-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Edukasi dan Pemahaman Kepada Siswa, PT.Ivo Mas Tunggal Gelar Simulasi Karhutla

Wednesday 31 August 2022 | Wednesday, August 31, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-08-31T14:47:56Z
Kandis-Redaksiriau.com-
Kegiatan Simulasi dalam hal mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan, berlangsung diarea perkebunan Sei Rokan tepatnya dilapangan Training Center Sei Rokan Kampung Sam-Sam Kecamatan Kandis Kabupaten Siak,Riau pada Rabu 31 Agustus 2022.
Kegiatan simulasi dipimpin oleh Manager Kebun Sei Rokan Eko Sakti Budi P dan Manager Kebun Libe Edi dalam mengikuti kegiatan tersebut.

Mewakili Pimpinan Perkebunan sawit PT.Ivo Mas Tunggal selaku VPA Septianus Harianja beliau mengatakan," Bahwa pihaknya dari perkebunan PT.Ivo Mas Tunggal yang berdomisilih diwilayah Kecamatan Kandis Kabupaten Siak,Riau akan terus berupaya dan akan selalu menjalankan perintah atau amanat undang-undang (UU) agar senantiasa menjaga wilayah di sekelilingnya supaya tetap aman dan terhindar dari bencana karhutla.
"Sebab begitu pentingnya pencegahan dan penanggulangan kebakaran lahan dan hutan bagi generasi muda dan generasi muda perlu tau akibat dan dampak yang mungkin ditimbulkan dari adanya kebakaran hutan.

Generasi muda akan menjadi generasi penerus yang suatu saat juga akan terjun dan dapat terlibat dalam penggelolaan lahan yang berada diwilayahnya.

Edukasi dan Pemahaman kepada para siswa mengenai sejumlah pihak yang terlibat dalam pencegahan dan penanganan karhutla, para siswa bisa berkenalan dengan Masyarakat Siaga Api dan Tim Kesiap-siagaan Darurat (TKD) dari perusahaan serta Manggala Agni.
“Jadi untuk membekali Tim Kesiapan dan Persiagaan Tanggap Darurat Keterampilan Pencegahan Karhutla dan Kebun, diberikan teori dan praktik pengendalian karhutla yakni simulasi penggunaan alat pemadam kebakaran seperti mobil pemadam dan alat pemadam lainnya,” ungkapnya.

VPA Septianus Harianja katakan lagi," simulasi ini bertujuan untuk melatih kembali kemahiran tim dalam menggunakan peralatan pemadam kebakaran, diharapkan saat terjadi karhutla, tim sudah siap melakukan pemadaman api dan simulasi ini dilakukan setiap tahun agar tim selalu siap menghadapi karhutla.

“Harapan saya, warga dan perusahaan akan selalu bersinergi dalam mencegah terjadinya karhutla khususnya diwilayah Kecamatan Kandis," ujarnya.
Camat Kandis melalui Sekcam Wendy S,Sos pada acara peluncuran buku Rumbun dan Sahabat Rimba serta kegiatan simulasi penanganan karhutla mengucapkan terima kasih kepada Sinar Mas Agribusiness And Foot yang telah menyelenggarakan acara ini.

Menurut Sekcam Kandis Wendy S,Sos berdasarkan Instruksi Presiden tahun 2015 tentang peningkatan pengendalian kebakaran hutan dan lahan, menjelaskan terkaid langkah prevensi atau pencegahan karhutla terjadi dengan cara melakukan restorasi ekosistem gambut melalui pembentukan Badan Restorasi Gambut (BRG) Republik Indonesia dan menetapkan moratorium serta review izin pemanfaatan lahan gambut

Sebab pentingnya kolaborasi untuk menjaga lahan gambut bebas dari kebakaran dan Apresiasi Manggala Agni dan Masyarakat Siaga Api juga TKD dari perusahaan yang membantu upaya Pemerintah menanggulangi karhutla,"ujarnya.
Sementara itu pada sambutan Kepala Korwilbid P dan K Kecamatan Kandis Rosli S,Ag juga menyebutkan," Peluncuran buku Rumbun dan Sahabat Rimba dan simulasi penanganan karhutla bagi siswa/siswi sangat membantu para siswa/siswi untuk meningkatkan daya baca anak-anak yang disebut Listrasi.

"Saya berharap kiranya perusahaan dapat memperhatikan sekolah-sekolah yang ada didalam lingkungan perusahaan dengan mensuport dengan cara mengisi buku-buku perpustakaan sekolah ," pintanya.

Acara simulasi karhula dalam tema Aku, Kamu dan Kita semua cegah karhutla dihadiri oleh Camat Kandis, Sekcam, Danramil Kandis, Kapolsek Kandis, Damkar Kandis,MSA/MPA, Tim KTD, Dinas Perkebunan Siak, Kepala Korwilbid P dan K Kandis, Penghulu Kampung Sam- Sam, Manggala Agni, Guru SD N, Guru SMP N, Siswa Siswi SD. Siswa SMP, VPA, RC, PC, EM, FM, SPO, Regional, ALL SPO dan EHS Region.( Jay)
×
Berita Terbaru Update