Putus Sekolah? PKBM Mutiara Kampar Solusinya, Kiprahnya Patut Diacungi Jempol Loh!

Kampar (Redaksiriau.com), Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) cukup berjasa dalam dunia pendidikan, meski PKBM yang merupakan pe...


Kampar (Redaksiriau.com), Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) cukup berjasa dalam dunia pendidikan, meski PKBM yang merupakan pendidikan Nonformal ini belum begitu diperhatikan oleh Pemerintah, namun andil PKBM dalam menciptakan generasi yang berdaya saing patut diacungi jempol.

Seperti halnya PKBM Mutiara Kampar yang berlokasi di desa Sawah kecamatan Kampar Utara besutan H. Mukhtar Bukhari, PKBM yang berdiri sejak tahun 2007 ini telah membuktikan kiprahnya dan menelurkan lulusan yang berkompeten dan berdaya saing di berbagai bidang.

Informasi yang berhasil dirangkum Redaksiriau.com, lulusan dari PKBM Mutiara Kampar telah banyak yang berhasil di beragam bidang, mulai dari menjadi pekerja swasta, pegawai Negeri bahkan menjadi Anggota DPRD kabupaten Kampar.

Disamping itu, lulusan dari PKBM Mutiara Kampar yang menyambung pendidikan ke jenjang lebih tinggi, mulai dari tingkat SMA hingga Perguruan Tinggi juga mampu meraih prestasi dan bersaing dengan siswa-siswa yang menempuh jalur pendidikan formal.

Mukhtar Bukhari Kepala PKBM Mutiara Kampar saat diwawancarai Redaksiriau.com, Rabu (25/9/19) menjelaskan bahwa PKBM Mutiara Kampar ini didirikannya atas dasar keprihatinannya terhadap masa depan anak-anak yang putus sekolah dan masyarakat yang tidak bisa tulis baca.

"Melihat kondisi itu, saya berinisiatif mendirikan PKBM Mutiara Kampar dengan sasaran pemuda produktif pengangguran, anak-anak yang putus sekolah, masyarakat yang tidak bisa tulis baca untuk dididik dan dibimbing serta dibelaki ilmu akademik dan keterampilan," ujar Mukhtar.

Lebih lanjut Mukhtar mengatakan, PKBM Mutiara Kampar ini dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat.
"Alhamdulillah, semenjak berdirinya PKBM Mutiara Kampar sudah memiliki izin operasional dari Dinas Pendidikan dan administrasi lengkap, bahkan saat ini sudah terakreditasi B," ujarnya.

Mukhtar juga menjabarkan, pada PKBM Mutiara Kampar ini tidak hanya dibekali ilmu akademik, namun juga dibekali sejumlah keterampilan, seperti keterampilan menjahit, bordir, dan tata boga, selanjutnya untuk kedepannya PKBM Mutiara Kampar akan menambah kelas keterampilan Komputer, Tata Rias dan Mekanik.

"Sebagaimana program wajib belajar yang dicanangkan Pemerintah, setiap warga harus memiliki ijazah minimal SMA, maka dengan adanya PKBM Mutiara Kampar ini, tentunya warga yang kurang beruntung di pendidikan Formal dapat memiliki Ijazah Paket yang setara dengan SD, SMP dan SMA, dan dapat bermanfaat untuk meningkatkan derajat sosial, melanjutkan jenjang pendidikan, dan memperoleh pekerjaan," jelasnya.

Lanjut Mukhtar, sejak berdirinya PKBM Mutiara Kampar pada tahun 2017 yang merupakan PKBM yang pertama kalinya berdiri di Kabupaten Kampar ini, PKBM Mutiara Kampar telah menerbitkan Ijazah Paket C dengan jumlah hampir 600, Ijajah Paket B sekitar 300 dan Ijazah paket A sekitar 200.

"Dari jumlah lulusan PKBM Mutiara Kampar tersebut, yang melanjutkan ke jenjang pendidikan perguruan Tinggi Strata 1 ( S1) berjumlah hampir 200 orang, melanjutkan ke Perguruan Tinggi Strata 2 (S2) berjumlah sekitar 10 orang, dan yang menjadi Anggota DPRD  berjumlah 2 orang," terangnya.

Mukhtar juga menjelaskan, bahwa PKBM Mutiara Kampar saat ini sudah memiliki sejumlah fasilitas yang memadai dan mumpuni, seperti ruang belajar, ruang komputer, ruang mengaji, perpustakaan, Musholla, ruang pelatihan menjahit, ruang pelatihan tata boga, taman, kolam ikan, kebun dan lain-lain.

Menurutnya, bahkan Ketua Forum Pusat PKBM juga telah mengadakan study banding di PKBM Mutiara Kampar ini, disamping itu lomba P2K PKK mulai dari tingkat desa, tingkat kecamatan, tingkat kabupaten, hingga tingkat provinsi juga telah diadakan di PKBM Mutiara Kampar.
"Kabid Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal Dinas Dikpora Kampar pada tahun 2019 ini juga sudah 3 (tiga) kali turun meninjau PKBM Mutiara Kampar, dan Alhamdulillah PKBM Mutiara Kampar diapresiasi," pungkas Mukhtar.

Terakhir, Kepala PKBM Mutiara Kampar, H. Mukhtar Bukhari menambahkan, bahwa PKBM Kampar membuka kesempatan seluas-luasnya untuk masyarakat provinsi Riau, khususnya Kabupaten Kampar yang ingin belajar dan dibimbing serta dibekali Keterampilan.

"Pendaftaran siswa baru pada PKBM Mutiara Kampar ini dibuka mulai dari Bulan Juli sampai dengan bulan Desember," tutupnya.

Untuk Informasi tambahan, bagi masyarakat yang ingin mendaftar pada PKBM Mutiara Kampar juga dapat menghubungi jurnalis Redaksiriau.com ke nomor Telpon/WA : 081346381170.

Penulis : Canggih

COMMENTS

Name

BENGKALIS,55,DURI,2,EKONOMI,5,HUKUM,25,INTERNASIONAL,1,KAMPAR,131,KANDIS,66,KESEHATAN,6,KOTA PEKANBARU,21,KREASIMU,1,NASIONAL,27,OLAHRAGA,20,OPINI,3,PENDIDIKAN,23,POLITIK,10,RIAU,59,ROKAN HILIR,1,WISATA,3,
ltr
item
REDAKSIRIAU.COM: Putus Sekolah? PKBM Mutiara Kampar Solusinya, Kiprahnya Patut Diacungi Jempol Loh!
Putus Sekolah? PKBM Mutiara Kampar Solusinya, Kiprahnya Patut Diacungi Jempol Loh!
https://1.bp.blogspot.com/-DiaZUKu7Bf0/XYtC1y5IHNI/AAAAAAAABkc/8c_BTDG3bhkvfdnOiXr8XnI-ms8X7lSlACNcBGAsYHQ/s320/SAVE_20190925_172739.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-DiaZUKu7Bf0/XYtC1y5IHNI/AAAAAAAABkc/8c_BTDG3bhkvfdnOiXr8XnI-ms8X7lSlACNcBGAsYHQ/s72-c/SAVE_20190925_172739.jpeg
REDAKSIRIAU.COM
http://www.redaksiriau.com/2019/09/putus-sekolah-pkbm-mutiara-kampar.html
http://www.redaksiriau.com/
http://www.redaksiriau.com/
http://www.redaksiriau.com/2019/09/putus-sekolah-pkbm-mutiara-kampar.html
true
8391046594614306514
UTF-8
Loaded All Posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy