PT Sawit Inti Prima Perkasa, Sumbangkan Asap Debu Beracun ?. - REDAKSIRIAU.COM

Breaking

Friday, 1 June 2018

PT Sawit Inti Prima Perkasa, Sumbangkan Asap Debu Beracun ?.


Management PT. SIPP : Kami Tidak Ada Waktu Untuk di Konfirmasi?.

Duri, (Redaksiriau.com) - Aktifitas PT. Sawit Inti Prima Perkasa, yang memproduksi minyak kelapa sawit, beralamatkan di Jalan Rangau-Duri ini, di duga juga sekaligus berperan aktif ikut menyumbangkan Asap debu beracun yang sangat berbahaya kepada pemukiman masyarakat suku Sakai yang hanya berjarak berkisar 4 sampai 5 Ratus Meter saja dari aktifitas Pabrik PT SIPP tersebut.

Asap yang mengepul hitam itu dikeluarkan dari hasil pemakaran Boiler oleh Pabrik Pengolahan Kelapa Sawit PT. Sawit Inti Prima Perkasa, yang berada di Jln. Rangau. Kelurahan Pematang Pudu Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis Riau, juga menghasilkan limbah debu dan asap hitam abu pembakaran yang sangat berbahaya bagi Kesehatan Masyarakat Duri khususnya Suku Sakai yang berada tidak jauh dari sekitaran pembakaran cerobong yang mengeluarkan asap.

Rombongan Masyarakat Suku Sakai yang datang silih berganti kepada Managent PT. Sawit inti prima perkasa, untuk melakukan protes terhadap apa yang di rasakan oleh Warga baik bau yang menyengat hidung akibat bau Limbah Cair Pabrik dan debu asap beracun, namun hal yang dilakukan masyarakat tersebut selalu pupus di tengah jalan dikarenakan pihak Management Perusahaan itu hanya menganggap sebagai tamu biasa yang berkunjung ke Pabrik sehingga tidak begitu di respon apa yang menjadi protes tuntutan Warga terhadap aktifitas Pabrik yang saban hari mengganggu Kehidupan dan Kesehatan Masyarakat lingkungannya,"ungkap salah satu warga yang mengaku bernama sulung (45) kepada Media ini.

Beberapa awak pemburu berita yang mencoba menkonfirmasi pihak Management Perusahaan PT SIPP Rangau Duri yang disebut bernama Agus, pada 31 Mei 2018 melalui seluler, untuk mempertanyaan mengapa aktifitas Boiler yang berada di Pabrik Kelapa Sawit itu selalu mengeluarkan debu asap hitam, melalui solulernya menjawab, kami tidak ada waktu untuk di konfirmasi oleh Wartawan karena sedang sibuk dengan kegiatan rapat khusus dengan para Staf dan Karyawannya,"jawabnya.

Komponen Kimia Asap Cair Hasil Pirolisis Limbah Padat Polutan beracun yang keluar dari cerobong asap PT. Sawit Inti Prima Perkasa tersebut sangat mengancam kesehatan masyarakat dan lingkungan Makhluk Hidup lain yang berada disekitar Pabrik, Partikel halus debu batubara yang bisa mengakibatkan kematian bagi Makhluk Hidup yang berada di lingkungan Produksi Pabrik ini, sangat memerlukan perhatian yang sangat serius dari Instansi Pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan di Negeri ini, untuk dapat mengatasi keluhan Masyarakat ini.(mir/riel)

No comments:

Post a Comment