Bupati Sergai Harap Dekranasda Tingkatkan Promosi dan Pemasaran

Sergai(Redaksiriau.com), Pentingnya promosi atau pemasaran produk-produk kerajinan lokal menjadi pesan utama Bupati Serdang Bedagai H. Darma Wijaya saat memberi sambutan dalam gelaran Rapat Kerja Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sergai yang dilaksanakan di Aula Dekranasda Kecamatan Perbaungan, Rabu (14/07/2021).
“Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan pelatihan-pelatihan yang bisa dimanfaatkan untuk menambah ilmu dan pengetahuan. Ini merupakan kegiatan yang sangat baik untuk menumbuhkan UMKM di Kabupaten Sergai. Namun penting kiranya kita mengetahui dan menguasai proses pemasaran dan promosi barang kerajinan yang kita hasilkan,” ucap Bupati Sergai.
Ia melihat, untuk aspek produktivitas, Sergai dikategorikan sangat baik. Ini dibuktikan dari banyaknya kelompok mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga desa yang aktif memproduksi berbagai kerajinan lokal.

“ Namun produktivitas tersebut jadi tidak ada artinya kalau tidak diikuti dengan promosi dan pemasaran.  Maka dari itu, para pengurus Dekranasda harus memperhatikan ini. Misalnya dengan mengajak OPD dan ASN bangga serta aktif menggunakan produk lokal,” ucap Darma Wijaya.

Hal tersebut juga secara langsung bisa menjadi sarana promosi yang nantinya bisa dilihat dan diikuti oleh masyarakat luas.

“ Selain jadi konsumen produk kerajinan lokal, OPD, Kecamatan dan Desa juga secara langsung ikut mempromosikan kerajinan tersebut ke publik,” ucapnya lagi.

Terakhir, Bupati berharap para pengrajin lokal menjaga kemauan yang tinggi serta tidak lelah menciptakan berbagai inovasi.

“ Fungsi UMKM ini banyak sekali. Selain sektor ekonomi, ini juga mendukung pelestarian budaya lokal serta memberdayakan SDM lewat tersedianya lapangan kerja,” tandasnya.

Sementara itu Ketua Dekranasda Sergai Ny. Hj. Rosmaida Saragih Darma Wijaya dalam laporannya menyebut kepengurusan Dekranasda Kabupaten Sergai telah disahkan melalui Keputusan Ketua Dekranasda Provinsi Sumatera Utara tentang pengesahan perubahan kepengurusan Dekranasda Kabupaten Sergai.

“ Dalam kepengurusan Dekranasda Kabupaten Sergai kita sudah memiliki tugas dan fungsi sesuai dengan bidang yang diamanahkan. Untuk itu diharapkan masing-masing bidang dalam kepengurusan Dekranasda ini bisa menyusun program kegiatan yang disinergikan dengan program Dekranasda Pusat, Dekranasda Provinsi Sumatera Utara dan Kabupaten Sergai,” ucapnya.

Pada prinsipnya arah kebijakan dalam menyusun dan melaksanakan program kegiatan Dekranasda Kabupaten Sergai bertumpu pada beberapa hal yaitu menyiapkan generasi sumber daya manusia atau perajin yang unggul dalam melestarikan dan mengembangkan budaya bangsa, kemudian meningkatkan daya saing produk kerajinan berbasis kearifan lokal melalui pengembangan inovasi desain kreativitas dan efisiensi serta memperluas akses pasar bagi produk kerajinan Kabupaten Sergai.

“ Diharapkan melalui rapat ini nanti kita bisa mendiskusikan dan memberikan saran dan masukan sehingga fungsi Dekranasda Kabupaten Sergai sebagai lembaga yang mendukung program dan kegiatan pemerintah dalam mendorong kemandirian industri kerajinan Sergai itu dapat terlaksana,” ucapnya.

Rosmaida menyebut dalam kegiatan ini juga dilaksanakan pelatihan yang sudah dimulai hari sebelumnya dan berakhir hari ini.

“ Salah satu pelatihan yang kita laksanakan adalah membuat kerajinan berupa piring dengan bahan baku dari sapu lidi yang merupakan sumber daya lokal. Kiranya nanti pelatihan yang kami berikan ini bisa menjadi usaha rumahan bagi para peserta hari ini dan semoga bisa mendongkrak perekonomian di keluarga mereka masing-masing,” tandasnya.

Ikut hadir dalam kegiatan ini Ketua DWP Sergai Ny. Uke Retno Faisal Hasrimy yang juga Wakil Ketua Harian Dekranasda Sergai, para Kepala OPD, para anggota Dekranasda Sergai dan peserta pelatihan(DS)

COMMENTS



Name

ADVERTORIAL,3,ARTIKEL,7,BATAM,36,BENGKALIS,224,BENGKULU,1,BISNIS,1,BOGOR,1,COVID 19,15,DUMAI,6,DUNIA ISLAM,4,DURI,2,EKONOMI,8,FOTO,3,huk,1,HUKUM,91,INDRAGIRI HILIR,7,INDRAGIRI HULU,2,INTERNASIONAL,8,JAMBI,3,KALIMANTAN BARAT,1,kam,1,KAMPAR,963,KANDIS,66,KESEHATAN,7,KKN Mahasiswa,7,KOTA PEKANBARU,51,KREASIMU,6,KUANTAN SINGINGI,9,MUARA JAMBI,36,NASIONAL,205,NTT,3,OLAHRAGA,30,OPINI,3,PEKANBARU,147,PELALAWAN,8,PENDIDIKAN,32,PERAWANG,1,POLITIK,15,RIAU,260,ROKAN HILIR,5,ROKAN HULU,3,SERDANG BEDAGAI,164,SIAK,213,SUMATERA BARAT,16,SUMATERA UTARA,13,SURABAYA,1,WISATA,3,
ltr
item
REDAKSIRIAU.COM: Bupati Sergai Harap Dekranasda Tingkatkan Promosi dan Pemasaran
Bupati Sergai Harap Dekranasda Tingkatkan Promosi dan Pemasaran
https://lh3.googleusercontent.com/-Si-P8oQZ0gk/YO-arW6nSbI/AAAAAAAAEWs/aH4DevFa5oIE9FHBMy4m6dWyI-VxAu1HACNcBGAsYHQ/s1600/1626315433386405-0.png
https://lh3.googleusercontent.com/-Si-P8oQZ0gk/YO-arW6nSbI/AAAAAAAAEWs/aH4DevFa5oIE9FHBMy4m6dWyI-VxAu1HACNcBGAsYHQ/s72-c/1626315433386405-0.png
REDAKSIRIAU.COM
https://www.redaksiriau.com/2021/07/bupati-sergai-harap-dekranasda.html
https://www.redaksiriau.com/
https://www.redaksiriau.com/
https://www.redaksiriau.com/2021/07/bupati-sergai-harap-dekranasda.html
true
8391046594614306514
UTF-8
Loaded All Posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy