-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kembangkan Smartcity Bagansiapiapi, Diskominfotiks Rohil Gandeng Icon Plus

Saturday 8 April 2023 | Saturday, April 08, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-04-08T15:25:39Z

 


Rohil - Selain fokus pada bidang pembangunan infrastruktur dan lainnya, Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong SIP juga memiliki program menjadikan Bagansiapiapi sebagai Smartcity. 

Untuk mewujudkan hal tersebut, Bupati Rohil melalui Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfotiks) Indra Gunawan SE MH telah melakukan lobi terhadap salah satu anak perusahaan BUMN yakni PT. Icon Plus Indonesia. 

"Saya telah berkoordinasi dengan GM PT Icon dan mereka sangat mendukung gagasan pak Bupati ini," kata Indra Gunawan SE MH saat dikonfirmasi, Sabtu (8/4/2023).

Smart city sendiri terang Indra, pada intinya merupakan konsep pengelolaan kota yang berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) agar kota menjadi lebih cerdas dan efisien di dalam pemanfaatan berbagai sumberdaya yang ada, serta meningkatkan pelayanan dan kualitas kehidupan masyarakat kota.

Sebagai bentuk dukungan Pt Icon Plus dalam pengembangan program smartcity Bagansiapiapi lanjutnya, untuk tahap awal tahun ini pihak icon akan memasang 3 titik CCTV di persimpangan dalam kota Bagansiapiapi. 


"Ini diberikan secara cuma-cuma oleh PT Icon dengan CCTV resolusi tinggi tanpa menggunakan APBD," tegas Indra.


Sebelum pemasangan CCTV nantinya sebut Indra, terlebih dahulu akan dilakukan survey untuk menentukan lokasi yang tepat dalam pemasangan tahap awal.


Program smartcity Bagansiapiapi ini kata Indra, berkaca dari berbagai wilayah yang ada di Indonesia seperti pulau jawa. Dimana, hampir disetiap persimpangan gang sudah memiliki CCTV. 


Smartcity ini juga, akan memudahkan dalam pemantauan dan pengawasan serta peningkatan pelayanan kepada masyarakat.


"Kita berharap kedepan ibu kota Bagansiapiapi akan menjadi prototype kota digital di kabupaten Rokan Hilir, " pungkasnya.








×
Berita Terbaru Update