-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Sosialisasi PSC, KadisKes Kampar Minta Dukungan dan Partisipasi Setiap Stakeholder

Friday 31 January 2020 | Friday, January 31, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2020-01-31T08:05:08Z

KAMPAR - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar Dedy Sambudi SKM, M.Kes melakukan sosialisasi tentang Public Safety Center (PSC) dan turut mengundang setiap Stakeholder di aula Dinas Kesehatan, Jumat (31/1/20).

Kadis Kesehatan Kampar, Dedy Sambudi, SKM, M.Kes menerangkan, bahwa PSC merupakan ujung tombak kegawatdaruratan masyarakat untuk mendapatkan respon cepat serta juga dapat memberikan pelayanan rujukan yang diminta. Arti lain PSC berupa unit kerja sebagai wadah koordinasi untuk memberikan pelayanan gawat darurat secara cepat dan tepat bagi masyarakat. Serta pelayanan ini selama 1x24 jam akan ditanggung oleh Jamkesda selanjutnya akan dialihkan dengan jaminan kesehatan atau pribadi oleh masyarakat itu sendiri. 

"Untuk itu saya meminta dukungan dan doa restu terhadap setiap stakeholder dan lintas sektor yang berkaitan dengan pertolongan seperti Polisi, TNI, TAGANA maupun rumah sakit dan sebagainya dapat ikut serta berperan aktif di setiap wilayah," ujar Dedy.

Dikatakan Dedy, nantinya PSC dinas kesehatan akan menyediakan 2 ambulance yang siap sedia menuju ke lokasi, 1 orang dokter dan 20 petugas medis. Hal tersebut sudah sesuai standar peraturan menteri kesehatan. 

“Kita semua ingin membangun sistem serta akan selalu memperbaiki kekurangannya sehingga dapat menyempurkan program ini," ungkapnya.

Pantauan awak media, dalam kegiatan sosialisasi ini dokter sekaligus kepala penanggungjawab program PSC dr. Irwan Herli menyampaikan persentase atau hal-hal terkait program PSC tersebut.

“Seperti biasa kalau ada kecelakaan di suatu daerah biasanya yang membantu adalah masyarakat atau tenaga non profesional, nantinya kalau ada PSC ini dapat memberikan pertolongan pertama atau tindakan cepat terhadap korban kemudian memberikan pelayanan lanjutan," Ujar Irwan.

Ditambahkan dr. Irwan, PSC akan launching pada tanggal 5 Februari 2020 tepat dengan hari jadi Kabupaten Kampar dan peresmian puskesmas Bangkinang Kota. Sementara nomor yang dapat diakses oleh masyarakat adalah 08117699119, nantinya jika PSC kampar telah memiliki sistem aplikasi, baru lah nomor tersebut akan di ubah ke 119. Dengan menghubungi nomor tersebut maka operator akan langsung menghubungi Fasilitas Kesehatan terdekat untuk pelayanan Ambulance dan juga sektor lain yang terkait dengan  kejadian seperti kepolisian, BPDD atau PMI.

"Dengan launching nya PSC tersebut, diharapkan semoga langsung dapat memberikan pelayanan ke masyarakat. Sehingga pelayanan kegawat daruratan medis di Kampar akan lebih baik dan yang terpenting teritegrasi dengan baik," imbuhnya.

Penulis : Canggih/rls







×
Berita Terbaru Update