-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kelompok Tani Hutan "Sebar" Binaan Kodim 0313/KPR Di Kunjungi Menteri LHK RI

Friday 13 November 2020 | Friday, November 13, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2020-11-25T09:06:02Z



Tapung,(Redaksiriau.com) - Menjadi kebanggaan tersendiri bagi warga Desa Muktisari Kec.Tapung Kab. Kampar karena Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Dr. Ir Siti Nurbaya Bakar, M. Sc disela-sela kesibukannya hadir untuk Meresmikan Kebun Bibit Desa Program KLHK. sekaligus penyerahan bantuan Truck sampah, motor sampah, Bank Pesona, Jum'at (13/11/2020).

Hadir pada kunjungan tersebut, Gubernur Riau Bapak Drs. H. Syamsuar M Si, Kapolda Riau Irjen Agung Setya IE, Kasrem 031/WB Kolonel Inf Junaidi M,S.Sos, Bupati Kampar Bapak Catur Sugeng, Kasdim Mayor ARH Gunawan SH, Kapolres Kampar AKBP Kholid SIK, Camat Tapung Bapak Amri, Camat Tapung Hulu Bapak Sutani, Kepala Desa Mukti Sari Bapak Mardi, Ketua Kelompok Tani KBD Bapak Joko Sutarman dan Tokoh Pemuda, Tokoh Adat serta Tokoh Agama setempat.


Menteri menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada jajaran Pemerintah Daerah, TNI, POLRI, KTH, LSM, PKSM, Para Rimbawan-Rimbawati serta seluruh lapisan masyarakat atas komitmen dan kerjasama yang baik dalam upaya peningkatan kualitas lingkungan hidup dan kesejahteraan masyarakat. 


Kelompok Tani Sebar sendiri merupakan Binaan Kodim 0313/ KPR dalam hal ini Koramil 16/Tapung sebagai pelaksana pendampingan, hal ini dalam rangka  mewujudkan hutan yang lestari dan kesejahteraan rakyat 


KBD adalah unit persemaian sederhana yang dibangun di Desa melalui fasilitasi UPT Ditjen PDASHL Kementerian LHK. Program KBD ini telah dimulai sejak tahun 2019. Untuk wilayah kerja BPDASHL Indragiri Rokan yang meliputi Provinsi Riau dan Sumatera Barat telah dibangun sebanyak 37 unit KBD pada tahun 2020 dengan jumlah bibit sebanyak 1.480.000 batang, termasuk salah satunya yang ada di Desa Muktisari dan menjadi objek kunjungan Menteri karena dinilai yang terbaik.


Jenis bibit di KBD Muktisari diantaranya Petai, Matoa, Pinang, Mahoni, Cempedak, Manggis, Gaharu, Tampui, Durian, Aren, Nyamplung, dan Ketapang Kencana.


Kelompok Tani Hutan Sendang Berkah Aryasatya atau KTH SEBAR,  diketuai oleh H. Kijan dan memiliki anggota aktif 40 orang  yang selalu didampingi Babinsa Sertu Anas .


KTH Sebar menjalin mitra dengan banyak kalangan untuk melakukan kegiatan penghijauan sekaligus meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar. Diantaranya dengan TNI, Polri, dan swasta.


Awal Oktober 2020, melalui fasilitasi Korem 031/WB dan Kodim 0313/KPR, pertama kali masuk usulan KBD ke BPDASHL Indragiri Rokan, diwakili oleh KTH SEBAR.**(red)

×
Berita Terbaru Update