Serah Terima Jabatan, Sekdakab Sergai Resmi Jadi Plh. Bupati


 

Sergai,(Redaksiriau.com) - Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman dan Wakil Bupati Sergai H. Darma Wijaya hadir secara virtual dalam acara Serah Terima Jabatan Bupati Sergai Periode 2016-2021 yang dilaksanakan di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati, Sei Rampah, Rabu (17/02/2021).

Membuka sambutannya, Bupati Soekirman mengucapkan terima kasih atas kebersamaan yang telah terjalin selama 5 tahun masa jabatannya sebagai nahkoda Kabupaten Sergai. Ia juga menyampaikan permintaan maaf sekiranya dalam kepemimpinannya terdapat kekurangan.


“Jabatan kami selama 5 tahun telah berakhir hari ini. 5 tahun kami menjalankan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Sergai. Semua rangkaian tugas pemerintahan yang sudah kami lakukan bersama Wakil Bupati sudah kami sampaikan laporannya kepada BPK RI. Secara pribadi saya menyampaikan permohonan maaf jika ada salah dan khilaf selama menjabat, namun kami telah berupaya semaksimal mungkin untuk menjalankan tugas dan kepercayaan yang telah diberikan,” papar Soekirman.


Dalam kesempatan yang sama, Bupati juga berterima kasih kepada seluruh unsur Forkopimda, anggota legislatif dan semua unsur yang telah bersama-sama bersinergi selama ini dalam membangun Kabupaten Sergai tercinta.


Pada momen yang sama, Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sergai sekaligus Pelaksana Harian (Plh) Bupati Sergai H.M. Faisal Hasrimy menyampaikan jika acara ini merupakan penyerahan Memori Jabatan Bupati dan Wakil Bupati kepada dirinya sebagai Plh. Bupati. 


Faisal menyebut, hal ini sekaligus berimplikasi terhadap tugas sehari-hari sebagai Pelaksana Harian untuk mengisi kekosongan kepemimpinan daerah sampai dilantiknya Kepala Daerah yang terpilih dalam pilkada serentak 9 Desember 2020 lalu. 


Ia menerangkan, berdasarkan pasal 113 ayat (4) peraturan Pemerintah No. 49 tahun 2008 tentang perubahan ketiga atas Peraturan Pemerintah No. 6 Tahun 2005 tentang Pemilihan, Pengesahan, Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, menegaskan bahwa dalam hal terjadi kekosongan jabatan Kepala Daerah sebagaimana dimaksud pada ayat (3) Sekretaris Daerah melaksanakan tugas sehari-hari Kepala Daerah sampai dengan Presiden mengangkat pejabat Kepala Daerah tersebut.


“Sebagai informasi, tugas Plh. Bupati adalah melaksanakan tugas pemerintahan sedangkan yang berkaitan dengan pengambilan kebijakan yang bersifat strategis, keuangan, kelembagaan, personil dan aspek perijinan serta kebijakan strategis lainnya dilaksanakan setelah mendapat izin dari Gubernur. Selanjutnya penyelenggara wewenang dan kewajiban Bupati yang bersifat strategis dilaksanakan dengan terlebih dahulu berkoordinasi dan melaporkannya serta mempertanggung jawabkannya kepada Gubernur Sumatera Utara,” jelas lagi.


Plh. Bupati tak lupa mengapresiasi kinerja dan prestasi yang telah dicapai oleh Bupati dan Wakil Bupati Sergai yang selama masa periode kepemimpinannya telah bekerja semaksimal mungkin demi kepentingan daerah.


“Sebagaimana yang tercantum dalam lembaran memori jabatan yang telah diserahterimakan ini, keberhasilan prestasi tentu dilihat dari indikator ketercapaian visi yaitu menjadikan Kabupaten Sergai yang unggul, inovatif dan berkelanjutan. Inilah ukuran normatif dalam melihat keberhasilan yang sudah dicapai. Untuk seluruh prestasi yang telah dipersembahkan, kami seluruh masyarakat Kabupaten Sergai menyampaikan rasa terima kasih yang tidak terhingga. Semoga prestasi dan kinerja baik yang telah dilakukan menjadi tonggak sejarah atas pengabdian terhadap nusa dan bangsa khususnya bagi Kabupaten Sergai,” tuturnya.


Terakhir, Faisal Hasrimy mengingatkan jika tantangan masa depan bangsa ini akan lebih berat, kompleksitas permasalahan akan semakin tinggi.


“Untuk itu kami nantinya akan "berguru" kepada para pinisepuh Kabupaten Sergai, terkhusus kepada Bapak Ir. H. Soekirman yang telah mengabdikan dirinya semenjak tahun 2005. Banyak pengalaman yang bisa diperoleh dari beliau untuk memajukan daerah ini,” pungkasnya.


Hadir langsung dalam kegiatan ini Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang, S.H., M,Hum, Kajari Sergai Paian Tumanggor, SH, Ketua GOPTKI Sergai Ny. Hj. Rosmaida Darma Wijaya, Ketua DWP Sergai. Ny. Uke Retno Faisal Hasrimy, Para Asisiten, Staf Ahli dan Kepala OPD.


