembuh, 38 orang kasus konfirmasi positif sedang menjalani isolasi mandiri maupun perawatan di RS rujukan dan 5 orang positif Covid-19 dinyatakan meninggal dunia.(Dedek susanto)







×
Berita Terbaru Update