-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kadis Ketahanan Pangan Kampar Resmikan Percontohan Program OCU MAPAN Di Kecamatan Salo

Wednesday 18 November 2020 | Wednesday, November 18, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2020-11-23T12:15:26Z


 


Kampar,(Redaksiriau.com) - Guna memanfaatkan lahan tidur dan tidak terpakai, Marhalim S.Pt selaku Project Leader Lahan Percontohan OCU MAPAN ( Optimalisasi Cara Untuk Mandiri Pangan) yang bekerjasama dengan Kelompok Wanita Tani ( KWT) membuat sebuah terobosan untuk meningkatkan Ketahanan Pangan di Kabupaten Kampar melalui Program OCU MAPAN yang bertempat di Dusun Sembiri Desa Ganting, Kecamatan Salo, Kabupaten Kampar, yang pada hari ini diresmikan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kampar, Ir.Cokroaminoto,MM.

(Foto : Project leader Program Ocu Mapan Murhalim.S.Pt yang juga sebagai Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Kab.Kampar)


Terlihat saat peresmian proyek percontohan turut dihadiri Camat Salo Minda S.H, Kades Ganting Zubaidah SE, Kabid  Ketersediaan dan kerawanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Alamin, Kabid Cadangan dan Harga Pangan Dinas Ketahanan Pangan Nurmaini, Kabid Keamanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Akma Wijaya, Perangkat-perangkat Desa Ganting dan Kelompok Wanita Tani Cempaka Putih.


Menurut Project Leader Marhalim S.Pt yang juga diketahui sebagai Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Kampar, mengungkapkan bahwasanya kegiatan ini kita buat untuk memanfaatkan lahan-lahan yang tidur dan tidak terpakai agar dapat kita gunakan untuk lahan produktif.


"Disamping itu, kita juga mengikuti PKA (Pelatihan Kepemimpinan Administrator) di Kemendagri RI, jadi salah satunya kita dituntut membuat suatu perubahan. Oleh karena itu saya yang selaku Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Kampar, membuat suatu terobosan dengan program OCU MAPAN dengan judul 'Upaya Peningkatan Produksi Pangan Melalui Inovasi OCU MAPAN untuk meningkatkan Ketahanan Pangan di Kabupaten Kampar' " Ungkap Marhalim kepada awak media Rabu,18/11/2020


Dijelaskan Marhalim S.Pt, Inovasi Ocu Mapan itu sendiri adalah inovasi Peningkatan Ketahanan Pangan tujuannya adalah meningkatkan produksi pangan  di Kabupaten Kampar.


"Dan OCU MAPAN ( Optimalisasi Cara Untuk Mandiri Pangan) ini sendiri merupakan program unggulan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kampar. Yang mana kita bisa memanfaatkan lahan yang tidur untuk membuat sebagai lahan produktif seperti bercocok tanam dan berternak. Agar tujuannya juga supaya bisa meningkatkan Ketahanan Pangan untuk masyarakat " Jelas Marhalim S.Pt selaku Project Leader sekaligus Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan


Untuk diketahui pantauan dilapangan, Proyek Percontohan OCU MAPAN yang dibina Marhalim S.Pt ini merupakan paket lengkap yang terdapat disuatu lahan itu terdiri Sayur-sayuran, Cabe, Buah-buahan, Bumbuh-bumbu Masakan, Ternak Ikan Lele, dan Ternak Ayam Kampung.


Terakhir, Marhalim S.Pt berharap kepada masyarakat, agar dengan adanya Proyek Percontohan ini, supaya masyarakat bisa mengikutinya dan memanfaatkan lahan-lahan atau perkarangan rumah supaya bisa menjadi produktif.**(red)

×
Berita Terbaru Update