-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Penebaran 1000 Benih Lele Di Kolam Pokdakan Cahaya Utara Mandiri

Sunday 9 August 2020 | Sunday, August 09, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2020-08-12T13:19:07Z

Pekanbaru - Redaksiriau.com - Selasa,  (04/08/2020), Tim Pengabdian Universitas Riau 2020 melaksanakan kegiatan penebaran 1.000 benih ikan lele sebagai upaya pembudidayaan ikan lele. Kegiatan ini dilakasanakan di kolam “Cahaya Utara Mandiri” yang dikelola oleh Kelompok Pembudidaya Ikan (POKDAKAN) Kelurahan Tangkerang Utara.

Tim Pengabdian Universitas Riau beranggotakan 10 orang yang dibimbing oleh ibu dosen Dr Ir Adelina, M.Si terdiri dari Ridho Adha (FPK), Hass Kharisma Putra (FPK), Arum Fitria Ningsih (FMIPA), Arabiah (FEB), Hairul Bahri (FPK), Christanti Inviolita (FEB), Amanda Agnes Silviani (FEB), Ayu Wulandari (FKIP), Zulhafri Purba (FMIPA), Sappe M Naibaho (FAPERTA).

Seribu benih ikan lele yang berukuran panjang sekitar 7 cm hingga 9 cm dengan umur sekitar 2 minggu dipilih dengan selektif agar ikan lele memiliki daya tahan yang lebih kuat terhadap penyakit. Selain pemilihan benih ikan lele, cara menebarkan benih juga harus diperhatikan yaitu dengan meletakkan wadah benih pada kolam selama 15-30 menit dalam keadaan miring. Hal ini bertujuan agar benih ikan lele dapat beradaptasi sendiri dan tidak stres.

Penebaran benih dilakukan di pagi hari karena ikan lele cenderung lebih tenang. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua dan anggota POKDAKAN “Cahaya Utara Mandiri”, Bhabinkamtibmas, warga sekitar dan seluruh anggota Tim Pengabdian Universitas Riau. "saya berterimakasih atas kegiatan adik-adik sekalian, kegiatan ini dapat dijadikan awal dari pembudidayaan ikan lele di kolam ini" ungkap Ketua POKDAKAN, pak Burhan Budi.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat setempat dan hasil dari penebaran bibit ini dapat digunakan sebagai modal selanjutnya untuk pembudidayaan ikan lele oleh kelompok tani.







×
Berita Terbaru Update