DPPKBP3A Gelar Sosialisasi KB Pasca Persalinan dan Keguguran

Kampar, (Redaksiriau.com) - Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupa...

Kampar, (Redaksiriau.com) - Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Kampar  menggelar sosialisasi  Keluarga Berencana (KB) Pasca Persalinan dan Pasca Keguguran bertempat di  aula kantor DPPKBP3A Kabupaten Kampar, Rabu (10/78/19). Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris DPPKBP3A Kabupaten Kampar Drg. Awal Haeniwati mewakili Kepala Dinas DPPKBP3A Kabupaten Kampar.

Menurut laporan Ketua Panitia Putria, bahwa  tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan  pengetahuan  pelaksana program KB yaitu PLKB, bidan, kader dan pasangan usia subur dalam memilih alat kontrasepsi setelah pasca  persalinan dan pasca keguguran.

Kegiatan ini  dilaksanakan satu hari, Rabu (10/7/19). Jumah peserta 48 orang  terdiri dari, bidan, PLKB, kader dan pasangan usia subur (PUS) dari  3 kecamatan yakni kecamatan  Gunung Sahilan,  kecamatan Siak dan kecamatan Kampa yang masing-masing kecamatan sebanyak 16 orang. Sedangkan narasumber satu orang dari RSUD Bangkinang Dr. Arvan SPOG dan 2 orang dari DPPKBP3A Drg Awal Haeniwati dan Irma Suryani.

Sekretaris DPPKBP3A Kabupaten Kampar Drg. Awal Haeniwati pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa  diera reformasi  saat ini, program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga masih tetap menjadi perhatian dan komitmen pemerintah. 

Dimana program ini masih tercantum  dan diamanatkan dalam Peraturan Presiden Nomor : 5  Tahun 2010 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2010-2014 dan Peraturan Presiden Nomor : 62  Tahun 2010 Tentang Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional yang telah direvisi menjadi Peraturan Presiden Nomor : 3 Tahun 2013. Sebagai tindak lanjut dari peraturan ini maka  kebijakan pembangunan kependudukan dan keluarga berencana dalam RPJMN 2010-2014 diarahkan kepada  pengendalian penduduk.

Disampaikan Drg. Awal bahwa  kondisi  saat ini menunjukkan bahwa wanita  berstatus kawin di Kabupaten Kampar telah mengetahui  tentang alat/obat kontrasepsi modern. Namun sayangnya pengetahuan  tersebut tidak diikuti dengan perilaku penggunaan kontrasepsi modern tersebut.

Diperkirakan sekitar  lebih kurang 53 %  saja wanita berstatus  kawin memakai kontrasepsi. Sementara  wanita kawin yang tahu tentang metode  amenotea laktasi (MAL) yaitu cara ber KB dengan memberikan ASI ekslusif hanya diperkiran kurang lebih 40 % saja.

Ditegaskan  Awal Haeniwati bahwa  untuk mewujudkan pembangunan yang berwawasan kependudukan dan keluarga kecil bahagia sejahtera maka semua petugas program keluarga  berencana dan kesehatan reproduksi (KB-KR) dilapangan dituntut lebih profesional dan mempunyai kompetensi dalam memberikan  informasi kepada masyarakat sesuai dengan sasaran yang  telah ditetapkan.

Salah satu program pemerintah  yang strategis dalam upaya pengaturan kelahiran adalah KB pasca persalinan dan pasca keguguran. Program ini diharapkan dapat  menanggulangi peningkatan angka kematian ibu dan bayi serta ledakan penduduk di Kabupaten Kampar.

Oleh sebab itu  Pemerintah Kabupaten Kampar melalui DPPKBP3A Kabupaten Kampar menyambut baik dilaksanakannya kegiatan sosialisasi KB pasca persalinan dan pasca keguguran yang merupakan upaya dalam meningkatkan pengetahuan petugas program KB-KR dilapangan dan kader  dalam memberikan KIE tentang perencanaan keluarga, pilihan kontrasepsi bagi ibu bersalin, ibu menyusui, metode KB pasca persalinan dan pasca keguguran, konseling dengan tujuan mengatur kelahiran, menjaga  jarak kehamilan dan menghindari ibu hamil yang tidak diinginkan melalui alat atau kontrasepsi setelah melahirkan dan setelah  mengalami keguguran.

Laporan : Redi Yusmar

COMMENTS

Name

BENGKALIS,55,DURI,2,EKONOMI,5,HUKUM,25,INTERNASIONAL,1,KAMPAR,113,KANDIS,63,KESEHATAN,6,KOTA PEKANBARU,20,KREASIMU,1,NASIONAL,27,OLAHRAGA,19,OPINI,3,PENDIDIKAN,22,POLITIK,8,RIAU,40,ROKAN HILIR,1,WISATA,3,
ltr
item
REDAKSIRIAU.COM: DPPKBP3A Gelar Sosialisasi KB Pasca Persalinan dan Keguguran
DPPKBP3A Gelar Sosialisasi KB Pasca Persalinan dan Keguguran
https://1.bp.blogspot.com/-wn643rosllE/XSWuJQcN8nI/AAAAAAAABoI/49LmWJLRaJ80NfmI-Dz-iBW3_vX-1FHeACLcBGAs/s320/IMG-20190710-WA0039.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-wn643rosllE/XSWuJQcN8nI/AAAAAAAABoI/49LmWJLRaJ80NfmI-Dz-iBW3_vX-1FHeACLcBGAs/s72-c/IMG-20190710-WA0039.jpg
REDAKSIRIAU.COM
http://www.redaksiriau.com/2019/07/dppkbp3a-gelar-sosialisasi-kb-pasca.html
http://www.redaksiriau.com/
http://www.redaksiriau.com/
http://www.redaksiriau.com/2019/07/dppkbp3a-gelar-sosialisasi-kb-pasca.html
true
8391046594614306514
UTF-8
Loaded All Posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy