-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pengabdian Masyarakat UNRI, Peracikan dan Pembagian Ramuan Herbal Jamu Jaticor (jamu anti corona) #jamuku tak sepahit masa lalumu di Kecamatan dan di Kelurahan Sail oleh Mahasiswa Relawan Covid Gelombang IV Kecamatan Sail )

Tuesday 21 July 2020 | Tuesday, July 21, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2020-07-22T05:40:43Z


Redaksiriau.com - Rabu, 24 Juni 2020, Mahasiswa Relawan Covid Gelombang IV Kecamatan Sail melaksanakan kegiatan pembuatan Jamu Jaticor (Jamu Anti Corona) #Jamuku tak sepahit masa lalumu dari mulai proses pembelian hingga proses peracikan rempah-rempah yang terdiri dari bahan-bahan alami seperti jahe, kunyit dan sereh. Adapun cara yang dapat dilakukan masyarakat untuk meningkatkan imunitas tubuh yaitu rutin berolahraga, mengkonsumsi sayur dan buah serta meminum obat-obatan alami (Herbal). Obat-obatan alami ini bisa didapatkan salah satunya dengan meminum minuman tradisional yang terdiri dari campuran bahan-bahan alami atau sering di sebut dengan jamu. Jamu olahan ini rencananya akan di distribusikan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) serta masyarakat di lingkungan Kecamatan Sail.

Kegiatan pembuatan dan pendistribusian jamu ini akan melibatkan semua anggota kelompok Mahasiswa Relawan Covid-19 Kecamatan Sail yaitu Rifal Rinaldi Rospandi (Fisip), Qorry Syahvika Indira (Fisip), Yunny Rachmawati (Fisip), Siti Khadijah (Fisip), Fani Latifah Ul Muslimah (Faperta), Sholihin Aszri (Fisip), Zukrina Isnaini (Fisip), Vera Miranda (Fisip), Lina Listiana (Fisip) dan Dwi Arini Yusmandani (Fisip).

Keesokan Harinya, mahasiswa relawan covid gelombang IV kecamatan sail melakukan proses penyaringan kembali jamu agar tidak ada rempah rempah yang tercampur, Pada Pukul 09.00 wib, Mahasiswa relawan covid gelombang IV kecamatan sail melakukan pembagian Jamu Jaticor ( jamu anti corona) #jamuku tak sepahit masa lalumu di kecamatan sail, yang mana proses pembagiannya dilakukan menggunakan gelas kecil dan menggunakan botol yang berstiker mahasiswa relawan covid gelombang IV kecamatan sail, pembagian Jamu tersebut dibagikan kepada Camat Sail (Bapak Fachrudin pangabean S.sos M.ap), sekertaris camat (Bapak Pondris Wandri S.pd Msi), Kasi Pemerintahan (Bapak Erwan Hadimulia S.sos) dan seluruh staf dan pegawai kecamatan sail. setelah itu, Mahasiswa Relawan Covid Gelombang IV Kecamatan Sail turun dalam bentuk pengabdian terhadap masyarakat sekitar kantor kecamatan Sail  untuk membagikan Jamu.

 

Setelah itu, Pukul 14.00 wib Mahasiswa Relawan Covid Gelombang IV Kecamatan Sail bergerak membagikan Jamu tersebut kepada pihak kelurahan di kecamatan sail yaitu kelurahan Cintaraja (Bapak Rizki A S.sos M.ip), kelurahan sukamaju (Bapak Abd Haris S.H) dan kelurahan sukamulia ( Bapak Sam Sahid S.sos). Setiap kelurahan menerima jamu jamu yang diracik sendiri oleh mahasiswa relawan covid gelombang IV kecamatan sail. Mahasiwa Relawan Covid Gelombang IV Kecamatan Sail juga membagikan Jamu jatikor kepada pihak satgas TNI, Bapak Pelda Syahrul Bersama dengan Pihak kepolisian, Aipda Beni dan Briptu Cindy.

Racikan jamu Jaticor adalah rempah rempah tradisional Indonesia seperti jahe, kunyit, sereh, dan pemanis nya gula merah dan asam Jawa, yang mana kandungan dan manfaat dari bahan bahan tersebut bisa melegakan tenggorokan yang gatal, menghangatkan tubuh, Membantu menurunkan berat badan, Berfungsi sebagai antioksidan, Membantu mengurangi kolesterol, Mengurangi bau mulut, Meningkatkan kekebalan tubuh, Meringankan peradangan, Detoksifikasi racun,  Meredakan mabuk perjalanan dan masalah pencernaan.

Menurut Rifal Rinaldi Rospandi sebagai Ketua tim relawan Covid Gelombang IV Kecamatan Sail "obat-obatan herbal tersebut yang kami beri nama Jamu Jaticor (jamu Anti Corona) #jamuku tak sepahit masa lalumu untuk menjaga imunitas yang diseimbangi dengan mengikuti protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, dan tetap menjaga kesehatan, apalagi musim sekarang yang masih dalam kondisi yang kurang sehat karena masih adanya virus Corona, maka kita semua harus menjaga kebersihan tiap-tiap indivu".(25/06/2020) (Cut)

 

 


×
Berita Terbaru Update