Ingkar Bayar Pajak,Wajib Pajak Akan Ditindak

Kandis-Redaksiriau.com-
Tergopoh-gopoh Arman memasuki Kantor Camat Kandis, pada Senin pagi, 22 Agustus 2022. Rekannya, Syarippudin yang tertinggal lebih tiga meter di belakangnya sementara didalam hati Arman merasa sudah terlambat lebih dari sepuluh menit dikarnakan Undangan yang diterimanya dari Kantor Pengacara Negara Kejaksaan Negeri Siak sudah dua hari yang lalu itu, menyebutkan acara dimulai pukul 09.00 pagi. Lokasinya di aula Kantor Camat Kandis. Saat manager dan humas di salah satu  hotel yang ada di Kandis itu masuk ke ruang pertemuan, ternyata acara belum dimulai.

Acara yang ditaja oleh Camat Kandis beserta Badan Keuangan Daerah (BKD) dan Kejaksaan Negeri Siak itu dibuka Camat Kandis, Said Irwan SE, selama satu setengah jam dari waktu yang dijadwalkan dalam undangan. Selain Camat Kandis dan Kepala BKD Siak, Budhi Yuwono, hadir juga sebagai pembicara Hindun Harahap, Kasidatun Kejari Siak. 

Hindun memaparkan," Pentingnya wajib pajak menyetorkan kewajiban membayar pajak tepat waktu dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Untuk pajak Daerah, dikenakan 10% dari penghasilan yang diterima wajib pajak.

“Pertemuan ini adalah lanjutan dari rakor yang diadakan pada bulan lalu di Siak. Data-data yang disiarkan oleh Kepala BKD, wajib pajak di Kandis ini banyak dari pajak tanah, hotel, restoran, sarang wallet dan reklame serta pajak air tanah. Wajib pajak hiburan dan galian C ada satu,” papar Hindun.

Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara Kejari Siak itu menelaah satu persatu berkas yang diberikan BKD Siak kepadanya. Ketika ada salah satu wajib pajak yang tidak membayar kewajibannya dengan alasan tidak ada di rumah ketika petugas pajak yang datang dan pada kesempatan itu Hindun mengingatkan, pada dasarnya kewajiban wajib pajak untuk membayar pajak yang datang ke kantor pajak.

“Itulah fungsinya ada Kantor Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) di setiap Kecamatan. Bukan petugas yang mendatangi baru kita bayar. Bahasanya sudah wajib pajak, jadi harus dan jangan menunggu ditagih dulu baru kita bayar.

“Jadi sudah paham ya ?" bapak dan ibu. Ke depannya, sudah ada nih, Bank Riau Kepri yang menyediakan pelayanan yang bisa bayar melalui handphone. Silahkan di download aplikasi Bank Riau Kepri sehingga bapak dan ibu tak perlu lagi capek-capek datang ke bank. Cukup bayar melalui handphone,” pungkas Hindun.

Camat Kandis, Said Irwan, saat diberikan membuka acara tersebut mengatakan, penindakan hukum atau yustisi merupakan langkah terakhir kepada wajib pajak yang tidak melaksanakan kewajibannya. 

“Itu sesuai dengan peraturan yang ada di Perda Pajak, Perda Restoran, Pajak Hotel, Pajak Hiburan yang ada sembilan item. Disini kewenangan Satpol PP menindak apabila wajib pajak tidak mematuhi terkait dengan Perda yang ada di Kabupaten Siak. Setoran wajib pajak harus sesuai dengan pendapatan asli wajib pajak itu sendiri.”

“Yustisi adalah penindakan terakhir apabila wajib pajak tidak mengindahkan peraturan daerah. Kami akan melakukan tindakan terakhir seperti pencabutan ijin, penyegelan, penutupan sementara. Kami menghimbau bapak dan ibu membantu tim percepatan pendapatan daerah ini.

