-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

“Kelompok KKN Relawan Covid’19 Universitas Riau Gunakan Baleho dan Poster Sebagai Media Komunikatif Pencegahan Covid’19 Era New Normal di Kecamatan Tenayan Raya”

Friday 19 June 2020 | Friday, June 19, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2020-06-20T02:10:04Z


Pemerintah Kota Pekanbaru telah menetapkan bahwa Kota Pekanbaru memasuki masa transisi dari PSBB ke arah status New Normal atau Pola Hidup Baru (PHB). Meski demikian status New Normal tidak dapat dipastikan seutuhnya karena masih terdapat  beberapa wilayah di Kota Pekanbaru yang berstatus zona kuning. Walaupaun dapat dikatakan menuju masa transisi menuju Era New Normal, akan tetapi Pemerintah Kota Pekanbaru tetap menghimbau kepada masyarakat untuk terus memperhatikan protokol kesehatan. Salah satunya yaitu dengan cara mengingatkan masyarakat agar tetap menggunakan masker ketika melakukan kegiatan di luar rumah, mencucitangan sebelum dan sesudah melaksanakan aktifitas dan selalu memperhatikan social distancing.

Senin (15/06/2020), Kelompok Mahasiswa KKN Relawan Covid’19 Kecamatan Tenayan Raya, melakukan bentuk kegiatan sosialisasi tentang pencegahan Covid’19 di Era New Normal. Kegiatan sosialisasi tersebut dilakukan dibeberapa tempat yaitu kelurahan Pebatuan, Kelurahan Mentagor, Kelurahan Sialang Sakti, jalan menuju Kantor Camat Tenayan Raya, beberapa masjid di Kecamatan Tenayan Raya dan beberapa Gereja di Kecamatan Tenayan Raya. Untuk menjaga social distencing dalam pelaksanaan sosialisasi tersebut, Mahasiswa KKN Relawan Covid’19 Kecamatan Tenayan Raya  menggunakan sepanduk/baleho dan poster sebagai media sosialisasi. Adapun bentuk dari sosialisasi tersebut adalah himbauan kepada masyarakat tentang cara-cara pencegahan penyebaran Covid’19 di Era New Normal.

Sosialiasi tersebut diharapkan dapat menambah informasi yang bermanfaat dan pengetahuan bagi masyarakat Kecamatan Tenayan Raya dalam mencegah penyebaran Covid’19 di Era New Normal, yang belum dapat dikatakan sebagai situasi yang normal. Pentingnya menjaga pola hidup yang sehat dan bersih untuk melakukan pencegahan terhadap penyebaran Covid’19. Walaupaun sebenarnya sosialisasi tersebut bersifat komunikasi yang tidak aktif atau pasif hanya sekedar memberi tahukan tentang tatacara pencegahan Covid’19 di Era New Normal akan tetapi diharapkan dapat membantu pemahaman masyarakat tentang Pencegahan Covid’19 di Era New Normal di Kecamatan Tenayan Raya. Salah satu tanggapan dari Ketua Relawan Covid’19 Kecamatan Tenayan Raya sebagai berikut:

“Sosialisasi ini sengaja kami lakukan dengan menggunakan baleho dan poster saja karena alasannya adalah salah satunya yaitu mencegah adanya keramaian, karena kan tidak boleh berkumpul banyak orang dalam satu ruangan atau menjaga social distancing, saya mengetahui bahwa sosialisasi menggunakan media baleho dan poster ini akan menjadikan komunikasi yang pasif tidak ada tanya jawab, tidak ada diskusi kekurangannya juga budaya baca masyarakat sangat kurang salah satunya, akan tetapi kami berharap sosialiasi kami ketempat-tempat umum, pasar, kantor dan masjid ini dapat dipahami oleh masyarakat tentang pentingnya melindungi diri di era new normal ini”.(15 Juni 2020)

Kegiatan sosialisasi tersebut disambut oleh beberapa pihak kelurahan dan masyarakat Kecamatan Tenayan Raya. Sehingga kegiatan tersebut dapat berjalan dengan lancar dan diterima oleh pihak Keluarahan dan masyarakat Kecamatan Tenayan Raya. Kegiatan sosialisasi tersebut berlangsung selama dua hari yaitu hari Senin,15 Juni 2020-Selasa,16 Juni 2020, pelaksanaan sosialisasi dimulai pada pukul 09:00-14:00 WIB.


  • Tim KKN Relawan Covid’19 Universitas Riau
  • Senin, 15 Juni 2020









×
Berita Terbaru Update