Bupati Kampar Bersama Dirjen Kemenristekdikti Dijadwalkan Lakukan Tanam Padi Perdana - REDAKSIRIAU.COM

Breaking

Monday, 14 May 2018

Bupati Kampar Bersama Dirjen Kemenristekdikti Dijadwalkan Lakukan Tanam Padi Perdana

Kampar, (Redaksiriau.com) – Dalam rangka Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke – 23, Menristekdikti (Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi) kerjasama Badan Pengembangan dan Penelitian Daerah Provinsi  Riau melakukan Bhakti Teknologi di Kabupaten Kampar.

Dalam hal ini dijadwalkan Dirjen Penguatan Inovasi Kemenristekdikti Dr Ir Jumaen Appe,M.Si bersama Bupati Kampar H Azis Zaenal,SH,MM pada puncak kegiatan akan melakukan Tanam Padi Perdana bersama di Desa Pulau Tinggi Kecamatan Kampar.

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Pengembangan dan Penelitian Daerah Provinsi  Riau Drs Arbaini,HT saat membuka Pelatihan Penanaman Padi Varietas Inpari Sidenuk di Desa Pulau Tinggi Kecamatan Kampar, senin (14/5/18).

Arbaini menjelaskan, selain Bupati Kampar juga dijadwaljkan hadir pada acara puncak bhakti nantinya Plt Gubernur Riau H Wan Hasyam Thamrin dan Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Riau, Ir. H. Ferry. HC, M.Sc dan Kepala Dinas Pertanian TPH Kampar Henry Dunan.

Abraini menjelaskan bahwa pelatihan tersebut merupakan pelatihan terkait system penanaman Padi Varietas Inpari Sidenuk dengan IPAD BO (Intensifikasi Padi Aerob terkendali Berbasi Organik).

Dalam hal ini kegiatan penanaman diawali pada hari pertama acara Pelatihan bagi kelompok Tani yang ada disetiap Kabupaten/Kota di Provinsi Riau dengan peserta lebih kurang 100 orang.

Untuk diketahui juga, Bhakti dalam rangka Hakteknas yang jatuh pada 9 Agustus 2018 merupakan yang pertama dilaksanakan di Pulau Sumatera tepatnya dilokasi  Kelompok Tani Bambu Salam Pulau Tinggi Desa Pulau Tinggi Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar  Provinsi Riau.

Sementara itu Camat Kampar Amriyudo menyampaikan apresiasi terhadap  Menristekdikti dan Balitbang Provinsi Riau yang telah memilih Kabupaten Kampar atau Kecamatan Kampar sebagai pusat kegiatan Bhakti.

Diakui juga,  memang saat ini Kelompok Tani bambu Salam Desa Pulau Tinggi memiliki potensi produksi pertanian khsusnya pertanian tanaman padi yang cukup tinggi di Kabupaten Kampar.

No comments:

Post a Comment