"Jangan sampai ada penutupan atau pencabutan ijin atau penyegelan. Bayangkan, kalau usaha kita dicabut ijinnya atau disegel, bapak ibu harus mengurus ijin lagi. Maka dari itu, dimohon kerjasamanya agar dipatuhi untuk pendapatan asli daerah ini. Jangan sampai ada sanksi penindakan terakhir,” tutup Camat yang sudah bertugas cukup lama di Kandis itu.

Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Siak, Budhi Yuwono, yang juga hadir dikesempatan itu  mengingatkan pentingnya pajak yang dibayarkan kepada daerah untuk penyelenggaraan pemerintahan. Ia mengatakan dari postur APBD Siak, delapan puluh tujuh  persen berasal dari dana transfer dan hanya tiga belas persen dari pendapatan asli daerah. 

“Hal ini menunjukkan bahwa Kabupaten Siak masih bergantung dari dana transfer. Kita belum mandiri. Pendapatan asli daerah inilah yang akan kita angkat agar kita bisa mandiri. Potensi-potensi yang ada di tempat kita bisa digunakan untuk membiayai pembangunan dan penyelenggaraan Pemerintahan di Kabupaten Siak,” tutup Budhi.

Acara yang mengambil tema Evaluasi Kepatuhan Wajib Pajak itu, selain diikuti aparat Kecamatan dan Desa/Kampung, juga dihadiri lebih dari puluhan peserta yang berasal dari kalangan pengusaha yang merupakan wajib pajak potensial yang ada di Kecamatan Kandis.(red).

Bersumber dari salah satu tokoh masyarakat Kandis *(Soegi*)

COMMENTS




Name

ADVERTORIAL,4,ARTIKEL,8,BATAM,36,BENGKALIS,224,BENGKULU,1,BISNIS,1,BOGOR,1,COVID 19,15,DUMAI,6,DUNIA ISLAM,4,DURI,2,EKONOMI,8,FOTO,3,huk,1,HUKUM,99,INDRAGIRI HILIR,8,INDRAGIRI HULU,3,INTERNASIONAL,8,JAMBI,3,KALIMANTAN BARAT,1,kam,1,KAMPAR,1057,Kandi,1,KANDIS,233,KESEHATAN,7,KKN Mahasiswa,9,KOTA PEKANBARU,57,KREASIMU,6,KUANTAN SINGINGI,9,MUARA JAMBI,105,NASIONAL,224,NTT,3,OLAHRAGA,30,OPINI,3,PEKANBARU,161,PELALAWAN,9,PENDIDIKAN,32,PERAWANG,2,POLITIK,15,RIAU,280,ROKAN HILIR,28,ROKAN HULU,16,SERDANG BEDAGAI,191,SIAK,271,SUMATERA BARAT,16,SUMATERA UTARA,13,SURABAYA,1,WISATA,3,
ltr
item
REDAKSIRIAU.COM: Ingkar Bayar Pajak,Wajib Pajak Akan Ditindak
Ingkar Bayar Pajak,Wajib Pajak Akan Ditindak
https://lh3.googleusercontent.com/-R466Z4KnS9k/YwRd5Ucp_2I/AAAAAAAAAXE/flQg9shuGvsReyzRhRIXr_LNCBzEVvMvACNcBGAsYHQ/s1600/1661230558263818-0.png
https://lh3.googleusercontent.com/-R466Z4KnS9k/YwRd5Ucp_2I/AAAAAAAAAXE/flQg9shuGvsReyzRhRIXr_LNCBzEVvMvACNcBGAsYHQ/s72-c/1661230558263818-0.png
REDAKSIRIAU.COM
https://www.redaksiriau.com/2022/08/ingkar-bayar-pajakwajib-pajak-akan.html
https://www.redaksiriau.com/
https://www.redaksiriau.com/
https://www.redaksiriau.com/2022/08/ingkar-bayar-pajakwajib-pajak-akan.html
true
8391046594614306514
UTF-8
Loaded All Posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy