-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

KUD Sido Muncul Gelar Rapat Anggota Tahunan

Wednesday 22 February 2023 | Wednesday, February 22, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-02-22T15:38:18Z



Rokan Hulu, (Redaksiriau.com) - Koperasi Unit Desa (KUD) Sido Muncul Desa Kota Raya Kecamatan Kunto Darussalam melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tutup Buku Tahun 2022 bertempat di depan Halaman Kantor KUD Sido Muncul Desa Kota Raya, Kecamatan Kunto Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu - Riau, Rabu (22/2/2023).


Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi UKM Rokan Hulu (Rohul) Zulhendri, Dinas Perdagangan Tenaga Kerja Koperasi dan UKM Kabupaten Rohul,  Kepala Desa Kota Raya Agus Arianto S.P. Juga perwakilan Kapolsek Kuntodarussalam Bhabinkamtibmas Desa Kota Raya Bripka Mashudi, S.M,  serta  Ketua Sekretaris Bendahara (KSB) koperasi.


KUD Sido Muncul merupakan KUD yang melaksanakan RAT  keputusan tertinggi di dalam koperasi, guna untuk kemajuan setiap Tahunnya. Selain itu KUd Sido Mulyo diketahui sebagai KUD yang pengelolaan baik, yang telah memiliki bidang usaha bidang Perbankan, Perkebunan Kelapa Sawit, Unit Transpor dan RAM, kios serta usaha lainnya


Dalam sambutannya Ketua KUD Sudamto menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran para tamu undangan dari Muspika, Dinas Koperasi UKM bersama Kepala Desa, serta dari Penegak hukum Bhabinkamtibmas para tamu undangan lainnya. Selain itu beliau menyampaikan tentang perkembangan KUD Sido Muncul selama Tahun 2022.


Sedangkan Kepala Dinas Koperasi UKM Zulhendri dikesempatan yang sama juga menyampaikan beberapa hal antara lain mengucapkan selamat atas terselenggaranya RAT KUD Sido Muncul, kemudian beliau juga menyampaikan bahwa pelaksanaan RAT (Rapat Anggota Tahunan) bagi sebuah koperasi merupakan hal yang mutlak harus dilaksanakan, karena RAT merupakan ciri dan sendi utama dalam menggerakkan koperasi.


” RAT juga merupakan implementasi dan semangat yang harus hidup dalam koperasi yaitu asas kekeluargaan. Sebagai institusi pengambilan keputusan tertinggi dalam koperasi, Rapat Anggota Tahunan (RAT) menyiratkan bahwa kekuatan utama pada organisasi koperasi adalah pada anggota-nya ” tuturnya.


Kemudian beliau juga meminta kepada perangkat organisasi koperasi seperti Ketua pengurus, Penasehat dan pengawas, dapat mengoptimalkan tugas, fungsi dan perannya masing-masing. Misalnya pemeriksaan atas pengelolaan koperasi dapat berjalan secara teratur dan sesuai peraturan - perundangan yang berlaku, juga sesuai dengan AD/ART koperasi.


” Diharapkan koperasi ini menjadi koperasi yang sehat, mandiri dan akan semakin banyak yang tertarik menjadi anggota koperasi. Ini juga sebagai tugas dari pengurus untuk bisa meningkatkan jumlah anggota koperasi sesuai yang dipersyaratkan oleh koperasi ” harap Zulhendri.


Masih kata dia, kepada para anggota koperasi ini saya berpesan jangan sampai mempunyai sikap dan kesadaran yang keliru dengan pinjaman yang telah dilakukan karena pinjaman tersebut akan menjadi beban koperasi manakala tidak diimbangi dengan kesadaran para anggota koperasi itu sendiri untuk secara disiplin dalam mengangsur/melunasinya, begitu juga koperasi yang bergerak di sektor riil agar bisa menggunakan peluang- peluang yang timbul dengan adanya Mega Proyek di Kabupaten Rokan Hulu sehingga tidak hanya menjadi penonton saja tapi dapat ikut berperan aktif sebagai pelaku dan tangguh dalam menghadapi persaingan dunia usaha yang semakin ketat. 


Zulkifli.








×
Berita Terbaru Update