Serah Terima Aset Inventaris


Sebelumnya di hari yang sama, Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman dan Wakil Bupati H. Darma Wijaya melaksanakan penyerahan aset inventaris setelah masa jabatannya selama 5 tahun (2016-2021) berakhir hari ini, 17 Februari 2021, bertempat di halaman Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah.

“Aset inventaris yang diamanahkan kepada kami diberikan dalam keadaan baik dan pada hari ini juga kami kembalikan dalam keadaan baik. Walau barang-barang ini bukan milik kami, tapi kami menjaganya dengan sebaik mungkin. Ini merupakan bentuk dedikasi kami dalam menjaga kepercayaan yang diberikan,” kata Wabup Darma Wijaya dalam sambutannya.


Tak lupa, Darma Wijaya menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat Kabupaten Sergai atas kerja sama dan sinerginya selama pasangan “Bersaudara” memegang tangkup kepemimpinan di Tanah Bertuah Negeri Beradat.


“Kami berharap kerja sama serupa dapat tetap terjalin erat pada periode kepemimpinan saya berikutnya bersama Bapak H. Adlin Tambunan demi mewujudkan Sergai yang “Maju Terus”, Mandiri, Sejahtera dan Religius,” ungkapnya.


Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sergai H.M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, menyebut jika kegiatan hari ini bisa menjadi contoh dan pembelajaran bagi banyak pihak terutama bagi ASN perihal bagaimana amanah inventaris yang dititipkan kepada Bupati dan Wakil Bupati telah dijaga dengan baik sampai waktu pengembalian tiba.


“Barang yang dikembalikan kemudian akan disimpan dan dirawat sebaik-baiknya untuk masa berikutnya sambil menunggu acara pelantikan berdasarkan hasil video conference dengan Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri. Dalam rakor virtual beberapa waktu yang lalu disampaikan bahwa pelantikan Kepala Daerah di Sumut diagendakan terlaksana pada minggu ke IV bulan Februari 2021. Terakhir mari berdoa, berharap dan berusaha agar kita tetap dalam keadaan sehat di masa pandemi Covid-19 ini,” pungkasnya.


Pengembalian aset kemudian ditandai dengan penandatanganan Berita Acara Pengembalian Aset yang disaksikan Sekdakab Sergai, Ketua GOPTKI Ny. Hj. Rosmaida Darma Wijaya serta Asisten Pemerintahan dan Kesra Hj. Nina Deliana, S.Sos, M.Si, Inspektur Sergai H. Gustian SE, MM, Ak, dan Kadis Kominfo H. Akmal, AP, M.Si.**(DS)

COMMENTS



Name

ADVERTORIAL,3,ARTIKEL,7,BATAM,36,BENGKALIS,224,BENGKULU,1,BISNIS,1,BOGOR,1,COVID 19,15,DUMAI,6,DUNIA ISLAM,4,DURI,2,EKONOMI,8,FOTO,3,huk,1,HUKUM,91,INDRAGIRI HILIR,7,INDRAGIRI HULU,2,INTERNASIONAL,8,JAMBI,3,KALIMANTAN BARAT,1,kam,1,KAMPAR,965,KANDIS,66,KESEHATAN,7,KKN Mahasiswa,7,KOTA PEKANBARU,51,KREASIMU,6,KUANTAN SINGINGI,9,MUARA JAMBI,36,NASIONAL,205,NTT,3,OLAHRAGA,30,OPINI,3,PEKANBARU,147,PELALAWAN,8,PENDIDIKAN,32,PERAWANG,1,POLITIK,15,RIAU,260,ROKAN HILIR,5,ROKAN HULU,3,SERDANG BEDAGAI,164,SIAK,213,SUMATERA BARAT,16,SUMATERA UTARA,13,SURABAYA,1,WISATA,3,
ltr
item
REDAKSIRIAU.COM: Serah Terima Jabatan, Sekdakab Sergai Resmi Jadi Plh. Bupati
Serah Terima Jabatan, Sekdakab Sergai Resmi Jadi Plh. Bupati
https://1.bp.blogspot.com/-Nf0TkZLHy3s/YC24WCD7VPI/AAAAAAAAInc/PGGwOXEB-9ATF7O3XSzwyhi7ESdVtwZ0QCNcBGAsYHQ/s320/20210218_071902.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-Nf0TkZLHy3s/YC24WCD7VPI/AAAAAAAAInc/PGGwOXEB-9ATF7O3XSzwyhi7ESdVtwZ0QCNcBGAsYHQ/s72-c/20210218_071902.jpg
REDAKSIRIAU.COM
https://www.redaksiriau.com/2021/02/serah-terima-jabatan-sekdakab-sergai.html
https://www.redaksiriau.com/
https://www.redaksiriau.com/
https://www.redaksiriau.com/2021/02/serah-terima-jabatan-sekdakab-sergai.html
true
8391046594614306514
UTF-8
Loaded All Posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy