Pemkab Bengkalis Gelar Safari Ramadhan Di Kecamatan Talang Muandau - REDAKSIRIAU.COM

Breaking

Saturday, 19 May 2018

Pemkab Bengkalis Gelar Safari Ramadhan Di Kecamatan Talang Muandau

TALANG MUANDAU, HUMAS - Memasuki malam ke-3 Ramadan 1439 Hijriah, Bupati Bengkalis Amril Mukminin melaksanakan safari ramadan dengan masyarakat Kecamatan Talang Mandau, di Masjid Nurul Jihad Desa Serai Wangi, Jum’at (19/5/2018) malam
Bupati hadir bersama Istri Kasmarni Amril, Sekretaris Daerah Bengkalis H. Bustami HY beserta Istri Hj. Akna Juwita Bustami, sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Pejabat Administrator, pelaksana Tugas Camat Talang Muandau Halazmi Yulizar dan seluruh Camat di lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Ketua Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII) Muhammad Subhli, dan sejumlah Kepala Desa Se-Kecamatan Talang Muandau.
Rangkaian acara safari Ramadhan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis tersebut diawali dengan berbuka puasa bersama di kediaman Kepala Desa Serai Wangi Amri Rambe yang sebelumnya diisi dengan santapan rohani menjelang berbuka oleh Ustadz Syawaludin Siregar.
Usai berbuka bersama dilanjutkan dengan Shalat Isya dan tarawih bersama di Masjid Nurul Jihad yang diimami ustadz Mafirion, setelah itu dilanjutkan pula dengan rangkaian safari Ramadhan Pemerintah Kabupaten Bengkalis yakni penyerahan santunan untuk kaum dhu’afa dan anak yatim, penyerahan papan informasi serta Al-qur’an sebanyak 50 Examplar untuk Mesjid Nurul Jihad Desa Serai Wangi, Masjid Sidratul Muntaha Desa Koto Pait, masjid Ar- Rahman Desa Melibur, penyerahan zakat mal sebesar Rp, 15 Juta Rupiah oleh Bupati Bengkalis.
Diteruskan pula dengan penyerahan santunan untuk kaum dhu’afa dan anak yatim serta santunan bagi lansia dari Dinas Sosial Kabupaten Bengkalis, penyerahan santunan dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Bengkalis untuk 8 orang mustahik, serta penyerahan CSR Bantuan Rumah Ibadah PT.Bank Riau Kepri sebesar Rp. 30 Juta Rupiah untuk 3 rumah ibadah yang disaksikan oleh seluruh jama’ah yang hadir pada saat itu.
Dalam arahannya, Bupati Bengkalis mengajak umat islam Kecamatan Talang Muandau untukmeningkatkan kualitas dan kuantitas ibadahnya di bulan suci Ramadhan 1439 Hijriyah ini dan mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa ramadhan.
“Atas nama pribadi, keluarga dan Pemerintah Kabupaten Bengkalis, kami mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa tahun 1439 hijriyah bersamaan dengan tahun 2018 masehi, mari tingkatkan amal ibadah kita, rasa persatuan dan persaudaraan kita, sebagai umat islam. Semoga di bulan yang penuh berkah ini, akan membawa kebahagiaan, kedamaian dan kesejahteraan bagi Kabupaten Bengkalis serta seluruh amal ibadah kita akan diterima oleh Allah SWT," ucap Kepala Daerah Bengkalis.
"Salah satu esensi bulan ramadhan yaitu, bulan dimana umat manusia, untuk meningkatkan derajat kehidupan dari manusia yang beriman menjadi manusia yang muttaqin atau bertaqwa. Artinya bahwa dengan kedatangan bulan agung ini, harus semakin memotifasi diri dalam meningkatkan kualitas amal kebaikan, semata – mata demi mengharapkan ridho Allah SWT, sebagai insan yang senantiasa berharap agar jiwa raganya diasah dan diasuh guna melanjutkan perjalanan menuju Allah SWT." lanjut Bupati Bengkalis.
Disisi lain, Bupati menyampaikan keprihatinannya atas aksi teror yang melanda Indonesia. Radikalisme atas nama agama tidak dibenarkan oleh agama manapun, terlebih di dalam ajaran Islam.
“Islam Indonesia sedang diuji, maka Islam harus memperbaiki supaya tidak difitnah sebagai agama teroris. Islam adalah rahmatan lilalamin. Jangan karena kesalahan kita kemudian Islam dicap sebagai agama teror,” terangnya.
“Kami mengajak kepada seluruh masyarakat terutama perangkat desa serta RT dan RW untuk menggiatkan kembali kegiatan sistem keamanan lingkungan (Siskamling) serta memantau keberadaan masyarakat pendatang maupun pribumi akan kegiatan – kegiatan yang mengarah pada paham–paham radikalisme dan benih – benih terorisme, jika ditemukan segera lapor ke aparat keamanan yang ada," seru Amril.
Pada akhir sambutannya, beliau juga mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi pada penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau Tahun 2018, pada tanggal 27 juni nantinya dan menggunakan hak pilihnya, karena satu suara sangat menentukan pemimpin yang akan menakhodai negeri Lancang Kuning 5 tahun kedepannya.
Usai sambutan Bupati Bengkalis, dilanjutkan pula dengan ceramah agama oleh Ustadz Muhammad Subhli. Dalam ceramahnya Subhli mengatakan bahwa rangkaian safari Ramadhan yang dilaksanakan ini, sebagai penjemput dan pembawa keberkahan serta bulan Ramadan adalah waktu yang tepat untuk melatih diri.
“Bulan Ramadan adalah kesempatan terbaik untuk memperbaiki iman. Semoga Allah melipatgandakan semua amal kebaikan kita, Salat kita, puasa kita, dan mengampuni dosa dosa kita,” Ujarnya.

No comments:

Post a Comment