Mengenal Sosok Bhabinkamtibmas Polsek Tualang Bripka Arya Sudarsa, Si Penggali Makam Korban Terpapar Corona

Siak, Redaksiriau.com - Sebagai pengayom dan pelindung serta pelayan bagi masyarakat tidaklah gampang. Bagaimana tidak, seseorang menjadi P...


Siak, Redaksiriau.com - Sebagai pengayom dan pelindung serta pelayan bagi masyarakat tidaklah gampang. Bagaimana tidak, seseorang menjadi Polisi di Indonesia dituntut demikian. Disamping berbagai tugas dalam penegakan hukum, Polisi diwajibkan mampu menjadi pembawa kedamaian diantara masyarakat dilingkungan masing-masing.

Jumlah perbandingan Polisi dengan masyarakat di Indonesia cukup jauh. Pada tahun 2017 silam, Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia Irjen Arief Sulistyanto mengatakan, perbandingan jumlah polisi yang direkrut dan purna tugas mengalami "zero growth".


Arief mengatakan, idealnya jumlah polisi dibandingkan masyarakat 1:350. Namun, perbandingannya saat ini sekitar 1:750. Arief mengatakan, jumlah polisi di setiap satuan wilayah tidak merata, kata Jenderal Bintang Dua kala itu.

Sama halnya dengan kondisi di Kepolisian Resort Siak tepatnya Polsek Tualang. Minimnya anggota Kepolisian, diharapkan mampu mensinergikan antara semua elemen masyarakat dengan Kepolisian.


Dari ratusan personil Polri di Polres Siak, ada nilai jual tersendiri atau nilai plus bahwa sosok Bhabinkamtibmas Brigadir Polisi Kepala Arya Sudarsa adalah salah satu Polisi berprestasi.

Prestasi yang diraih bukan isapan jempol belaka. Bisa kita bayangkan, bahwa ditengah minimnya personil Polisi kita, satu orang Polisi bisa memberikan pengaruh kuat bagi masyarakat.

Pengaruh Bripka Arya Sudarsa adalah pengaruh positif tentunya. Dalam kurun satu Minggu, jurnalis berusaha melakukan cross cek terkait aktifitas keseharian sang Bhabinkamtibmas Arya.

Dari pagi hingga malam hari, Bripka Arya Sudarsa mampu merespon masyarakat diwilayah binaannya dan melakukan sejumlah sosialisasi kepada masyarakat pada masa Pandemi Covid-19 saat ini.

"Sudah tugas rutin itu bang. Dan biasa. Tak ada yang istimewa bagi kami dalam bertugas. Apa yang terbaik bagi masyarakat, itulah yang kami lakukan. Perasaan letih dan capek itu nomor dua. Yang terpenting dan terutama bertugas dengan ikhlas dan bertanggungjawab," kata personil Polsek Tualang Bripka Arya Sudarsa saat diwawancarai, Sabtu (3/10/2020).

Baginya, tidak ada yang harus diistimewakan pada tugas dan aktivitasnya sebagai Polri. 

Membagi waktu untuk keluarga dan kedinasan salah satu pertanyaan jurnalis ini. Lagi-lagi Bhabinkamtibmas Polsek Tualang itu mengumbar senyum dan mengatakan 'Sudah terbiasa dengan kondisi saat ini, dan kita harus mampu menjadi seperti yang diharapkan oleh Pimpinan dan masyarakat'.

"Bukan saja sekedar tugas. Namun panggilan jiwa dibutuhkan dalam tugas sebagai seorang Bhabinkamtibmas. Kita harus kompak dengan semua masyarakat kalangan apapun dia. Baik pejabat maupun masyarakat kaum marjinal sekalipun. Kita harus punya sikap humanis menghadapi semua lapisan masyarakat," kata Arya.

"Soal membagi waktu dengan keluarga, saya pastinya berikan waktu saya diluar dinas. Walau terkadang waktu libur saya, ketika masyarakat membutuhkan kita, saya harus temui mereka, tanyakan apa yang bisa saya bantu. Semua hal itu saya kerjakan ikhlas dan semuanya untuk masyarakat. Sosok Polisi bukan lagi sosok yang harus ditakuti. Tetapi sosok humanis dan bermasyarakat, sehingga permasalahan di tengah-tengah masyarakat bisa kita selesaikan satu persatu," ujar Arya.

Kapolsek Tualang AKP M Faizal Ramzani SIK saat diminta tanggapannya menyampaikan, bahwa tuntutan tugas dan tanggungjawab pada masa Pandemi Covid-19 cukup berat. 

Namun, jika dikerjakan dengan ikhlas dan penuh semangat maka semua tugas dan beban itu terasa ringan dan mampu dilalui.

"Saya selalu menekankan dalam menjalankan tugas sebagai Polisi tidaklah gampang. Sebagai Polisi harus mampu mewujudkan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat. Karenanya, sinergitas antara Polri dan masyarakat sangat penting, untuk mempermudah kelancaran tugas tersebut. Apalagi pada masa Pandemi Covid-19 saat ini, masyarakat saya harapkan saling bersinergi dan memiliki kesadaran tinggi untuk menerapkan protokol kesehatan sebagai langkah pencegahan penularan virus Covid-19," kata Kapolsek Tualang.

Mantan Kasat Reskrim Polres Siak itu menambahkan bahwa dirinya memberikan apresiasi tinggi bagi personil Polsek Tualang yang menjalankan tugas dengan baik.

"Saya apresiasi dengan baik tugas dan tanggungjawab yang dilakukan personil kita. Saya bangga, bahwa kita Polisi sudah menjadi sahabat ditengah-tengah masyarakat. Bukan lagi sosok yang ditakuti, namun menjadi sosok yang humanis. Maka, saya berharap personil Bhabinkamtibmas yang bertugas tetaplah semangat dan senantiasa dalam perlindungan Tuhan Yang Maha Esa. Berinovasilah ditengah-tengah masyarakat kecamatan Tualang, sesuai dengan kaidah dan peraturan. Sebagai pimpinan pasti kita dukung," tandas AKP Faizal.

Sekedar diketahui, sejumlah penghargaan yang diterima oleh Bhabinkamtibmas Polsek Tualang Bripka Arya Sudarsa yakni, pada September tahun 2018 Bripka Arya Sudarsa menerima penghargaan dari Kapolres Siak AKBP Ahmad David SIK, bentuk apresiasi yang diberikan dalam rangka peran besarnya ikut mengungkap kasus peredaran obat berdosis tinggi yang bebas diperjualbelikan di Kelurahan Perawang.

Pada tahun yang sama, Kapolres Siak pada masa itu juga memberikan apresiasi terhadap kinerja Arya Sudarsa dalam rangka sebagai motivator dan penggagas pembangunan jembatan di kelurahan Perawang, saat itu jembatan dikabarkan roboh.

Juga di tahun 2018,  Bripka Arya Sudarsa menerima penghargaan dalam pengungkapan kasus Tenaga Kerja Asing yang masuk tanpa izin di Kelurahan Perawang.

Pada bulan Juli tahun 2019, oleh Kapolres Siak AKBP Ahmad David SIK memberikan penghargaan sebagai Juara kedua Bhabinkamtibmas Teladan dalam rangka Hari Bhayangkara kala itu.

Dan pada bulan September tahun 2020, Kapolsek Tualang AKP M Faizal Ramzani SH SIK MH menyerahkan piagam penghargaan, sebagai apresiasi atas kinerjanya turut serta menggali makam untuk jenazah korban meninggal dunia karena terpapar virus Corona. (Simon)

COMMENTS

Name

ADVERTORIAL,2,ARTIKEL,7,BENGKALIS,221,BISNIS,1,COVID 19,13,DUMAI,3,DUNIA ISLAM,2,DURI,2,EKONOMI,7,FOTO,3,huk,1,HUKUM,42,INDRAGIRI HILIR,5,INTERNASIONAL,4,KAMPAR,629,KANDIS,66,KESEHATAN,7,KOTA PEKANBARU,28,KREASIMU,6,KUANTAN SINGINGI,6,NASIONAL,85,OLAHRAGA,21,OPINI,3,PEKANBARU,99,PELALAWAN,6,PENDIDIKAN,25,PERAWANG,1,POLITIK,13,RIAU,76,ROKAN HILIR,3,ROKAN HULU,2,SERDANG BEDAGAI,41,SIAK,187,SUMATERA BARAT,1,SUMATERA UTARA,1,WISATA,3,
ltr
item
REDAKSIRIAU.COM: Mengenal Sosok Bhabinkamtibmas Polsek Tualang Bripka Arya Sudarsa, Si Penggali Makam Korban Terpapar Corona
Mengenal Sosok Bhabinkamtibmas Polsek Tualang Bripka Arya Sudarsa, Si Penggali Makam Korban Terpapar Corona
https://1.bp.blogspot.com/-6SOMhElq6Ts/X3gLIaE4SMI/AAAAAAAADYY/T5k5fXTp_Z0Og9v7sVvDcUqujey_6N3kgCNcBGAsYHQ/s320/WhatsApp%2BImage%2B2020-10-03%2Bat%2B12.13.58.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-6SOMhElq6Ts/X3gLIaE4SMI/AAAAAAAADYY/T5k5fXTp_Z0Og9v7sVvDcUqujey_6N3kgCNcBGAsYHQ/s72-c/WhatsApp%2BImage%2B2020-10-03%2Bat%2B12.13.58.jpeg
REDAKSIRIAU.COM
http://www.redaksiriau.com/2020/10/mengenal-sosok-bhabinkamtibmas-polsek.html
http://www.redaksiriau.com/
http://www.redaksiriau.com/
http://www.redaksiriau.com/2020/10/mengenal-sosok-bhabinkamtibmas-polsek.html
true
8391046594614306514
UTF-8
Loaded All Posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy