-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Miris..!! Proyek ADD/DD Desa Sipungguk Tanpa Papan Informasi : Warga " Diduga Penggunaan DD Sipungguk Tidak Transparan.."

Friday 5 February 2021 | Friday, February 05, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-02-05T15:21:36Z


 




Kampar,(Redaksiriau.com) - Pembangunan Jalan Setapak di Desa Sipungguk tanpa dipasang Papan Informasi "hasil pantauan awak media dilapangan di Desa Sipungguk Kecamatan Salo Kabupaten Kampar Provinsi Riau, Selasa  (01/02/2021), pembangunan jalan setapak cor beton di Desa Sipungguk tidak ditemukan papan informasi/papan proyek.

Masyarakat Desa mempertanyakan penggunaan Anggaran Dana Desa (ADD/DD) sumber dananya dari APBN yang dikelola Pemerintah Desa (Pemdes), Pasalnya pekerjaan fisik Jalan Setapak di Desa kami ada dua titik, yang satu di Dusun 4/RW 01 RT 01, yang satu lagi di Wisata Sungai Gelombang,"ujarnya.

Ia menambahkan bahwa itu semua tanpa pemasangan papan nama/informasi, sehingga susah untuk membedakan antara proyek Dinas dengan proyek Desa."ucapnya lagi.

Menyikapi hal ini, masyarakat meminta kepada Pemerintah Kabupaten Kampar atau instansi terkait meninjau lokasi proyek, untuk pelaksanaan proyek dari ADD/DD, apakah ada pemasangan papan nama/informasi..?? biar nampak transparan dalam penggunaan ADD/DD dan jelas berapa anggaran yang dikelolah,"Jelasnya Kepada Wartawan.

Hal ini, bertujuan untuk mewujudkan transparansi dalam pemanfaatan Dana Desa kepada masyarakat. Selain itu sesuai instruksi dari Kementerian Desa yang meminta para Pemdes terutama Kepala Desa untuk transparan dalam pelaksanaan Dana Desa, sesuai dengan aturan undang-undang tentang Pemerintah Desa,” tuturnya.

Wakil Ketua Lembaga Gerakan Masyarakat Raya (Gemantararaya) DPD Provinsi Riau, saat dimintai tanggapannya menuturkan bahwa Setiap proyek tanpa papan informasi proyek merupakan sebuah ketidak transpranan terhadap publik, yakni Undang-Undang (UU) nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP),"Sebutnya.

Plang informasi proyek itu bertujuan agar pelaksanaan setiap pembangunan dapat berjalan dengan transparan, jika tidak ada transparansi dalam pembangunan tersebut yaaa..kuat dugaan adanya indikasi korupsi.

Saat dikomfirmasi terkait pembangunan jalan setapak cor beton, Kepala Desa Sipungguk dikediamannya Selasa Sore 1/2/2021 (Abu Bakar) masalah papan informasi, apa ngak di pasang sama TPK nya, itu TPK nya Kadus Marhalim. Pembangunan jalan itu dua titik dan Panjangnya 200 Meter,"Tutupnya.**(red/rls)








×
Berita Terbaru Update