-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

DITENGAH MARAKNYA VIRUS COVID-19, BABINSA KORAMIL 16/TAPUNG SEMPATKAN KOMSOS DENGAN PEMBUAT TAHU SUMEDANG DI DESA TAPUNG MAKMUR

Saturday 4 April 2020 | Saturday, April 04, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2020-04-06T12:18:22Z


Tapung Hilir,(Redaksiriau.com) - Babinsa Koramil 16/Tapung Sertu Harjono selaku pembina masyarakat melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) kepada masyarakat pengolah tahu Sumedang, Minggu (05/04/2020).


Adapun pemilik olahan tahu Sumedang yang dikunjungi Babinsa tersebut yakni Tumingan yang berada di Rt 01 Rw 01 Desa Tapung Makmur, Kecamatan Tapung Hilir, Kab. Kampar.


Dari keterangan Tumingan selaku pemilik dan pembuat olahan rumahan tersebut, sebelum membutan tahu Sumedang dirinya merupakan buruh panen sawit, membuat tahu Sumedang yang sudah digelutinya selama kurang lebih 5 tahun dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang ditinggal di sekitar rumahnya.


Selain masyarakat setempat terangnya, juga ada para pedagang yang datang untuk membeli hasil olahan untuk dijual kembali ke pasar tradisional, kelebihan tahu Semedang dibanding tahu lain adalah berongga sehingga bila dimasak bumbunya langsung meresap dan enak juga buat cemilan.

"Bahan yang digunakan untuk pembuatan tahu adalah kacang kedelai, walaupun saat ini  masih merebaknya virus Covid-19 namun bahan tersebut masih gampang dibeli di kedai dan harganya juga masih relatif stabil di pasaran," jelasnya.

Kesulitan para pengrajin olahan tahu apabila bahan susah didapat dan juga harganya mahal. Hal tersebut tentu berdampak pada harga tahu yang akan mereka jual.

"Untuk mendongkrak kemajuan ekonomi keluarga serta kebutuhan sebagai sumber pangan dan lauk pauk masyarakat tentu harus memiliki keahlian dalam pembuatan tahu sumedang dengan situasi seperti ini diharapkan  para pengrajin produksi makanan  rumahan menjaga pola yang bersih dan memperhatikan standar Higemnitas ,dan pekerja tetap menggunakan masker dan  menjaga jarak  "kata Babinsa Sertu Harjono.


Laporan : Nefrizal Pili
×
Berita Terbaru Update