Terkait Penyulingan Minyak Illegal Di Dumai, Polda Riau Dalami Peran Korporasi

Pekanbaru, (Redaksiriau.com) -Terkait  Perkembangan terkini dari kasus pencurian minyak sekaligus penyulingan minyak ilegal, penyidik Di...


Pekanbaru, (Redaksiriau.com) -Terkait Perkembangan terkini dari kasus pencurian minyak sekaligus penyulingan minyak ilegal, penyidik Ditkrimsus menduga adanya pelaku lain. Karakter dari kadar minyak yang berbeda membuat penyidik menduga kuat sebagian besar minyak mentah yang disuling secara ilegal tersebut berasal dari sumber lain.

Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Efendy SH SIK MSI mengatakan bahwa dari 46 ton minyak hasil curian itu telah dilakukan identifikasi. Hasilnya adalah patut diduga minyak tersebut bukan hanya berasal dari pembersihan kilang yang dilakukan PT AU. “Kuat dugaan adanya sumber lain,” terangnya pada Rabu (22/7/2020).

Karakter minyak dari hasil pembersihan itu lebih kotor karena tercampur air dan lumpur. Kandungan minyak mentahnya juga sedikit sekali.
“Namun ada minyak yang kualitasnya sangat bagus yang diduga berasal dari pengeboran pipa Blok Rokan,” jelasnya.

Menanggapi tentang kemungkinan minyak mentah tersebut berasal dari kilang ilegal, Irjen Agung berkeyakinan bahwa hal tersebut sangat kecil kemungkinannya.

“Untuk memperoleh minyak itu pengeborannya sangat dalam, jadi kecil sekali kemungkinan itu,” jelasnya.

Kapolda yang juga pencipta aplikasi Dashboard Lancang Kuning itu menjelaskan perlunya dipahami bahwa penyulingan minyak ilegal itu adalah muara dari pencurian minyak yang terjadi. Artinya bahwa dengan membongkar penyulingan ilegal ini bisa mendeteksi pencurian minyak yang selama ini terjadi.

“Diharapkan pengungkapan ini bisa menghentikan semua pencurian yang terjadi,” harapnya optimis.

Penyidik sedang mendalami peran dari korporasi  (PT AU), karena pengangkutan minyak sampai ke lokasi penyulingan itu menggunakan truk milik korporasi tersebut. Padahal diketahui bahwa truk tersebut sudah dipasang GPS oleh pihak perusahaan.

“Artinya ini kan terpantau kemanapun jalurnya, ini sedang kami dalami”, bebernya.

Mantan Direktur di BIN ini juga menjelaskan dalam kondisi ekonomi seperti saat ini Polda Riau sangat konsen terhadap adanya kasus kasus kejahatan ekonomi. Terutama, yang bisa merugikan negara.

“Minyak dari Blok Rokan ini adalah aset negara, yang akan mensupport keuangan negara. Jadi kalau minyaknya dicuri, maka  yang merugi itu negara,” tegasnya.

Olehnya itu, Irjen Agung bertekad untuk menghentikan semua bentuk pencurian minyak atau illegal tapping di Riau dengan menetapkan zero illegal tapping.
Dengan demikian, maka aset negara akan menyumbang pendapatan negara secara maksimal.

“Dengan demikian maka akhirnya keuangan negara bisa digunakan untuk memperbaiki kesejahteraan masyarakat dengan baik,” ujarnya.

Sumber : Humas Polda Riau/Amir

COMMENTS

Name

ADVERTORIAL,2,ARTIKEL,7,BATAM,11,BENGKALIS,221,BISNIS,1,COVID 19,13,DUMAI,4,DUNIA ISLAM,2,DURI,2,EKONOMI,7,FOTO,3,huk,1,HUKUM,48,INDRAGIRI HILIR,5,INTERNASIONAL,4,KALIMANTAN BARAT,1,KAMPAR,700,KANDIS,66,KESEHATAN,7,KOTA PEKANBARU,28,KREASIMU,6,KUANTAN SINGINGI,6,MUARA JAMBI,2,NASIONAL,113,OLAHRAGA,22,OPINI,3,PEKANBARU,102,PELALAWAN,6,PENDIDIKAN,25,PERAWANG,1,POLITIK,13,RIAU,79,ROKAN HILIR,3,ROKAN HULU,2,SERDANG BEDAGAI,67,SIAK,197,SUMATERA BARAT,1,SUMATERA UTARA,3,WISATA,3,
ltr
item
REDAKSIRIAU.COM: Terkait Penyulingan Minyak Illegal Di Dumai, Polda Riau Dalami Peran Korporasi
Terkait Penyulingan Minyak Illegal Di Dumai, Polda Riau Dalami Peran Korporasi
https://1.bp.blogspot.com/-WUTn0VAUmj0/XxjGSCSKxcI/AAAAAAAAEjk/lrfRcG_-Zj83FjBFiPbIxnvku5czss8fgCLcBGAsYHQ/s320/IMG-20200722-WA0057.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-WUTn0VAUmj0/XxjGSCSKxcI/AAAAAAAAEjk/lrfRcG_-Zj83FjBFiPbIxnvku5czss8fgCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200722-WA0057.jpg
REDAKSIRIAU.COM
https://www.redaksiriau.com/2020/07/terkait-penyulingan-minyak-illegal-di.html
https://www.redaksiriau.com/
https://www.redaksiriau.com/
https://www.redaksiriau.com/2020/07/terkait-penyulingan-minyak-illegal-di.html
true
8391046594614306514
UTF-8
Loaded All Posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy