Sergai Akan Miliki Perpustakaan Bertaraf Nasional

 


Sergai(Redaksiriau.com) - Minat baca yang baik memiliki korelasi langsung terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).


Pendapat tersebut disampaikan oleh Bupati Serdang Bedagai  H. Darma Wijaya dalam kunjungannya ke Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, di Jakarta, Selasa (12/10/2021).


“Di masa kepemimpinan saya sebagai Bupati dan Bapak H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, sebagai Wakil Bupati, kami mengusung visi Sergai yang “Maju Terus”; Mandiri, Sejahtera, dan Religius. Untuk mewujudkan hal tersebut, salah satunya telah dicanangkan program SAPDA atau Sapta Dambaan yang terdiri dari 7 program utama, di mana salah satunya adalah Sekolah Mantab, yaitu sekolah yang mandiri, asri dan berkualitas,” ucap Bupati.


Bupati mengatakan, hal tersebut jadi bukti jika pihaknya menjadikan sektor pendidikan sebagai pondasi penting pembangunan daerah. Untuk mendukung hal tersebut, dibutuhkan sarana dan prasarana mumpuni, dan tentunya perpustakaan menjadi salah satunya.


Saat ini, lanjutnya, untuk menggalakkan semangat literasi di Kabupaten Sergai, sekolah-sekolah sudah menerapkan kebijakan satu jam membaca buku sebelum kegiatan belajar-mengajar berlangsung bagi para siswa.


“ Minat baca masyarakat saat ini tergolong rendah disebabkan salah satunya karena minimnya ketersediaan bahan bacaan. Permasalahan tersebut diharapkan bisa tertanggulangi lewat pembangunan fasilitas perpustakaan yang berkualitas,” ungkap Darma Wijaya.


Bupati selanjutnya menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas terkabulnya harapan masyarakat Sergai untuk memiliki fasilitas perpustakaan yang bertaraf nasional.


“Alhamdullilah, terimakasih atas aspirasi dari Bapak dr Sofyan Tan selaku Anggota Komisi X DPR RI  dari Fraksi PDI Perjuangan yang kami bawa hari ini, yaitu untuk pembangunan perpustakaan, bisa terealisasikan dan Insya Allah akan mulai dibangun tahun 2022 dengan sumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Ini merupakan langkah penting untuk meningkatkan minat baca, terutama bagi generasi muda, sekaligus meningkatkan kualitas sektor pendidikan dan pada akhirnya juga berperan penting bagi kompetensi SDM Sergai," ucapnya.


Dalam tanggapannya, Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Muhammad Syarif Bando menyampaikan jika kunjungan Bupati Sergai ini merupakan salah satu mendukung visi dan misi Presiden Joko Widodo dalam peningkatan kualitas SDM dalam Rencana Pembangunan Jangkah Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2020-2024.


" Siapa pun kita baik eksekutif, legislatif, yudikatif, TNI/POLRI, hingga masyarakat umum, sesuai yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945, memiliki tugas mencerdaskan anak bangsa, mengantarkan mereka ke masa depan lebih layak untuk menuju masyarakat yang adil dan makmur," ungkapnya.


Dikatakan, perpustakaan merupakan kampus bagi siapa saja yang putus sekolah sehingga perpustakaan harus dapat dijangkau oleh seluruh masyarakat. "Untuk itu kami berharap adanya sinergi yang seimbang antara Dinas Perpustakaan dan Pendidikan, sehingga rencana untuk mewujudkan SDM unggul dapat tercapai," tutupnya.


Dalam kunjungan ini hadir pula Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Elinda Sitianur, SE, Kadis Pendidikan Suwanto Nasution, S.Pd, MM, Deputi 2 Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Drs.  Deni Kurniadi, M.Hum dan Kepala Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara Drs. Teguh Purwanto, M.Si dan Koordinator Kelompok Substansi Pengembangan Perpustakaan Umum Nurhadi Saputra, S.Sos.

 (DS)

COMMENTS



Name

ADVERTORIAL,3,ARTIKEL,7,BATAM,36,BENGKALIS,224,BENGKULU,1,BISNIS,1,BOGOR,1,COVID 19,15,DUMAI,6,DUNIA ISLAM,4,DURI,2,EKONOMI,8,FOTO,3,huk,1,HUKUM,91,INDRAGIRI HILIR,7,INDRAGIRI HULU,2,INTERNASIONAL,8,JAMBI,3,KALIMANTAN BARAT,1,kam,1,KAMPAR,962,KANDIS,66,KESEHATAN,7,KKN Mahasiswa,7,KOTA PEKANBARU,51,KREASIMU,6,KUANTAN SINGINGI,9,MUARA JAMBI,36,NASIONAL,205,NTT,3,OLAHRAGA,30,OPINI,3,PEKANBARU,147,PELALAWAN,8,PENDIDIKAN,32,PERAWANG,1,POLITIK,15,RIAU,260,ROKAN HILIR,5,ROKAN HULU,3,SERDANG BEDAGAI,164,SIAK,213,SUMATERA BARAT,16,SUMATERA UTARA,13,SURABAYA,1,WISATA,3,
ltr
item
REDAKSIRIAU.COM: Sergai Akan Miliki Perpustakaan Bertaraf Nasional
Sergai Akan Miliki Perpustakaan Bertaraf Nasional
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjYE4EeSlczoMzwxOqmlT_0n36LKRzSpKvAtFBnxsT867B1ys_q7Vx92so66xtX1BLhWGyIxWOKBA5MQW3O2WpVtT7v41bZ_YzHxmCuuQgWEAiDr4O0-1UKn16vvgwuMuPrDvppXfjRSTSRPE82wYovjeucu_sHOi-iRTK6WwjRCIFeoL3sgMNtZhC9=s320
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjYE4EeSlczoMzwxOqmlT_0n36LKRzSpKvAtFBnxsT867B1ys_q7Vx92so66xtX1BLhWGyIxWOKBA5MQW3O2WpVtT7v41bZ_YzHxmCuuQgWEAiDr4O0-1UKn16vvgwuMuPrDvppXfjRSTSRPE82wYovjeucu_sHOi-iRTK6WwjRCIFeoL3sgMNtZhC9=s72-c
REDAKSIRIAU.COM
https://www.redaksiriau.com/2021/10/sergai-akan-miliki-perpustakaan.html
https://www.redaksiriau.com/
https://www.redaksiriau.com/
https://www.redaksiriau.com/2021/10/sergai-akan-miliki-perpustakaan.html
true
8391046594614306514
UTF-8
Loaded All Posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy