-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Mahasiswa Kukerta Integrasi Abdimas UR Eksplor Potensi Desa Muda Setia

Thursday 20 August 2020 | Thursday, August 20, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2020-08-21T04:31:28Z


Riau, (Redaksiriau.com) - Kegiatan eksplorasi potensi Desa yang digagas oleh Mahasiswa Kukerta (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Riau dengan bertemakan “ Eksplorasi Potensi Desa dibidang Pemerintahan Desa, Ekonomi, dan Sosial” yang diselenggarakan mulai dari tanggal 20 Juli 2020 hingga 01 Agustus 2020.

Kegiatan ini dimulai dari mengeksplor Desa yaitu Kantor Desa Muda Setia yang mana tim kukerta turut andil dalam rutinitas Aparatur Desa, seperti pembuatan KTP, KK, surat domisili, dan lain-lain.

Eksplorasi Potensi Desa dibidang perekonomian di desa Muda Setia mengalami penurunan yang diakibatkan oleh adanya pandemi covid-19 ini, yang mana tim kukerta sudah mewawancarai salah satu pedagang pandai besi di Desa Muda Setia.

Kepada media Zubir (42 tahun) berasal dari Jambi yang memiliki dua orang anak yang berada dikampung, beliau tinggal bersama istri dan ibunya di Desa Muda Setia tersebut. Dia sudah menekuni pekerjaan ini sejak tahun 2007 hingga sekarang, pandai besi adalah satu-satunya keahlian yang ia punya yang bisa mencukupi kebutuhannya sehari-hari bersama keluarga. Barang-barang pandai besi yang ia buat antara lain egrek, parang, sutil, pisau, tirisan minyak, sabit  dan lain-lain. Dengan adanya pandemi covid-19 ini pak Zubir mengalami penurunan perekonomian.

“Covid sangat berpengaruh pada penghasilan saya, biasanya dapat Rp.100.000,-/hari sekarang hanya Rp.60.000,-/hari” ucap Zubir.

Pandemi covid-19 ini sangat berpengaruh pada perekonomian di desa Muda Setia yang mana tidak hanya dari segi pedagang saja, namun pada pelaku perkebunan dan peternakan pun mnegalami penurunan ekonomi.

Eksplorasi potensi Desa dibidang sosial, tim kukerta turut andil dalam rutinitas pelaksanaan pembagian sembako kepada masyarakat setempat yang kurang mampu, yang mana dilakukan pada hari Jum’at disetiap minggunya oleh pengurus masjid Nurul Huda yang berada di desa Muda Setia.

“Pembagian sembako ini ditujukan kepada masyarakat kita yang kurang mampu, dilaksanakan setiap Jum’at dan di upload ke youtube, sebagai bukti kepada donatur serta dapat menginspirasi orang untuk terus bersedekah” ujar Ketua pengurus masjid Nurul Huda Desa Muda Setia.

Walaupun pandemi covid-19 melanda Negara kita saat ini, namun kegiatan sosial seperti pembagian sembako tidak harus terhenti, yang mana disetiap kegiatan positif pasti selalu ada jalan yang diberikan oleh Allah SWT. Dengan selalu berbuat baik dan berfikir positif maka kita berharap agar pandemi covid-19 ini cepat di angkat oleh Allah dan kita kembali menjalani kehidupan normal sebagai mana mestinya.**(Tim KKN/Red).







×
Berita Terbaru Update