-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ketua TP PKK Rokan Hulu Hadiri Pengukuhan Bunda Literasi Provinsi Riau

Wednesday 16 November 2022 | Wednesday, November 16, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-17T01:57:58Z

Pekanbaru - Redaksiriau.com - acara pengukuhan Bunda literasi dan workshop bunda literasi/bunda baca daerah Provinsi Riau, yang mengangkat tema "Literasi Meningkatkan Sumber Daya Menguat untuk Riau BERSATU" dilaksanakan di hotel grand central Pekanbaru, Riau, Rabu (16/11/2022).

Wakil gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution secara resmi mengukuhkan Ketua TP PKK Riau Hj. Misnarni Syamsuar sebagai bunda baca/bunda literasi provinsi Riau tahun 2022-2024.

Turut hadir, ketua TP PKK I Riau Suti Mulyati Edy, ketua TP PKK kabupaten Rokan Hulu Hj. Peni Herawati Sukiman didampingi Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Arsip Rokan Hulu, Ketua TP PKK se provinsi Riau, ketua dewan perpustakaan Riau, Ikatan wartawan Riau, Ketua Forum taman baca masyarakat Provinsi Riau, Ketua organisasi perpustakaan Riau dan pegiat literasi provinsi Riau.

Wakil gubernur Riau Edy Natar Nasution mengatakan pemerintah berkewajiban untuk menggalakkan promosi gemar membaca dan memanfaatkan perpustakaan untuk meningkatkan pembudayaan kegemaran membaca yang mulai dari keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat sesuai dengan amanat UU no. 43 tahun 2007 tentang perpustakaan.

Untuk meningkatkan hal tersebut, lanjut Edy, maka pemerintah provinsi mengukuhkan bunda literasi dengan harapan melalui kegiatan ini dapat meningkatkan literasi masyarakat tidak hanya kegiatan baca tulis namun bisa lebih mengembangkan ilmu pengetahuan kedalam karya karya yang bernilai ekonomi

"Terlaksananya acara ini adalah Sebuah langkah awal membangun sinergitas seluruh elemen dalam rangka menumbuh kembangkan literasi dari tingkat kabupaten hingga desa di provinsi Riau" tambahnya.

Oleh karena itu Wagubri berharap para orang tua dapat memahami penting nya minat baca sedari dini dan dilingkungan masyarakat bisa memiliki taman bacaan yang dapat menarik minat baca anak.

Sementara itu, Kepala Dispersip Riau Mimi Yuliani Nazir menyampaikan agar Dimasing masing kab/kota dapat melakukan pengukuhan bunda literasi.

"Karena dengan dilakukannya pengukuhan dan kehadiran bunda literasi dapat menjadi motivator, inisiator dalam meningkatkan indeks literasi gemar membaca / melek literasi Riau yang saat ini berada di 55,03 persen atau masuk dalam katagori sedang" jelasnya.

Mimi berharap adanya koordinasi dengan instansi terkait untuk meningkatkan gemar membaca di masyarakat Sehingga terwujudnya generasi Riau yang unggul, kreatif dan inovatif menuju Riau BERSATU.

"Peran bunda literasi atau bunda baca ini sangatlah penting untuk mengajak masyarakat untuk melek literasi agar kedepannya dapat menjadikan sumber daya manusia yang berkualitas," tutupnya.(shinta)








×
Berita Terbaru Update