-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Terkendala Akibat Covid- 19, Pawai Takbir Menjadi Hal Dinanti Warga Inhil

Sunday 15 May 2022 | Sunday, May 15, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-05-16T03:55:10Z


Oleh : Tasya Rahmawati, (Mahasiswi UIN Suska Riau, tasyarahmawati659@gmail.com/082259678452)


Tembilahan, (Redaksiriau.com) - Pawai takbir adalah kegiatan mengarak obor dengan melalu jalur yang telah disediakan oleh panitia dengan mengucapkan takbir sepanjang perjalanan. Pawai takbir digelar oleh warga setiap akan merayakan hari raya keagamaan seperti agama Islam.


Namun beberapa tahun belakangan ini masyarakat Indonesia tidak dapat melaksanakan pawai takbir disebabkan bencana Virus Corona atau Covid -19.


Padahal kegiatan tersebut sangat dinanti - nanti oleh masyarakat. Seperti warga Kabupaten Indragiri Hilir - Riau. Hampir 4 tahun masyarakat Indragiri Hilir tidak dapat menggelar pawai takbir  disebabkan oleh penyebaran covid - 19.


Namun pada tahun ini acara pawai takbir telah mulai dilaksanakan meski hanya sebagian tokoh masyarakat yang ikut memeriahkan acara pawai takbir dikarenakan kurangnya persiapan. Pawai takbir bertujuan untuk mensyiarkan Islam dengan melafazkan takbir sepanjang keliling kota besar harapan masyarakat agar acara kegiatan pawai takbir bisa berlangsung sebagaimana tahun tahun sebelumnya.


Pawai takbir sudah dinanti-nanti oleh masyarakat tembilahan untuk memeriahkan acara hari raya yang telah ditetapkan pada tanggal 2 Mei 2022 oleh majelis ulama Indonesia, dan turut dihadiri oleh Bupati Indragiri hilir bapak Drs. HM Wardan MP, Kapolres inhil, panitia pelaksana, serta para peserta festival pawai Akbar.


Tujuan diselenggarakannya pawai takbir untuk memeriahkan acara penyambutan hari raya idul Fitri yang dimeriahkan oleh beberapa Masyarakat dengan menghiasi mobil lalu mengikuti jalur start hingga jalur finish yang telah diatur oleh panitia pelaksana, kegiatan ini sudah lama tidak terlaksana semenjak adanya kasus Corona virus yang menyebabkan acara ini tidak terlaksana karena melibatkan banyak masyarakat.


"Sudah lama saya menanti pawai takbir ini, dulu diikuti oleh seluruh siswa siswi tembilahan dari berbagai sekolah namun dikarenakan kurangnya persiapan dan mengingat anak anak sekolah masih belajar online maka acara pawai takbir kali ini hanya dimeriahkan oleh masyarakat yang mau ikut acara pawai ini, besar harapan saya kegiatan pawai takbir ini bisa dilaksanakan sebagaimana yang telah kita lakukan seperti tahun tahun sebelumnya" kata Annuar Gunawan masyarakat sekitar yang ikut memeriahkan acara pawai takbir.


Acara pawai obor kali ini hanya di peruntukkan bagi masyarakat yang ingin memeriahkan dengan menghiasi mobil menggunakan berbagai pernak pernik seperti ketupat, beduk, dan berbagai macam yang menjadi ciri khas hari raya idul Fitri.


"Harapan saya kedepannya semoga acara pawai takbir ini bisa dilaksanakan setiap tahunnya seperti tahun-tahun sebelum, dan virus covid 19 cepat berlalu sehingga, kita bisa beraktifitas sebagaimana mestinya agar tetap menjunjung tinggi nilai dan adat yang memang sudah kita laksanakan sedari dulu" kata Drs. HM Wardan MP Bupati Kabupaten Indragiri Hilir.


Tidak hanya pawai takbir saja lah yang diharapkan oleh seluruh masyarakat tembilahan namun sholat Idul Fitri berjamaah tanpa masker juga diharapkan bisa dilaksanakan tanpa adanya keraguan tersebarnya virus Corona.***(Tasya Rahmawati, Mahasiswi UIN Suska Riau).

×
Berita Terbaru Update