Mahasiswa KKN Balek Kampung Universitas Riau Mengabdi di Pesantren Darunnajah Duri

Duri, (Redaksiriau.com) - Kelompok mahasiswa KKN Balek Kampung Universitas Riau yang beranggotakan Kevin, Anna, Ranti, Dinda, Rama, Nora,...


Duri, (Redaksiriau.com) - Kelompok mahasiswa KKN Balek Kampung Universitas Riau yang beranggotakan Kevin, Anna, Ranti, Dinda, Rama, Nora, Zahara, Widya, Sherly dan Ardi, pada Jum'at, 14 Agustus 2020, melakukan kegiatan Pengabdian di Pesantren Darunnajah Duri.
Kegiatan dilaksanakan dari tanggal 3 Agustus 2020 dan berakhir ditanggal 14 Agustus 2020.

Pondok Pesantren Darunnajah adalah sebuah pesantren yang beralamat di Jl. Pipa Air Bersih KM. 2,5 Desa Balai Makam, Kec. Bathin Solapan, Bengkalis-Riau.

Pada kegiatan tersebut, seluruh mahasiswa diberikan kesempatan untuk memberikan pembelajaran kepada seluruh siswa disetiap kelas. mahasiswa terbagi menjadi tiga kelompok yaitu kelompok untuk mengajar di SD, SMP dan MA. Pembelajaran yang diberikan tersebut meliputi sebagai berikut,

Belajar bahasa Jepang
Pada kegiatan ini mahasiswa mengajarkan untuk berkenalan, berhitung dan tanya jawab dalam bahasa Jepang.

Bimbingan Konseling
Pada kegiatan ini, mahasiswa memberikan bimbingan mengenai belajar, pribadi, kelompok dan bimbingan klasikal serta membantu siswa yang memiliki masalah untuk menyelesaikan masalahnya terutama masalah belajar. Mahasiswa memberikan motivasi kepada siswa untuk terus bersemangat dalam menggapai cita-citanya.
Yang paling penting adalah memberikan kenyamanan agar mental siswa dapat beradaptasi dengan perubahan.

Sosialisasi kampus
Pada kegiatan ini, mahasiswa memberikan gambaran dan informasi terkini kepada siswa tentang dunia perkuliahan khususnya siswa kelas 3 SMA. Mulai dari suka duka perkuliahan, beasiswa dan info tentang Universitas Riau.

Mengajarkan anak SD
Pada kegiatan ini, fokus mahasiswa adalah untuk memberikan kesenangan dan kegembiraan kepada siswa karena di masa ini adalah masa golden age dimana anak diberikan kesempatan untuk tumbuh dan berkembang sesuai dengan tahap perkembangannya. Sehingga, mahasiswa fokus untuk menggali potensi dari anak-anak seperti memperlihatkan bakatnya, kesukaannya dan bernyanyi bersama.

Seluruh siswa serta guru merasa sangat antusias dengan kegiatan ini, karena bagi mereka pengabdian ini adalah pertama kalinya dilakukan oleh sebuah universitas di pesantren mereka. Mahasiswa juga merasa bangga karena telah diberikan kesempatan untuk mengajar disini.

"Kami sangat berterima kasih dan merasa bangga karena adek-adek mahasiswa bersedia untuk KKN disini, semoga apa yang nantinya adek-adek berikan dapat bermanfaat untuk kita semua" tutur pak Syafruddin S.Th.I selaku pimpinan Pondok.

Kegiatan pengabdian ini ditutup dengan acara Perpisahan yang dilakukan oleh pihak pondok pesantren. Seluruh siswa, guru dan mahasiswa KKN berkumpul di tengah lapangan upacara. Kegiatan perpisahan ini berjalan dengan lancar.

"Semoga apa yang kami berikan kepada adik-adik dapat bermanfaat dan semoga pada kesempatan berikutnya kita dapat berjumpa lagi. Terima kasih" ucap Anna ketika menyampaikan Sambutannya.***(Mir).

COMMENTS

Name

ADVERTORIAL,2,ARTIKEL,4,BENGKALIS,211,BISNIS,1,COVID 19,4,DUMAI,3,DUNIA ISLAM,2,DURI,2,EKONOMI,7,FOTO,3,HUKUM,32,INDRAGIRI HILIR,5,INTERNASIONAL,4,KAMPAR,586,KANDIS,66,KESEHATAN,7,KOTA PEKANBARU,28,KREASIMU,6,KUANTAN SINGINGI,6,NASIONAL,65,OLAHRAGA,21,OPINI,3,PEKANBARU,88,PELALAWAN,6,PENDIDIKAN,25,PERAWANG,1,POLITIK,13,RIAU,74,ROKAN HILIR,3,ROKAN HULU,1,SERDANG BEDAGAI,17,SIAK,89,SUMATERA UTARA,1,WISATA,3,
ltr
item
REDAKSIRIAU.COM: Mahasiswa KKN Balek Kampung Universitas Riau Mengabdi di Pesantren Darunnajah Duri
Mahasiswa KKN Balek Kampung Universitas Riau Mengabdi di Pesantren Darunnajah Duri
https://1.bp.blogspot.com/-lObIeD7PC_0/XzbB_IWMKtI/AAAAAAAAEu8/Z0y1Vv9BFAsmePIH85SrcA-reqbNh01OQCLcBGAsYHQ/s320/IMG-20200814-WA0071.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-lObIeD7PC_0/XzbB_IWMKtI/AAAAAAAAEu8/Z0y1Vv9BFAsmePIH85SrcA-reqbNh01OQCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200814-WA0071.jpg
REDAKSIRIAU.COM
http://www.redaksiriau.com/2020/08/mahasiswa-kkn-balek-kampung-universitas.html
http://www.redaksiriau.com/
http://www.redaksiriau.com/
http://www.redaksiriau.com/2020/08/mahasiswa-kkn-balek-kampung-universitas.html
true
8391046594614306514
UTF-8
Loaded All Posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy