-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Lebih Mudah, Praktis dan Aman, Tim Relawan COVID-19 UNRI Sosialisasikan Pembuatan Hand Sanitizer

Sunday 28 June 2020 | Sunday, June 28, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2020-06-29T07:39:02Z


Pekanbaru, (Redaksiriau.com) - Seiring mewabahnya kasus infeksi virus corona atau COVID-19 di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia, masyarakat mulai menyadari pentingnya higienitas, salah satunya melalui penggunaan hand sanitizer atau produk pembersih tangan.

Namun, karena membludaknya kebutuhan warga  hal ini malah berujung semakin sulitnya menemukan produk hand sanitizer di sejumlah apotek dan toko.

Sebagian orang lalu mulai berkreasi, membuat produk pembersih tangan sendiri (DIY hand sanitizer), dengan menggunakan bahan yang diyakini lebih aman dan bahan dasar yang mudah didapat, seperti yang dilakukan oleh tim relawan covid -19 UNRI.

Mereka pada Sabtu (27/06) melakukan sosialisasi pembuatan hand sanitizer berbahan dasar alami yang lebih mudah diperoleh, praktis dan aman kepada warga Kelurahan Kota Tinggi, Kecamatan Pekanbaru Kota. Adapun bahan yang digunakan ialah Daun sirih dan perasan jeruk nipis.

Hand Sanitizer merupakan cairan, gel atau busa pembersih tangan yang tidak memerlukan air untuk membilasnya. Biasanya dalam pembuatannya digunakan kadar 70% alkohol, namun kali ini tim relawan COVID-19  UNRI yang beranggotakan Aldy, Annie, Defri, Ega, Melissa, Qawy, Rohim dan Zikri sosialisasikan pembuatan hand sanitizer secara alami dengan daun sirih digunakan sebagai pengganti alkohol dan perasan jeruk nipis.

 “Awalnya daun sirih direbus dengan air, setelah mendidih diambil hasil rebusannya, saring menggunakan penyaringan, dan tambah sedikit perasan jeruk nipis agar bau daun sirih tidak terlalu menyengat, pembuatan hand sanitizer ini memang terkesan mudah, tapi ini cukup berguna sebagai anti bakterial saat kita berpergian keluar rumah” ujar Aldy salah satu Tim Relawan kepada Media.

Kegiatan ini mendapatkan apresiasi dari Ketua RT hingga warga setempat yang turut mengikuti kegiatan pembuatan hand sanitizer alami ini. “Kami sangat berterima kasih kepada adik-adik mahasiswa yang mau membagikan ilmunya kepada warga, tentang pembuatan hand sanitizer dari daun sirih dan jeruk nipis ini, tentu saja ini sangat bermanfaat di tengah kondisi pandemi yang belum kunjung usai guna mencegah penularan COVID-19 semakin meluas” Kata salah satu warga Kelurahan Kota Tinggi.***(Red).







×
Berita Terbaru Update