-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

MEMPERINGATI SATU ABAD LETNAN ( KAPITAN ) OEI HITAM PERTAMA DIBAGAN SIAPI API UNTUK MENGENANG JASANYA.

Monday 21 March 2022 | Monday, March 21, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-03-21T07:07:45Z

 

Redaksiriau.com - Peringati 100 tahun wafatnya kapitan LETNAN OEI HITAM yang bermarga  HUANG pertama diBagan siapi api pada tanggal 17 maret 1922.Acara diadakan  jalan Pahlawan gang putra Bagan siapi api kabupaten Rokan Hilir Riau ,senen 21/3/2022.

Turut hadir dalam acara Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintung S.IP,Serta Opd,FORKOPIMDA Rohil,Ketua Panitia acara Ir Siswaja Muliadi,penyelenggara acara Kartono Huang,tokoh masyarakat tionghoa.

Riwayat singkat LETNAN OEI HITAM lahir dikota Bengkalis tahun 1867,sebagai pengusaha garam dibagan siapi api tahun 1908 dan diangkat menjadi Kapitan tahun 1911.

Kiprahnya sebagai Kapitan sangat luar biasa, selain berkontribusi untuk Bank Bagan madjoe saat itu. Yang mana sekarang dikenal dengan Bank BRI yang berada dijalan Merdekan saat ini.

LETNAN OEI HITAM juga menghibahkan Tanah untuk pembangunan Rumah Sakit Pratomo dibagan siapi api masa itu.


Tanggal 17 maret 1922 LETNAN OEI HITAM menghembuskan napas nya yang terakhir diusia 46 tahun dan meninggalkan 7 orang anak dan seorang istri yang bernama nyonya GIOK.

Bupati Rohil Aprizal Sintung saat diwancara mengatakan "terima kasih kepada masyarakat Tionghoa sudah melaksanakan Bakti Sosial dalam acara peringati satu abad wafat nya LETNAN OEI  HITAM yang mana saat itu sudah banyak memberikan kontribusi kepada daerah ini.

Lanjut katanya, harapan kepada masyarakat tionghoa yang ada dibagan siapi api dapat saling bekerja sama baik,sesama suku yang ada Dirohil agar pembangunan berjalan lancar aman dan kondusip.

Dalam acara ini dilakukan Bakti sosial seperri Donor darah,pengobatan Gratis,Vaksinasi",tuturnya.

Ditempat terpisah media ini mewancara ketua Panitia acara seratus tahun wafatnya LETNAN OEI HITAM Ir.Siswaja Muliadi mengatakan"kami selaku keluarga dan cucunya mengucapkan terima kasih kepada LETNAN OEI HITAM yang telah banyak berjasa terhadap daerah ini seperti yang terlihat saat ini bekas peninggalan LETNAN OEI HITAM Rumah Kuno yang nilai seni budayanya berkolaborasi beberapa suku yang terlihat dibangunan rumah peninggalan LETNAN atau disebut dengan nama KAPITAN OEI HITAM yang saat ini menjadi aset daearah kabupaten Rokan Hilir,akhir ucapnya.

Dilain kesempatan penyelengara acara Peringati seratus tahun wafatnya LETNAN OEI HITAM KARTONO HUANG mengatakan,terima kasih kepada bapak bupati yang sudah hadir diacara ini.Dan ini suatu kehormatan bagi kami.Dalam acara seratus tahun wafatnya LETNAN OEI HITAM saya penyelengara acara mengadakan bakti sosial seperti Donor darah,pengobatan gratis ,Vaksinasi.harapan kedepanya ditahun yang akan datang dapat kembali mengadakan acara seperti ini untuk mengenang jasa jasa nya", akhir ucapnya.



Penulis (BINSAR HERDIANTO SINAGA)

×
Berita Terbaru Update